ASEAN Para Games 2022 di Jawa Tengah, Momen Menyebarkan Kesetaraan Bagi Penyandang Disabilitas – Halo Semarang - WisataHits
Jawa Tengah

ASEAN Para Games 2022 di Jawa Tengah, Momen Menyebarkan Kesetaraan Bagi Penyandang Disabilitas – Halo Semarang

Halo Grobogan – ASEAN Para Games XI 2022 di Jawa Tengah menjadi momen sosialisasi kesetaraan bagi penyandang disabilitas.

Hal itu disampaikan Sekda Jateng Sumarno saat upacara pembakaran estafet obor (Torch relay) ASEAN Para Games XI, di objek wisata Eternal Fire Mrapen, Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan, Sabtu (23/7/2022).

“Pelaksanaan ASEAN Para Games erat kaitannya dengan isu kesetaraan disabilitas, bagaimana memperlakukan dan memposisikan penyandang disabilitas sebagaimana mestinya,” kata Sumarno, sebagaimana dimuat jatengprov.go.id.

Ia menambahkan, pemerintah berupaya semaksimal mungkin untuk menyediakan fasilitas umum yang memenuhi kebutuhan penyandang disabilitas agar penyandang disabilitas dapat bekerja secara mandiri.

Menurutnya, ini merupakan langkah Pemprov Jateng untuk mendorong kesetaraan bagi penyandang disabilitas.

“Itu menjadi perhatian kita semua. Saat ini juga merupakan bagian dari tugas kita untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang hak dan kebutuhan penyandang disabilitas yang harus dipenuhi oleh semua orang, baik di tempat umum maupun di lembaga publik, sehingga mereka dapat bekerja secara mandiri,” jelasnya.

Selain itu, Sumarno menyatakan penyelenggaraan ASEAN Para Games di Jawa Tengah juga menjadi peluang bagi Pemprov Jateng untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Selama ini pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah sebagian besar didorong oleh sektor konsumer. Adanya event olahraga yang melibatkan peserta dari berbagai daerah dan negara diharapkan dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah.

“Untuk meningkatkan konsumsi di Jateng tentunya bagaimana menarik minat warga dari luar Jateng untuk datang dan mengkonsumsi di Jateng, makan dan belanja di Jateng. Ini juga bagian dari upaya kami untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah dan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Wakil Eksekutif Indonesia Organizing Committee ASEAN Para Games (Inaspoc) Hendri Oka mengatakan Mrapen Eternal Fire adalah salah satu tempat bersejarah di Indonesia, dan banyak momen penting dan bersejarah yang dimulai dari Mrapen. Begitu pula dengan Asean Para Games XI yang digelar di beberapa wilayah Provinsi Jawa Tengah.

“Kami mohon dukungan semua pihak agar kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar sampai akhir dan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional, khususnya kami selaku penyelenggara ASEAN Para Games,” harapnya.

Pengambilan api abadi Mrapen sebagai penanda dimulainya rangkaian XI ASEAN Para Games 2022 berjalan lancar. Inaspoc wakil ASEAN Para Games 2022 Hendri Oka menyalakan api dengan obor, kemudian api abadi di obor diserahkan kepada Sekda Jateng Sumarno, kemudian kepada Bupati Grobogan Sri Sumarni dan kemudian pengoperan obor diserahkan kepada perenang Sholikan.

Perenang berprestasi Grobogan akan membawa obor api abadi untuk ASEAN Para Games 2022 dari Mrapen ke Kota Semarang, Kabupaten Sukoharjo, Karanganyar dan finish di Kota Surakarta. Obor untuk ASEAN Para Games 2022 selanjutnya akan dipasang di Pendapi Gede, kompleks Balai Kota Solo hingga pembukaan ASEAN Para Games 2022 pada Sabtu (30/7.2022).

Pada pembukaan ASEAN Para Games 2022 yang akan digelar di Stadion Manahan Surakarta, seluruh kontingen peserta dari berbagai negara akan hadir untuk menyaksikan. 1.283 atlet dari 11 negara Asia Tenggara akan ambil bagian dalam ASEAN Para Games 2022.

Sementara itu, Bupati Grobogan Sri Sumarni mengaku senang Grobogan bisa menjadi catatan sejarah suksesnya ajang ASEAN Para Games.

“Suatu kehormatan bagi Kabupaten Grobogan untuk dapat berpartisipasi di ajang internasional. Kami percaya dan berharap acara ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan meningkatkan promosi budaya di Indonesia,” ujarnya kemenpora.go.id.

Kali ini, 11 negara Asia Tenggara ambil bagian dalam APG, di mana 14 cabang olahraga digelar. Selain Indonesia sebagai tuan rumah, peserta APG 2022 adalah Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Vietnam, Myanmar, Brunei Darussalam, Timor Leste, Kamboja, dan Laos.

“Semoga dengan suksesnya acara ini juga dapat memacu prestasi dan perkembangan atlet-atlet Indonesia ke depannya,” ujar Bupati. (HS-08)

Source: halosemarang.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button