3 Situs Warisan Dunia Asli Indonesia, Candi Borobudur hingga Pulau Komodo : Okezone Travel - WisataHits
Jawa Tengah

3 Situs Warisan Dunia Asli Indonesia, Candi Borobudur hingga Pulau Komodo : Okezone Travel

INDONESIA memiliki beragam destinasi wisata sejarah menarik yang bisa masuk dalam Daftar Warisan Dunia. Sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Warisan dunia yang menjadi tujuan wisata ini bisa Anda temukan di hampir setiap sudut Indonesia. Bahkan tidak lepas dari sejarah panjang yang terkait dengan nusantara.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut tiga Situs Warisan Dunia di Indonesia yang menjadi destinasi wisata menarik.

1. Situs manusia purba Sangiran

Situs Sangiran merupakan salah satu situs manusia purba di Indonesia. Situs Sangiran terletak di dua kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yaitu Kabupaten Sragen dan Kabupaten Karanganyar seluas 59,21 kilometer persegi.

Situs ini dikelola oleh Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran, salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Museum Sangiran

(Foto: Adalah)

Museum Sangiran yang berada di kawasan Situs Sangiran terbagi menjadi lima cluster. Cluster pertama adalah cluster Krikilan yang berperan sebagai visitor center atau pusat pengunjung dan memberikan informasi lengkap tentang situs Sangiran. Kemudian ada Klaster Dayu, Klaster Bukur, Klaster Ngabe dan Museum Manyerejo.

Menurut laporan UNESCO (1995), Sangiran diakui oleh para ilmuwan sebagai salah satu situs terpenting di dunia untuk studi fosil manusia, bersama dengan situs Zhoukoudian (Cina), Danau Willandra (Australia), Ngarai Olduvai ( Tanzania ), dan Sterkfontein (Tanzania), Afrika Selatan), dan lebih baik dalam bercak daripada yang lain.

2. Pulau Komodo

Pusat Taman Nasional Komodo terletak di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Taman Nasional Komodo memiliki tiga pulau utama yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar.

Pulau-pulau ini dihuni oleh kadal besar, termasuk hewan purba yang masih hidup hingga saat ini dan untungnya banyak ditemukan di Indonesia.

Pulau Komodo

(Foto: portal MNC)

UNESCO juga mengakui Pulau Komodo sebagai bagian dari Situs Warisan Dunia. Karena merupakan bagian dari taman tertua di dunia.

Tak hanya komodo yang bisa dilihat, pemandangan di sekitarnya pun tak kalah menarik. Nuansa indah, lereng bukit dan pemandangan laut membuat Balai Taman Nasional Komodo layak menjadi bagian dari Situs Warisan Dunia di Indonesia.

3. Candi Borobudur

Candi Borobudur (Candhi Barabudhur) merupakan salah satu situs Warisan Dunia yang keberadaannya diakui oleh UNESCO dan merupakan bagian dari 7 Keajaiban Dunia.

Terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Letaknya sekitar 100 km barat daya Semarang, 86 km barat Surakarta dan 40 km barat laut Yogyakarta.

Candi Borobudur

(Foto: Freepik)

Candi ini berbentuk stupa yang didirikan oleh umat Buddha Mahayana sekitar tahun 800 M pada masa pemerintahan Dinasti Syailendra. Borobudur adalah candi atau candi Budha terbesar di dunia.

Wisatawan yang berkunjung ke Jawa Tengah biasanya tidak pernah melewatkan perjalanan ke Candi Borobudur. Anda dapat berjalan ke atas dan di sekitar kuil.

Jangan lupa juga untuk berfoto di candi Borobudur ini. Lalu ada mitos bahwa siapa pun yang bisa mencapai setiap patung di tengah akan mengabulkan semua keinginan mereka.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button