Daftar 6 Hewan Langka Indonesia yang Terancam Punah - WisataHits
Jawa Barat

Daftar 6 Hewan Langka Indonesia yang Terancam Punah

TEMPO.CO, jakarta Salah satu negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia kaya akan flora dan fauna, namun tidak sedikit pula kekayaan fauna atau hewan langka yang hanya terdapat di negara ini yang terancam punah.

Kepunahan hewan langka disebabkan oleh faktor alam atau dipengaruhi oleh aktivitas manusia. Antara lain melalui hilangnya habitat, perburuan dan perdagangan ilegal.

6 hewan langka di ambang kepunahan

Keanekaragaman satwa yang dilindungi tersebar di beberapa daerah. Berikut 6 Hewan Langka Indonesia yang Terancam Punah:

1. Komodo

Komodo adalah spesies kadal terbesar di Indonesia. Dilansir Encyclopaedia Britannica, komodo atau disebut Varanus komodoensis ditemukan di Pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang dan Gili Dasami di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Taman Nasional Komodo, dikutip dari situs Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KemenLHK), merupakan habitat komodo yang merupakan kadal terbesar di dunia dan endemik Indonesia.

Berdasarkan hasil pemantauan populasi komodo oleh Balai Taman Nasional Komodo dan Program Kelangsungan Hidup Komodo (KSP) selama lima tahun terakhir, berfluktuasi antara 2.400 hingga 3.000 individu dengan tren yang relatif stabil.

Komodo adalah hewan langka yang terancam punah. Komodo juga merupakan salah satu hewan yang dilindungi. Untuk melindunginya, dibuat taman nasional dengan tujuan melestarikan Komodo.

Komodo adalah anggota dari kadal Varanidea dan Toxicofera berpakaian. Komodo bisa tumbuh hingga panjang 3 meter dan berat sekitar 135 kilogram.

2. Orangutan

Orangutan adalah hewan endemik Kalimantan dan Sumatera, menurut National Geographic. Saat ini, hewan dari ordo primata sudah menjadi langka. Bagi yang ingin melihat bisa datang ke Taman Nasional Tanjung Puting, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Di sana Anda bisa menemukan orangutan langka ini. Ini juga merupakan habitat dari sembilan spesies primata lainnya.

Orangutan viral yang terjebak di jembatan di Kalimantan Tengah digiring kembali ke habitatnya

Orangutan adalah hewan asli Indonesia. Orangutan Sumatera (Pongo abelii) adalah yang paling terancam punah dari dua spesies orangutan di Indonesia.

Spesies ini saat ini hanya ditemukan di provinsi utara dan tengah Sumatera dan dengan cepat kehilangan habitat alaminya karena deforestasi untuk perkebunan dan pemukiman serta pembalakan liar.

3. harimau sumatera

Harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) merupakan salah satu dari enam subspesies harimau yang masih hidup hingga saat ini, harimau sumatera juga termasuk dalam klasifikasi satwa langka dan dilindungi.

Populasi saat ini tidak lebih dari 400 orang. Indonesia awalnya hanya memiliki tiga spesies.
Namun kini dua harimau telah dinyatakan punah yaitu harimau Bali pada tahun 1940-an dan harimau Jawa pada tahun 1980-an, kini hanya harimau sumatera yang populasinya sangat kecil.

Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumut akan melepasliarkan dua harimau sumatera dari suaka margasatwa ke lokasi di dalam zona inti Taman Nasional Kerinci-Seblat, Jambi. Pada 31 Mei 2022, pelepasan harimau di lokasi yang sama membutuhkan transportasi helikopter karena akses yang sulit. (ANTARA/HO)

Source: tekno.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button