Cycling de Jabar, ratusan pesepeda akan menjajal jalur Geopark Ciletuh Sukabumi - WisataHits
Jawa Barat

Cycling de Jabar, ratusan pesepeda akan menjajal jalur Geopark Ciletuh Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com – Ratusan pesepeda akan menjajal jalur Geopark Ciletuh Sukabumi dalam acara yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat bertajuk “Cycling de Jabar 2022” pada 27 dan 28 Agustus 2022.

Dalam acara ini, para peserta atau pesepeda akan melihat indahnya panorama Jawa Barat Selatan, mulai dari titik start di kawasan Geopark Ciletuh, Kabupaten Sukabumi, hingga finish di Kabupaten Pangandaran dengan total jarak 320 kilometer.

iklan

Ferry Sofwan Arief, Deputi Bidang Administrasi Umum Setda Provinsi Jabar, mengatakan Cycling de Jabar merupakan wahana untuk mengajak masyarakat, khususnya para pecinta sepeda, untuk melihat potensi Jabar khususnya di bidang sport tourism.

“Mari kita dorong dan ajak masyarakat untuk belajar tentang potensi Jawa Barat Daya melalui wisata olahraga. Sekaligus, kami menunjukkan komitmen pemerintah kami, baik Provinsi Jawa Tengah maupun Provinsi Jawa Barat dan kabupaten/kota untuk mengembangkan perekonomian Jawa Barat Daya melalui wisata olahraga,” kata Ferry pada acara JAPRI di Museum Gedung Sate, Kota Bandung. , Jumat 12 Agustus 2022.

Ferry mengatakan Jabar memiliki banyak potensi wisata, khususnya wisata olahraga, yang bisa dikembangkan dengan menggandeng berbagai pihak, bukan hanya pemerintah.

iklan

“Ciletuh sudah menjadi Geopark, lalu di Sukabumi juga ada Pemandian Air Panas Cisolok, Air Terjun Cimarinjung dan Pantai Cimaja. Dari sana, para pesepeda bisa menikmati keindahannya. Tentunya di sepanjang jalan menuju Pangandaran akan banyak tempat-tempat menarik yang bisa dinikmati para pesepeda de Jabar,” ujarnya.

Sekitar 100 pesepeda diperkirakan akan mengikuti Cycling de Jabar 2022, dilaporkan 75 persen peserta umum dan 25 persen peserta undangan. Jalur yang harus dilalui cukup berat, di antaranya 40 persen pendaki, 30 persen pemukul dan 30 persen datar.

Dengan beberapa kategori yang dilombakan, para pecinta sepeda dan lainnya dapat berpartisipasi dengan melakukan pendaftaran mulai 10 Agustus 2022 hingga 23 Agustus 2022 melalui website: cyclingdejabar.com. Total harganya mencapai Rp 40 juta.

Dengan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 2,2 juta, Goweser akan mendapatkan akomodasi dua malam di Ciletuh dan Rancabuaya (bersama), dua set kaus, makan malam di Rancabuaya, medali dan lainnya.

Tahap pertama, dimulai dari Pantai Palangpang, Geopark Ciletuh, Kabupaten Sukabumi, goweser, akan menempuh jarak 150 kilometer. Jalur Ciletuh-Karang Cut masuk dalam kategori Extreme karena melewati banyak tanjakan dan turunan. Perjalanan memakan waktu sekitar 6 sampai 7 jam dengan kecepatan rata-rata 25 km/jam.

Setelah menginap di Rancabuaya, Kabupaten Garut, leg kedua dilanjutkan dengan menempuh jarak 170km dari Pantai Rancabuaya menuju Paamprokan, Pantai Barat Pangandaran, Kabupaten Pangandaran. Perjalanan memakan waktu sekitar 7-8 jam.

Source: sukabumiupdate.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button