BPSDMP mengajak taruna angkut untuk berlayar, belajar dan menebar manfaat - WisataHits
Jawa Tengah

BPSDMP mengajak taruna angkut untuk berlayar, belajar dan menebar manfaat

JAKARTA Suaramerdeka-Jakarta.com – Dalam rangka memperingati Hari Pelaut Internasional 2022, Departemen Perhubungan melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) mengajak generasi muda transportasi untuk berlayar, belajar dan menebar manfaat. Kegiatan ini didukung langsung oleh Ketua BPSDMP, Dr. Djoko Sasono, dibuka di Alun-alun Karimun Jawa, Kab. Jepang pada hari Sabtu. (24/07)

Dalam sambutannya, Kepala BPSDMP mengungkapkan bahwa selama dua tahun pandemi Covid-19, seluruh masyarakat di dunia hidup dalam kondisi memprihatinkan, salah satunya terkena dampak dari sektor pariwisata, salah satunya Karimun Jawa.

“Oleh karena itu, tema Hari Pelaut Internasional 2022 sangat kami bagikan kepada saudara-saudara kita dan pilihan Karimun Jawa sebagai salah satu upaya kami untuk mendorong percepatan pemulangan dan pemulihan ekonomi, khususnya di Karimun Jawa, melalui kegiatan berbasis pariwisata. Oleh karena itu, saya berharap kehadiran kami di Karimun Jawa dapat bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Baca juga: Poltekpel Banten Dirikan SDGs Center

Kehadiran BPSDMP dalam memperingati Hari Pelaut Sedunia, selain mengajak taruna transportasi untuk berlayar, belajar dan menebar manfaat, juga akan menjadi penyemangat bagi putra putri Karimun Jawa untuk terlibat dalam pengembangan SDM unggul di bidang transportasi.

“Saya sangat berharap putra-putri Karimun Jawa nantinya dapat terlibat dalam pengembangan SDM yang unggul di bidang transportasi dengan bersekolah di Sekolah Departemen Perhubungan sebagai taruna sehingga Karimun Jawa bisa menjadi lebih baik lagi. Sekolah Kemenhub sendiri memiliki dua program, yang pertama program TK, yang kemudian menjadi pejabat, dan ada juga program reguler, yang nantinya ditujukan untuk membangun industri transportasi.

Di akhir sambutannya, Kepala BPSDMP juga mengajak masyarakat untuk melihat lebih dekat sekolah Kementerian Perhubungan dan mengajak mereka mengunjungi kapal latih yang ikut dalam kegiatan ini.

Baca Juga: KHDPK Harus Diperhatikan Secara Holistik di Ekosistem Pulau Jawa

“Kami juga mengajak masyarakat untuk melihat lebih dekat keberadaan kami di sini, tolong ada yang mengunjungi kapal latih kami nanti, kami sudah membawa dua kapal latih, satu berlayar dari Tj Perak adalah KNL Bung Tomo dan yang lainnya berlayar dari Tj Priok adalah KNL MH Thamrin,” kata Kepala BPSDMP.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP), Capt. Sudiono, ketua penyelenggara, mengungkapkan dalam laporannya bahwa perayaan Hari Pelaut Sedunia merupakan dorongan untuk mengakui jasa pelaut dalam mendukung perekonomian dunia.

“Selanjutnya kami mengajak taruna Kementerian untuk bersama-sama berlayar, belajar dan mengabdi kepada masyarakat untuk mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelaut,” ujarnya.

Baca juga: Harga Tiket Pesawat Naik, PELNI Lihat Peluang Penumpang Lebih Banyak

Peringatan Hari Pelaut Internasional tahun 2022 dilakukan oleh BPSDMP di Karimun Jawa kali ini dengan beberapa rangkaian kegiatan yaitu kerja intensif yang melibatkan masyarakat nelayan, penanaman mangrove, pembersihan pantai, pelayanan kesehatan gratis, penyuluhan keselamatan kepada masyarakat nelayan, Open Kapal, Bantuan Sosial dan diakhiri dengan pelepasan hewan muda.

Dalam kegiatan ini BPSDMP mendatangkan 173 taruna yang terdiri dari taruna STIP Jakarta, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Politeknik Perkapalan (Poltekpel) Surabaya, Politeknik Banten, Balai Pendidikan, Penyegaran, dan Peningkatan Ilmu Pelayaran Jakarta, Politeknik Perhubungan Darat Indonesia STTD Bekasi, Politeknik Penerbangan Curug Indonesia dan Politeknik Penerbangan Surabaya.

“Para taruna yang terlibat dalam kegiatan ini diberangkatkan dengan dua kapal latih yaitu kapal latih STIP MH Thamrin dan kapal latih Bung Tomo Poltekpel Surabaya,” pungkas Ketua STIP.

Baca Juga: DAMRI Hadirkan Layanan Bandara Komodo – Labuan Bajo
***

Source: jakarta.suaramerdeka.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button