10 Foto Wisata Pulau Kelor : Tiket, Atraksi, Aktivitas Seru, Total Biaya - WisataHits
wisatahits

10 Foto Wisata Pulau Kelor : Tiket, Atraksi, Aktivitas Seru, Total Biaya

Di Indonesia terdapat dua pulau dengan nama yang sama yaitu pulau Kelor yang terletak di Kepulauan Seribu dan yang terletak di sebelah timur Nusa Tenggara.

Kalau kamu sedang berkunjung ke Pulau Kelor di Nusa Tenggara Timur, kamu juga bisa mampir ke Taman Nasional Komodo nih guys. Namun pembahasan kita kali ini adalah tentang Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta.

Dari beberapa situs yang berhubungan dengan pulau Kelor di Kepulauan Seribu, selalu ada yang membahas tentang sejarah tempat wisata yang satu ini.

Awalnya pulau ini bernama Pulau Kherkof yang berbatasan dengan pulau Onrust, Cipir, Petodan dan Bidadari yang juga menjadi salah satu destinasi wisata favorit para pecinta laut.

Walaupun jauh, ternyata fasilitas yang ada di pulau ini juga lumayan lho guys, selain dermaga halte perahu di pulau ini sudah dilengkapi dengan cabana untuk nongkrong, toilet umum dan masih banyak lagi.

Wisata Pulau Kelor via Pikiran RakyatWisata Pulau Kelor via Pikiran Rakyat

Berbicara tentang sejarah pulau Kelor di Kepulauan Seribu, ternyata kunjungan kali ini juga merupakan salah satu daerah yang diduduki Belanda dan VOC, jadi selain pantai yang bagus, selama kunjungan ini juga akan banyak ditemui peninggalan sejarah. dewasa ini.

Salah satu yang bisa Anda kunjungi adalah Banteng Martello yang berdiri di tepi pantai yang dikelilingi pasir putih. Banteng ini sudah berumur berabad-abad, terbukti dari bangunannya yang hanya menyerupai batu bata khas jaman dahulu.

Banteng Martello digunakan untuk menampung meriam yang sangat besar yang dapat berputar 360 derajat. Namun, pada tahun 1883, ketika Gunung Krakatu meletus, banteng Martello juga merasakan akibatnya, meski tidak hancur total.

Kunjungi juga: Liburan Asyik di Pulau Pari Kepulauan Seribu

Tempat Wisata Pulau Kelor

Letak pulau ini berada di Kepulauan Seribu, sebelah utara ibu kota Jakarta. Letak Pulau Kelor berdekatan dengan pulau Onrust, Bidadari, Cipir dan Patondan yang dahulu dikenal dengan Kuburan Kapal Tujuh.

Untuk menuju Pulau Kelor, Anda akan sangat mudah menemukan sarana transportasi menuju ke sana. Jika Anda datang dari Jakarta Pusat, sebaiknya menuju Dermaga Muara Kamal sebelum menyeberang ke Kepulauan Seribu. Di Dermaga Muara Kamal, Anda akan berwisata ke Pulau Kelor.

Selain dermaga Muara Kamal, Anda juga bisa menuju dermaga Marina Ancol. Di dermaga Marina Ancol, Anda bisa menyewa speedboat. Speedboat tersebut dapat menampung beberapa orang sesuai dengan ukurannya masing-masing.

Periksa juga: 10+ aktivitas seru untuk wisata Pulau Pramuka

Biaya untuk Pulau Kelor

Duduk santai sambil menikmati pemandangan laut yang indah.  Karena setiap pulau yang Anda kunjungi juga memiliki bangunan bersejarahDuduk santai sambil menikmati pemandangan laut yang indah. Karena setiap pulau yang Anda kunjungi juga memiliki bangunan bersejarah

Bagi anda yang ingin berkunjung ke pulau kelor tentunya harus mengetahui terlebih dahulu berapa biaya yang akan anda keluarkan.

Salah satu biaya yang besar adalah biaya transportasi penyeberangan menuju Pulau Kelor ini. Anda bisa memilih rute sendiri baik dari Muara Kamal, Marina Ancol atau Tanjung Pasir.

Biaya parkir di setiap dermaga bervariasi dari 8.000 hingga 20.000. Tiket kapal penyeberangan berharga sekitar 100.000 rupee, biaya ini juga dapat bervariasi tergantung pada jenis kapal yang akan Anda tumpangi nanti.

