Pemandian air panas di Jawa - WisataHits
wisatahits

Pemandian air panas di Jawa

Pemandian air panas di Jawa

Jika Anda lelah pergi ke pantai atau pegunungan, saatnya mencoba beberapa wisata yang dapat merelaksasikan tubuh Anda, yaitu wisata pemandian air panas.

Dengan berendam di air panas, tubuh akan kembali bugar dan terbebas dari penyakit kulit. Di Indonesia sendiri banyak sekali pemandian air panasterutama di pulau jawa.

Banyaknya gunung di pulau jawa memunculkan lokasi pemandian air panas yang bisa dijadikan destinasi wisata keluarga. Mari kita lihat beberapa wisata air panas di jawa Lanjut.

12 Pemandian Air Panas Efisien di Pulau Jawa

1. Pemandian Air Panas Padusan Pacet Mojokerto

Pemandian Air Panas Padusan-Pacet-Mojokerto

Salah satu sumber air panas di Jawa yang menjadi tempat wisata adalah sumber air panas Padusan. Wisata Padusan terletak di Pacet, Mojokerto atau dua jam perjalanan dari kota Surabaya.

Disini terdapat 5 kolam yang memiliki tingkat kepanasan yang berbeda-beda mulai dari panas hingga panas.

Selain kolam renang padusan juga ada kolam renang wisata keluar dan rubah terbang. Harga tiket masuk mengunjungi Padusan yaitu. Rp 12.500 per orang.

2. Pemandian Air Panas Cangar Batu

Pemandian Air Panas Cangar-Batu

Wisata spa di Pulau Jawa yang kedua terletak di kaki Gunung Welirang, tepatnya di dusun Cangar, Sumber Brantas, Bumiaji, Batu, Jawa Timur.

Di sini juga terdapat kolam yang memiliki tingkat kepanasan yang berbeda-beda, mulai dari suam-suam kuku, agak hangat, dan panas. Air panas di sini mengandung belerang yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Selain menikmati hangatnya pemandian, wisatawan juga bisa mengagumi pemandangan pegunungan hijau dan menjelajahi gua-gua peninggalan Jepang. Harga tiket wisata cangar adalah Rp 5.500 per orang.

Dengarkan dan baca: Pemandangan & Tengara di Malang

3. Pemandian Air Panas Ciater Subang

Pemandian Air Panas Ciater-Subang

Berikutnya adalah pemandian air panas di kota. Menara pemandian di Ciater ini terletak di Citater Highland Resort.

Tepatnya di kaki Gunung Tangkuban Perahu, tepatnya di Jl Raya Ciater Subang, Desa Ciater, Kecamatan Ciater, Subang, Jawa Barat.

Resor wisata pemandian air panas Ciater hanya berjarak 7 km dari tempat kunjungan Gunung Tangkuban Perahu atau 15 menit perjalanan. Selain berenang, banyak kegiatan yang bisa dilakukan bersama keluarga.

Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seperti bersepeda, berenang, memancing, golf mini, bola voli, tenis, bola basket, menunggang kuda, go-kart, dan arung jeram.

Harga tiket masuk wisata Ciater yaitu Rp15.000 – Rp20.000 semua orang.

Dengarkan dan baca: Pemandangan & Tengara di Subang

4. Pemandian Air Panas Tiris Probolinggo

Sumber Air Panas-Tiris-Probolinggo

Wisata alam sumber air panas lainnya di Jawa Timur yaitu Tiris tepatnya terdapat di Kabupaten Probolinggo.

Pemandian Tiris terletak tidak jauh dari Danau Ranu Segaran. Konon air panas yang dihasilkan berasal dari Gunung Bromo yang suhunya bisa mencapai 40 derajat Celcius.

5. Pemandian Air Panas Baturaden Purwokerto

Pemandian Air Panas Baturaden Purwokerto

Pemandian Jawa di Puwokerto adalah sumber air panas Baturaden. Wisata pantai di Baturaden terletak di sebelah selatan Gunung Slamet.

Karena letaknya di daerah pegunungan, menyegarkan udara di sekitar lokasi wisata.

Di sini terdapat dua pemandian air panas yaitu pancuran pitu dan pancuran telu. Disebut pancuran pitu karena air yang keluar melewati tujuh pancuran sedangkan pancuran telu melewati tiga pancuran.

Suhu air panas di pancuran telu bisa mencapai 60-70 derajat Celcius. Biaya masuk ke pancuran telu adalah Rp 10.000 per orang.

Dengarkan dan baca: Desa Purwokerto

6. Pemandian Air Panas Guci Tegal

Pemandian Air Panas Tegal-Guci

Tur Pemandian Air Panas Guci terletak di Desa Guci, Bumijawa, Tegal. Air panas yang dihasilkan di pemandian ini juga berasal dari Gunung Slamet.

Di area mandi Guci Tegal terdapat 3 pancuran yaitu pancuran 13, pancuran 7, pancuran 5 dan 10 air terjun dan mata air.

Fasilitas di sini juga cukup lengkap, mulai dari penginapan, wisata hutan, lapangan tenis, kolam renang hingga perkemahan mahasiswa. Harga tiket masuk pemandian Guci adalah Rp5.000 – Rp7.000 semua orang.

