Daftar taman nasional di Jawa, dari Ujung Kulon sampai Alas Purwo Halaman semua - WisataHits
Jawa Tengah

Daftar taman nasional di Jawa, dari Ujung Kulon sampai Alas Purwo Halaman semua

Daftar taman nasional di Jawa, dari Ujung Kulon sampai Alas Purwo Halaman semua

KOMPAS.com – Ada banyak taman nasional di Pulau Jawa, beberapa di antaranya telah dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia.

Taman nasional adalah kawasan yang dirancang untuk melestarikan alam sehingga ekosistem alami terjaga atau membaik saat rusak.

Baca Juga: Alas Purwo Banyuwangi, Pesona Pemandangan Alam yang Diselimuti Nuansa Mistis

Selain itu, taman nasional juga memiliki fungsi lain yaitu sebagai tempat penelitian ilmiah, pelestarian budaya, peningkatan pengetahuan, tempat rekreasi dan pariwisata.

Hal ini sejalan dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia No. 46 Tahun 2016 tentang Tata Cara Pelaksanaan Kajian Lingkungan Hidup Strategis.

Pengelolaan taman nasional didasarkan pada sistem zonasi yang diatur dalam Peraturan Menteri Kehutanan Nomor 56 Tahun 2006 tentang Pedoman Zonasi Taman Nasional.

Baca juga: Taman Nasional Meru Betiri: Lokasi, Flora dan Fauna, hingga Tempat Wisata di Dalamnya

Sistem zona dalam pengelolaan taman nasional adalah zona inti, zona hutan dan zona perlindungan laut untuk wilayah perairan, zona pemanfaatan dan zona lainnya, yang terdiri dari zona adat, zona pembangunan kembali, zona religi, budaya dan sejarah serta zona khusus.

Baca Juga: Taman Nasional Baluran: Sejarah, Pemandangan, Harga Tiket, Flora dan Fauna

Anda juga dapat menemukan daftar nama taman nasional di Jawa di sini.

Taman Nasional Ujung Kulon merupakan taman nasional di Provinsi Banten yang meliputi wilayah di Kecamatan Sumur dan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang.

Menurut situs Dinas Pariwisata Provinsi Banten, luas Taman Nasional Ujung Kulon adalah 122.956 hektar, dimana 44.337 hektar dari total luasnya adalah perairan.

Komisi Warisan Dunia UNESCO juga menyatakan Taman Nasional Ujung Kulon sebagai Situs Warisan Alam Dunia pada 1 Februari 1992.

Salah satu keistimewaan Taman Nasional Ujung Kulon adalah habitat alami badak jawa dan owa jawa yang terancam punah.

Untuk informasi lengkap tentang Taman Nasional Ujung Kulon, kunjungi situs resminya

2. Taman Nasional Gunung Ciremai

Gunung Ciremai difoto oleh Pos Pengamatan Gunung Api (PGA).PVMBG Gunung Ciremai difoto oleh Pos Pengamatan Gunung Api (PGA).

Taman Nasional Gunung Ciremai merupakan taman nasional di Provinsi Jawa Barat yang meliputi wilayah Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka.

Menurut situs pemerintah Kabupaten Kuningan, Taman Nasional Gunung Ciremai memiliki luas sekitar 15.500 hektar.

Keunikan Taman Nasional Gunung Ciremai adalah menjadi habitat satwa langka yaitu Panthera Pardus, Surili (Presbytis comata) dan Elang Jawa (Spyzaetus bartelsi).

Untuk informasi lengkap tentang Taman Nasional Gunung Ciremai, kunjungi situs resminya

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango merupakan taman nasional di Provinsi Jawa Barat yang meliputi wilayah Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten Cianjur.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango memiliki luas sekitar 24.270,80 hektar.

Salah satu ciri Taman Nasional Gunung Gede Pangrango adalah sebagai cagar alam pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 1889 dengan nama Cagar Alam Cibodas.

Untuk informasi lengkap tentang Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, kunjungi situs resminya

4. Taman Nasional Gunung Halimun-Salak

Kawah Ratu di kaki Gunung SalakDermaga. Kawah Ratu di kaki Gunung Salak

Taman Nasional Gunung Halimun-Salak merupakan taman nasional di Provinsi Jawa Barat yang meliputi wilayah Kabupaten Bogor, Kabupaten Lebak, dan Kabupaten Sukabumi.

Menurut website DPRKPP Kabupaten Lebak, luas Taman Nasional Gunung Halimun-Salak mencapai 40.000 hektare.

Keistimewaan Taman Nasional Gunung Halimun-Salak adalah menjadi habitat harimau jawa (Panthera tigris sondaica) dan badak jawa (Rhinoceros sondaicus).

Informasi lengkap tentang Taman Nasional Gunung Halimun-Salak dapat dilihat di website resmi /.

5. Taman Nasional Gunung Sanggabuana

Taman Nasional Gunung Sanggabuana merupakan taman nasional di Provinsi Jawa Barat yang meliputi wilayah Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Cianjur.

Kesepakatan untuk menjadikan kawasan Gunung Sanggabuana sebagai taman nasional tidak akan dilaksanakan hingga tahun 2021 oleh Komisi IV DPR dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Kawasan Gunung Sanggabuana dikenal sebagai habitat macan tutul Jawa, luwak, babi hutan, dan rusa.

6. Taman Nasional Kepulauan Seribu

Taman Nasional Kepulauan Seribu merupakan taman nasional yang terletak di provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, tepatnya di kotamadya Jakarta Utara.