Harga tiket masuk ke Pulau Kelor sekitar 5000 rupiah, harga tiket masuk ini bisa berubah sewaktu-waktu menurut pengelola.

Jika Anda membutuhkan pemandu wisata, Anda harus mengeluarkan uang tambahan 250.000 rupee. Biaya yang disebutkan sebelumnya masih merupakan biaya pokok saja, jika ingin lebih hemat lagi, Anda bisa menggunakan jasa tour yang terorganisir dibandingkan dengan solo trip ke Pulau Kelor.

Bersantai di pantai berpasir Pulau CipirBersantai di pantai berpasir Pulau Cipir

Kunjungi juga: 15 Tempat Wisata di Pulau Tidung

Pesona Pulau Kelor

Apa yang membuat pulau ini begitu menarik untuk dikunjungi? Berikut pesona keindahan Pulau Kelor yang bisa membuat siapapun terpesona:

1. Menampilkan Pemandangan Pantai yang Menawan

Pemandangan Pantai Menakjubkan di Jakarta via Mysearching.wordpresscomPemandangan Pantai Menakjubkan di Jakarta via Mysearching.wordpress.com

Pantai di pulau ini sangat indah. Anda akan disuguhkan hamparan pasir putih yang membentang di pulau ini. Pantai Pulau Kelor begitu indah dan mulus sehingga kita akan betah berlama-lama disana.

Selain itu, air lautnya juga terlihat begitu indah dengan air yang jernih dan ombak yang relatif tenang, sehingga Anda bisa bermain air pantai dengan tenang dan nyaman.

2. Benteng Mortello, peninggalan VOC

Fort Mortello, peninggalan VOC melalui KompaFort Mortello, peninggalan VOC via Kompas

Pulau ini juga punya sisi lain lho, karena ada benteng Mortello peninggalan VOC. Benteng ini menjadi saksi sejarah yang kini tinggal reruntuhan.

Benteng itu sendiri dibangun oleh VOC pada abad ke-17. Benteng ini bernama Fort Mortello, yang berasal dari kata Italia Mortella, yang berarti palu.

Fort Mortello yang merupakan sisa-sisa dari COV ini sendiri memiliki bentuk yang melingkar. Benteng ini juga memiliki fungsi untuk mempertahankan wilayah dari serangan bangsa Spanyol, Portugis dan bajak laut. Benteng ini mengalami kerusakan besar pada tahun 1883.

3. Mengunjungi dua pulau lainnya

Mengunjungi dua pulau lain melalui KataomedMengunjungi dua pulau lain melalui Kataomed

Selain mengunjungi Pulau Kelor, kamu juga bisa menjelajahi pulau-pulau lain yang tak kalah menarik untuk kita kunjungi. Pulau terdekat yang menarik untuk kita kunjungi adalah Pulau Onrust dan Pulau Cipir.

Nama Onrust berasal dari bahasa Belanda yang berarti “tidak pernah istirahat” dalam bahasa Indonesia. Pulau Onrust sendiri berubah fungsi dari tempat persinggahan kapal menjadi tempat peristirahatan keluarga Kesultanan Banten, pangkalan militer, tempat penahanan, hingga tempat karantina ziarah.

Adapun destinasi pulau selanjutnya yaitu Pulau Cipir atau Pulau Kayangan yang cantik memukau dengan prasasti kuno dan reruntuhan rumah sakit kuno.

4. Perlengkapan liburan yang diperlukan

Bekal liburan yang dibutuhkan via IG @richaeuBekal liburan yang dibutuhkan via IG @richaeu

Agar liburan Anda semakin berkesan, jangan lupa untuk membawa perlengkapan yang tepat. Salah satu fasilitas jika Anda berlibur ke pulau ini adalah membawa barang layar penuh untuk melindungi kulit dari terik matahari.

Selain tabir surya, sebaiknya Anda juga membawa topi atau kacamata hitam, baju renang, baju ganti dan handuk serta berbagai perlengkapan lainnya agar aktivitas permainan pantai Anda semakin seru.

* * * *

Demikian ulasan tempat wisata Pulau Kelor yang bisa Anda jadikan sebagai tujuan wisata bersama keluarga atau orang tersayang. Bisa bermanfaat.

Kunjungi juga: 19 destinasi wisata di Kepulauan Seribu

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button