350 PKL di Jalan Raya Puncak akan segera direlokasi - WisataHits
Jawa Barat

350 PKL di Jalan Raya Puncak akan segera direlokasi

Jabarekpres.com – Sedikitnya 350 Pedagang Kaki Lima (PKL) di Jalan Raya Puncak Bogor akan segera direlokasi. Rencananya para pedagang akan direlokasi ke Rest Area Gunung Mas, Cisarua, Kabupaten Bogor.

Kepala Bidang Operasi (Kasie) Satpol PP Kabupaten Bogor, Rhama Kodara, mengatakan setelah pindah, kelompoknya akan langsung membongkar bangunan di pinggir jalan raya Puncak.

“Rencananya Desember akan dipindahkan,” ujarnya kepada Jabarekspres.com, Minggu (13/11).

Ia mengaku akan segera menggelar rapat koordinasi dengan Kementerian Perekonomian dan Bupati setempat untuk membandingkan data PKL.

“Ada perbedaan antara kami dan Disdagin. Bedanya di catatan Satpol PP (gedung akan dibongkar) untuk semua bangunan dan PKL yang tidak memiliki izin padahal di Departemen Perdagangan hanya PKL,” jelasnya.

Menurut dia, rest area Gunung Mas diharapkan selesai pada Desember 2022 dan segera bisa ditempati. Ke depan tidak akan ada lagi penjualan pinggir jalan.

“Yang jelas rest area akan siap huni pada Desember. Karena tanggal 15 adalah hari raya, maka kita bandingkan tanggalnya dulu baru pelaksanaannya,” ujarnya.

Rhama melanjutkan, pihaknya masih menunggu instruksi pembongkaran. “Kami masih menunggu (petunjuk pembongkaran), apakah semua PKL akan diratakan atau PKL saja, itu harus jelas,” katanya.

Ia menyatakan, jika hanya untuk pengecekan kios, pihaknya siap bergerak, namun jika pengecekan juga akan dilakukan di bangunan pinggir jalan, pihaknya mengaku belum siap jika dilakukan sebelum itu. 15 Desember 2022 harus selesai.

“Kami masih memiliki masalah anggaran untuk mengarahkan semuanya. Paling bisa dibersihkan pada Januari atau Februari,” ujarnya.

Rest area Gunung Mas Puncak sendiri disebut mampu menampung hingga 516 PKL. Rest area ini dibangun untuk mendorong pengusaha mikro dan memajukan pariwisata di kawasan Bogor dan sekitarnya.

Pembangunan Rest Area Gunung Mas Puncak sendiri sudah hampir selesai. Disdagin saat ini sedang melengkapi sarana dan prasarana pendukung.

Direktur Komersial Disdagin Kabupaten Bogor Dedi Henardi mengatakan pembangunan rest area akan menggunakan anggaran 2022 dengan total anggaran Rp 52,9 miliar.

“Kita targetkan semuanya sudah siap dan siap pakai pada Desember 2022. Selain itu, rest area Gunung Mas Puncak akan diserahkan kepada PT Sayaga Wisata Bogor selaku pengelola,” ujarnya singkat. (sfr/ziz)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button