Seperti dilansir situs Indonesiabaik.id, Taman Nasional Kepulauan Seribu memiliki fungsi sebagai cagar alam bahari.

Taman Nasional Kepulauan Seribu memiliki keunikan karena terdiri dari kepulauan yang terdiri dari 78 pulau sangat kecil, 86 pulau gundukan pasir, dan hamparan pulau pasir karang yang dangkal.

Untuk informasi lengkap tentang Taman Nasional Kepulauan Seribu, kunjungi situs resminya

7. Taman Nasional Karimunjawa

Taman Nasional Karimunjawa merupakan taman nasional yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di Kabupaten Jepara.

Luas Taman Nasional Karimunjawa memiliki luas total 111.625 hektar yang terbagi menjadi tiga kawasan.

Kawasan Taman Nasional Karimunjawa meliputi wilayah daratan di Pulau Karimunjawa, wilayah daratan di Pulau Kemujan dan perairan sekitarnya.

Untuk informasi lengkap tentang Taman Nasional Karimunjawa, kunjungi situs resminya

8. Taman Nasional Gunung Merbabu

Taman Nasional Gunung Merbabu merupakan taman nasional di Provinsi Jawa Tengah yang meliputi wilayah Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali, dan Kabupaten Semarang.

Wilayah Taman Nasional Gunung Merbabu memiliki luas 5.820,49 hektar dengan 36 desa penyangga.

Salah satu daya tarik Taman Nasional Gunung Merbabu adalah jalur pendakian seluas 16,43 hektar yang dapat diakses melalui jalur Selo, Wekas, Cuntel, dan Tekelan.

Untuk informasi lengkap tentang Taman Nasional Gunung Merbabu, kunjungi website resminya

Taman Nasional Gunung Merapi merupakan taman nasional yang meliputi wilayah Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Klaten di Jawa Tengah dan Kabupaten Sleman di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dikutip dari tribunjogjawiki.tribunnews.com, kawasan Taman Nasional Gunung Merapi memiliki luas total sekitar 6.410 hektar.

Dari jumlah tersebut, 5.126,01 hektar berada di Wilayah Jawa Tengah dan 1.283,99 hektar berada di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pantai Teluk Hijau di Taman Nasional Meru Betiri BanyuwangiDermaga. Pantai Teluk Hijau di Taman Nasional Meru Betiri Banyuwangi

Taman Nasional Meru Betiri merupakan taman nasional di Provinsi Jawa Timur yang meliputi wilayah Kabupaten Jember dan Kabupaten Banyuwangi.

Luas Taman Nasional Meru Betiri sekitar 52.626,04 hektar.

Di antara keistimewaan Taman Nasional Meru Betiri adalah sebagai habitat Penyu Hijau (Chelonia mydas), Banteng (Bos javanicus), Elang Jawa (Nisaetus bartelsi), Macan Tutul (Panthera pardus) dan Bunga Padmosari (Rafflesia zollingeriana).

Untuk informasi lengkap tentang Taman Nasional Meru Betiri, kunjungi situs resmi /

Savannah Bekol di Taman Nasional Baluran.Dermaga. Pemkab Situbondo Savana Bekol di Taman Nasional Baluran.

Taman Nasional Baluran adalah taman nasional di Kabupaten Situbondo di Provinsi Jawa Timur.

Luas Taman Nasional Baluran sekitar 25.000 hektar yang terbagi menjadi 230.126 hektar daratan dan 3.506 hektar perairan.

Seperti dilansir dari situs Dinas Pariwisata Kabupaten Situbondo, salah satu daya tarik Taman Nasional Baluran adalah padang Savana Bekol yang mendapat julukan “Africa Van Java”.

Selain itu terdapat tempat wisata berupa Goa Jepang, Menangis, Sumur Tua, Manting, Dermaga, Kramat, Kajang, Balanan, Lempuyang, Talpat, Kacip, Bilik, Sejileh, Freshwater Bay, Batu Numpuk dan Pandean atau Candi Bang.

Untuk informasi lengkap tentang Taman Nasional Baluran, kunjungi situs resminya

Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Bromo-Tengger-SemeruKompas.com/Aisyah Sekar Ayu Maharani Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Bromo-Tengger-Semeru (BTS)

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru merupakan taman nasional di provinsi Jawa Timur yang meliputi wilayah Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Probolinggo.

Menurut situs pemerintah Kabupaten Malang, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memiliki luas sekitar 50.276,3 hektar.

Daya tarik taman nasional ini selain Gunung Bromo yang digemari wisatawan lokal maupun mancanegara adalah Gunung Semeru, gunung tertinggi di Pulau Jawa.

Untuk informasi lengkap tentang Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, kunjungi situs resminya

Pantai Triangulasi di Taman Nasional Alas PurwoDermaga. Pantai Triangulasi di Taman Nasional Alas Purwo

Taman Nasional Alas Purwo adalah sebuah taman nasional di Kabupaten Banyuwangi Provinsi Jawa Timur.

Luas Taman Nasional Alas Purwo meliputi area seluas 44.037,30 hektar dengan ekosistem yang lengkap.

Ekosistem Taman Nasional Alas Purwo berkisar dari pantai (hutan pantai), hutan mangrove, hutan bambu, savana buatan, hutan tanaman hingga hutan hujan dataran rendah.

Untuk informasi lengkap tentang Taman Nasional Alas Purwo, kunjungi website resminya

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button