Curup Kedaton, air terjun yang indah dengan suasana alam yang asri di Way Kanan - WisataHits
wisatahits

Curup Kedaton, air terjun yang indah dengan suasana alam yang asri di Way Kanan

Harga tiket: Rp 5.000 Jam operasional: Curup Kedaton WIB, Alamat: Kedaton, Kec. Kasui, Kab. Jalan Kanan, Lampung; Kasus: Verifikasi lokasi

Jika mendengar nama Curup Kedaton, mungkin masih banyak yang belum mengenalnya karena masih orang asing. Ini adalah tempat wisata di Lampung tepatnya di Way Kanan. Populer dengan sebutan Curup Cangkah Kidau, air terjun ini memiliki pesona yang luar biasa dan tidak kalah dengan tempat lainnya.

Way Kanan merupakan salah satu kabupaten yang menawarkan berbagai macam wisata alam. Hal ini tidak lain karena letak geografisnya yang didominasi oleh pegunungan. Mengunjungi kawasan ini tidak pernah membosankan, karena Anda dapat beralih antar kunjungan tanpa harus melakukan perjalanan jauh.

Kabupaten ini merupakan hasil pemekaran dari kabupaten Lampung Utara dengan julukan air terjun 100. Bagaimana tidak, hampir setiap kecamatan yang ada di daerah ini memiliki air terjun atau yang disebut air terjun. Masing-masing memiliki daya tarik tersendiri, terutama dari keindahan alamnya yang memukau.

Daya tarik Curup Kedaton

Objek Wisata Curup KedatonKredit gambar: Twitter Azwar Anas

Nama Curup Kedaton diambil dari lokasinya yang berada di kawasan Kedaton. Setiap harinya tidak pernah sepi pengunjung, apalagi jika tidak ingin memanfaatkan pesona alamnya yang indah. Selain itu, masih banyak atraksi lainnya yang perlu kamu ketahui, berikut ini selengkapnya!

1. Pesona Curup Kedaton

Daya tarik air terjun di Way Kanan yang pertama ini tak lepas dari pesonanya yang indah. Dengan tinggi sekitar 10 meter, curup ini memiliki dua undakan yang indah. Setiap anak tangga hampir sama tingginya. Jika dibagi dengan anak tangga, tingginya sekitar 5 meter.

Batu besar tempat air mengalir membuatnya semakin eksotis. Warna hitamnya tidak membuatnya sembunyi, tapi justru terlihat bangga karena beberapa bagian tubuhnya tidak ingin air mengalir. Sementara itu, dindingnya memiliki fitur alam yang besar, yang membuatnya semakin indah.

2. Aliran melimpah dan kolam renang besar

Curup Kedaton memiliki lebar yang cukup fantastis, seperti air terjun di kabupaten yang sama. Perkiraan lebar yang dimaksud adalah sekitar 15 meter terbentang dan merata di seluruh bagian hulu. Pesonanya indah dengan debit air yang deras, akan menjadi deras saat musim hujan.

Tak jauh berbeda dengan air terjun pada umumnya, air terjun cantik ini juga memiliki kolam sebagai penampung airnya. Karena tergolong air terjun yang besar, kolam ini juga sangat luas. Tidak terlalu dalam sehingga pengunjung tetap bisa bermain air dengan aman. Namun ada yang harus diwaspadai yaitu debit air yang cukup deras.

3. Suasana alam yang asri

Daya tarik Curup Kedaton selanjutnya terletak pada lokasi sekitarnya. Letaknya di perbukitan, sehingga suasananya alami dan selalu asri. Selama perjalanan, wisatawan dimanjakan dengan panorama alam yang hijau. Warna ini didapat dari perkebunan dan persawahan penduduk, serta dari hijaunya vegetasi hutan.

Sesampainya di lokasi air terjun yang eksotis ini, pemandangan menghijau selalu didapatkan. Kali ini dari tumbuhan liar yang tumbuh subur di sekitar. Pepohonan yang rimbun membuat sebagian besar wisatawan enggan beranjak meski terkadang dingin untuk menyapa. Tak jarang mereka memanfaatkan panorama alam yang luar biasa indah ini untuk berburu spot foto cantik.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Curup KedatonKredit Gambar: Facebook Nau Zah Tour & Travel

Meski lokasinya berada di pedesaan, menuju Curup Kedaton tidaklah sulit. lokasinya cukup strategis dan mudah ditemukan, anda tinggal menuju Desa Kedaton, Kecamatan Kasui, Kabupaten Way Kanan, Lampung. Jika menempuh jarak dari pusat kota, Anda harus menempuh jarak sekitar 40 kilometer.

Cukup jauh memang, karena jarak biasanya memakan waktu 1 jam 30. Namun tidak perlu khawatir, karena banyak pemandangan alam yang bisa dilihat saat menuju lokasi. Mulai dari pusat kota, pergi dulu ke Jalan Jenderal Sudirman lalu ke Jalan Letjend Alamsyah.

