Daftar 5 Kabupaten Sepi di Jawa Barat, Termasuk Daerah Anda? - WisataHits
Jawa Barat

Daftar 5 Kabupaten Sepi di Jawa Barat, Termasuk Daerah Anda?

harapanrakyat.com, – Lima kabupaten tersunyi di Jawa Barat ini memiliki jumlah penduduk yang relatif sedikit, dengan banyak sawah dan hutan di wilayahnya. Jawa Barat sendiri merupakan salah satu provinsi di Pulau Jawa. Ibukota provinsi adalah Bandung.

Selain itu, Provinsi Jawa Barat juga dikenal memiliki berbagai destinasi wisata yang sangat menarik. Beberapa daerah memang cukup terkenal dengan destinasi wisatanya sehingga banyak pengunjung yang datang.

Provinsi ini meliputi 27 kabupaten/kota. Namun, dari 27 kabupaten/kota di Jabar, ada 5 daerah yang paling sepi. Lokasinya jauh. Jadi di manakah kelima alam itu?

Merangkum dari berbagai sumber, berikut lima kabupaten di Jawa Barat yang masuk kategori paling sepi dari segi jumlah penduduk dan letak wilayah. Dan kawasan tersebut masih didominasi oleh persawahan dan hutan.

Inilah daftar 5 kabupaten paling sepi di Jawa Barat

Baca juga: Ridwan Kamil memastikan ibu kota Jawa Barat tetap Bandung

Kabupaten Pangandaran

Pangandaran, salah satu kabupaten di Jawa Barat, memiliki luas kurang lebih 1.011,04 km2.

Meski merupakan kawasan wisata, Kabupaten Pangandaran merupakan salah satu kawasan paling sepi dengan jumlah penduduk sekitar 500.000 jiwa.

Pangandaran sebelumnya merupakan bagian dari Kabupaten Ciamis kemudian resmi menjadi daerah otonom baru dengan 10 kecamatan dan 93 desa. Parigi adalah ibu kota Kabupaten Pangandaran.

Kabupaten Purwakarta

Baca juga: Wisata alam Darmacaang Ciamis, rekomendasi liburan keluarga

Selain Pangandaran, Purwakarta juga merupakan salah satu kabupaten paling sepi di Jawa Barat. Daerah itu terlihat padat penduduk, tetapi populasinya hanya 950.000 orang.

Wilayah Kabupaten Purwakarta juga dikelilingi perbukitan. Kabupaten ini memiliki 17 kecamatan, 183 desa dan 9 kecamatan. Ibukotanya adalah Kabupaten Purwakarta.

Kabupaten Kuningan

Selain itu, ada Kabupaten Kuningan yang juga masuk dalam daftar 5 kabupaten paling sepi di Jawa Barat.

Secara keseluruhan, kawasan ini berpenduduk sekitar 1,1 juta jiwa. Mata pencaharian penduduk Kabupaten Kuningan berkisar dari pertanian hingga nelayan.

Kabupaten Kuningan sebagai salah satu daerah di Jawa Barat memiliki 32 kecamatan, 361 desa dan 15 kecamatan. Ibukotanya adalah Kabupaten Kuningan.

Baca juga: Obyek Wisata Gunung Putri Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat

Kabupaten Sumedang

Sumedang terkenal dengan makanan khasnya yaitu tahu yang rasanya sangat enak. Tak heran jika banyak orang luar yang menyukai tahu sumedang dan dijadikan oleh-oleh setelah berkunjung ke daerah tersebut.

Kabupaten Sumedang masuk dalam daftar kabupaten paling sepi di Jawa Barat dengan jumlah penduduk sekitar 1,2 juta jiwa.

Pemerintah Kabupaten Sumedang membawahi 26 pemerintah kecamatan, 270 pemerintah desa dan 7 kecamatan. Ibukotanya adalah Kabupaten Sumedang.

Kabupaten Majalengka

Daerah tersunyi kelima di Provinsi Jawa Barat adalah Kabupaten Majalengka. Kawasan ini jarang dijamah wisatawan. Jumlah penduduknya hanya sekitar 1,25 juta orang.

Kabupaten Majalengka terdiri dari 26 kecamatan, 330 desa dan 13 kecamatan. Ibukotanya adalah Kabupaten Majalengka.

Inilah daftar 5 kabupaten tersunyi di Jawa Barat berdasarkan jumlah penduduk dan kondisi wilayahnya, sebagai berikut hoperakyat.com dikumpulkan dari berbagai sumber. (R3/HR-Online/Editor-Eva)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button