7. Pemandian Air Panas Tirta Sanita Parung, Bogor

Pemandian air panas Tirta-Sanita-Parung-Bogor

Wisata pemandian ini berlokasi di Jl. Cogreg, Desa Bojong Indah, Kecamatan Parung, Bogor. Sumber air panas yang dihasilkan berasal dari pegunungan kapur yang mengandung belerang dan garam alami.

Di sini Anda akan menemukan batu belerang putih yang sangat besar, selain di sini juga terdapat gunung kapur yang diselimuti oleh endapan batu kapur berwarna putih salju.

Harga tiket masuk wisata Tirta Sanita adalah Rp 12.000 per orang (hari libur) dan Rp 10.000 per orang (hari biasa).

Dengarkan dan baca: Taman Safari Bogor

8. Pemandian Air Panas Gunung Pancar Bogor

Pemandian air panas-Mont-Pancar-Bogor

Pemandian Air Panas Gunung Pancar sama dengan Pemandian Tirta Sanita, keduanya berlokasi di Bogor tepatnya di Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor.

Sumber air di sini dipercaya mampu mengobati segala macam penyakit kulit karena mengandung kadar mineral 100,8 dan kadar kalsium 70,3.

Selain itu, di sini kamu bisa mencoba mineral mud mask yang khasiatnya bisa mengatasi jerawat dan mengangkat kulit mati. Harga tiket masuk kunjungan Gunung Pancar adalah Rp 10.000 per orang.

Dengarkan dan baca: Taman Matahari Bogor

9. Pemandian Air Panas Pura Umbul Magelang

Pemandian Air Panas-Pura Umbul-Magelang

Pemandian air panas Pura Umbul Serat akan turun dalam sejarah. Konon pada zaman dahulu para istri raja Mataram mandi di pemandian ini. Di sini juga terdapat situs candi Umbul.

Terdapat dua kolam besar di Pemandian Pura Umbul, satu dengan air dingin dan satu lagi dengan air panas.

Wisatawan yang datang ke wisata ini memiliki tujuan yang berbeda-beda, ada yang sekedar terapi di pemandian, ada yang ziarah dan ada yang keduanya.

Baca juga : Pemandangan & Tengara di Magelang

10. Pemandian Air Panas Cisolok Sukabumi

Pemandian Air Panas Cisolok-Sukabumi

Pemandian air panas Cisolok berada di daerah Sukabumi, Jawa Barat, atau sekitar 10 km dari pantai Pelabuhan Ratu.

Pemandian Tirta Cisolok ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh sumber air panas lainnya, dimana sumber air panas ini berasal dari bebatuan.

Terdapat tiga titik pemandian air panas yang suhunya mencapai 80 derajat Celcius, pengunjung disarankan untuk tidak mendekati ketiga titik tersebut karena dapat membahayakan keselamatan pengunjung.

11. Pemandian Air Panas Kendal Gonoharjo

Pemandian Air Panas-Gonoharjo-Kendal

Pemandian Air Panas Gonoharjo terletak di Desa Gonoharjo, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal.

Pemandian Gonoharjo juga dilengkapi dengan kolam renang, kolam pemancingan, taman bunga, keluar dan kebun binatang.

Selain menikmati pemandian air panas, pengunjung juga bisa mengunjungi Air Terjun Gonoharjo yang letaknya tidak jauh dari pemandian air panas karena selalu berada di tempat yang sama.

Penduduk setempat menyebut wisata pemandian air panas dan air terjun Gonoharjo “Nglimut”.

12. Pemandian Air Panas Gedong Songo

Pemandian Air Panas Gedong-Songo

Pemandian air panas Gedong Songo berada di kawasan wisata Candi Gedong Songo.

Sumber air panas Gedong Songo terletak di daerah tersebut Wisata BandungKabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Pemandian ini dilengkapi dengan kolam yang menampung air panas dari mata air di sekitar 3 candi Gedong Songo. Air ditampung di kolam renang dan sebagian disimpan di bak mandi yang bisa digunakan untuk mandi.

Jika Anda mengunjungi pemandian air panas Gedong Songo, Anda juga dapat menikmati pemandangan alam dan wisata yang sejuk dan indah. Ayana Gedong Songo.

Biaya masuk ke kawasan wisata Gedong Songo adalah Rp Rp 10.000 per orang pada hari kerja, dan Rp 20.000 orang berlibur. Sedangkan untuk biaya masuk ke kolam termal, Anda akan dikenakan biaya lagi Rp5.000 per orang.

Anda bisa berkeliling Candi Gedong Songo dengan menaiki kuda yang dikenakan biaya Rp 100.000. Membuat anda tidak lelah dan penat saat berjalan-jalan di sekitar tempat wisata Gedong Songo.

Baca juga : Pemandangan & Tengara di Semarang

Ini adalah informasi tentang 12 pemandian air panas di jawa. Kunjungan ke pantai ini bisa menjadi tujuan wisata yang menyenangkan untuk dilakukan bersama keluarga. Karena biasanya di sekitar tempat wisata pemandian air panas banyak terdapat permainan untuk anak-anak dan tempat menginap untuk keluarga. Dan juga dengan letaknya yang berada di pegunungan membuat semakin asri dan segar sambil menikmati wisata alam pegunungan disekitarnya.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button