Lanjutkan perjalanan menuju Jalan Kasui dengan landmark utama SDN 3 Kasui yang letaknya tidak jauh dari Masjid Al Amin. Anda dapat menggunakan kantor BPJS sebagai referensi Anda selanjutnya dan kemudian melanjutkan perjalanan Anda ke Jalan Hi Ibrahim. Mengikuti rambu atau peta digital, Anda akan sampai setelah menempuh jarak sekitar 3 kilometer.

Harga Tiket Masuk Curup Kedaton

Tiket Curup KedatonKredit gambar: Google Maps Ujang Rozali

Jarak dari Curup Kedaton ke lokasi tidak terlalu jauh, Anda hanya perlu berjalan kaki sebentar menyusuri sungai. Sebelumnya, tentunya Anda harus membayar tiket masuk. Tidak terlalu mahal, hanya 5.000 rupee per orang dan Anda bebas menikmati semua pesona alam dan aktivitas di sana.

Biaya tambahan yang diperlukan hanya untuk parkir kendaraan saja, harga tersebut tetap standar tempat wisata pada umumnya. Bagi yang membawa mobil, siapkan biaya sewa tempat parkir sebesar Rp 5.000, sedangkan sepeda motor dikenakan biaya Rp 2.000. Jam buka yang berlaku di Curup sebenarnya adalah 24 jam, namun tidak disarankan untuk datang setelah tengah hari.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Curup Kedaton

Kegiatan Curup KedatonKredit gambar: Facebook Disporabuby Way Kanan

Ada banyak cara untuk menikmati liburan Anda, tergantung di mana Anda bepergian. Curup Kedaton tidak lain adalah air terjun dengan pesona alamnya yang indah. Adapun kegiatan di sana, tentu saja ada banyak yang harus dilakukan, ini hanya beberapa!

1. Berenang dan permainan air

Jika Anda melihat air terjun dan berniat bermain air, itu tentu sangat wajar. Anda juga akan seperti ini ketika mengunjungi air terjun ini di jalur yang benar. Siapa yang tahan dengan kesejukan air yang mengalir di depan matanya. Siapapun pengunjungnya pasti ingin langsung terjun dan basah kuyup.

Jika ingin berenang, Anda bisa menuju kolam yang ada di bawah air terjun terakhir. Tidak terlalu dalam untuk orang dewasa, tapi pastikan Anda adalah perenang ahli. Kalau tidak, Anda harus bermain di air di tepi sungai menggunakan bau sebagai tumpuan. Anda juga bisa beralih ke anak tangga jika aliran air saat ini tidak terlalu besar.

2. Piknik santai

Kegiatan menarik lainnya di Curup Kedaton adalah piknik santai. Kegiatan ini akan semakin menarik jika Anda datang bersama anggota keluarga atau orang yang dianggap spesial. Tak perlu basah jika takut kedinginan, cukup menggelar tikar atau sejenisnya di samping air terjun cantik ini.

Karena fasilitas di sekitar masih sedikit, Anda bisa membawa perbekalan sendiri dari rumah. Kalau tidak, silakan beli di stand di tempat parkir mobil, ada beberapa yang buka setiap hari di sana. Namun jika ingin sedikit pilih-pilih dan hemat, ada baiknya persiapkan dari awal dari rumah.

3. Menikmati keindahan alam

Sambil piknik santai, pastikan untuk menikmati keindahan alam Curup Kedaton. Sayang sekali jika Anda berlibur ke tempat istimewa ini, Anda hanya melihatnya sekilas tanpa menikmatinya. Alam yang hijau, bebatuan yang eksotis dan gemuruh air yang menerpa bebatuan dan kolam membuat suasana semakin damai.

4. Berburu spot foto

Kemanapun liburan, apapun aktivitasnya, satu hal yang tidak boleh dilewatkan adalah mengabadikan momen dengan foto. Ada spot-spot yang tak kalah indahnya yang bisa dijadikan background di sini, meski semuanya spot liar. Misalnya pemandangan alam perkebunan dan persawahan, hutan hijau dan tentunya air terjun itu sendiri.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Memasang Curup KedatonKredit gambar: Facebook Meme Kian

Mengenai pemasangan Curup Kedaton memang kurang memadai dan tergolong apa adanya. Di lokasi air terjun, tidak ditemukan fasilitas apapun. Fasilitas hanya di tempat Anda memarkir kendaraan. Tidak terlalu banyak, hanya beberapa warung dan toilet. Untuk mushola banyak tersebar di beberapa desa, silahkan pilih yang terdekat.

Mengetahui review suatu tempat atau objek wisata sangat penting untuk mempersiapkan diri sejak awal. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui apakah tempat yang kamu tuju memang layak untuk dikunjungi. Jika melihat semua poin di atas, Curup Kedaton sepertinya patut dipertimbangkan sebagai alternatif wisata.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button