Curug Leuwi Lieuk, Pesona Air Terjun Eksotis Super Jernih di Bogor - WisataHits
wisatahits

Curug Leuwi Lieuk, Pesona Air Terjun Eksotis Super Jernih di Bogor

Harga tiket: Rp10.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl. Gunungwangun, Cibadak, Kec. Sukamuka, Kab. Bogor, Jawa Barat.

Curug Leuwi Lieuk adalah salah satu dari sekian banyak air terjun di kawasan Sentul, Bogor. Nama “Leuwi” sendiri merupakan bahasa Sunda yang artinya dalam. Kolam yang dimaksud di sini adalah bagian terdalam dari sebuah sungai. Keindahan yang disajikan di sana membuat air terjun ini sangat populer belakangan ini.

Banyak wisatawan yang ingin menikmati pengalaman seru berlibur di air terjun ini. Selain wisatawan lokal, ternyata wisatawan mancanegara juga sering menghabiskan waktunya di sana. Jika ingin ke sana, alangkah baiknya jika mengajak teman, kerabat atau pasangan agar liburan semakin menyenangkan.

Maka dari itu, tidak heran jika air terjun ini menjadi salah satu wisata alam yang direkomendasikan untuk dikunjungi. Dijamin tidak akan menyesal datang ke sana, tapi malah betah berlama-lama. Di bawah ini adalah berbagai hal terkait Curug Leuwi Liuk yang tentunya sayang jika dilewatkan.

Daya tarik Curug Leuwi Lieuk

Obyek wisata Curug Leuwi LieukKredit gambar: Twitter Berita Jawa Barat

1. Zona sejuk

Wisata alam tidak bisa dipungkiri jika memiliki lokasi yang relatif sejuk. Hal ini tentunya karena alam yang berada di kawasan wisata memang sengaja dijaga agar tetap asri dan alami. Sehingga kondisi di sekitarnya sangat sejuk dan enak dipandang.

Kawasan air terjun Leuwi Lieuk sejuk karena letaknya yang berada di dataran tinggi. Hal inilah yang membuat udara dan udara di air terjun cukup dingin. Udara dingin di kawasan air terjun ini tentu saja sangat menyegarkan. Dengan demikian, wisatawan bisa betah di sana.

2. Air terjun yang sejuk dan jernih

Air terjun ini memiliki pesona tersendiri yang cukup membuat banyak wisatawan terpesona dan selalu ingin mengunjunginya. Daya tarik yang dimilikinya berupa air terjun yang sejuk dan juga air yang sangat jernih. Keindahannya sangat alami tanpa rekayasa apapun.

Karena airnya yang begitu jernih, kolam yang terbentuk di bawah air pun menjadi berwarna hijau kebiruan. Hal ini dikarenakan adanya pantulan sinar matahari pada air yang dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dan hijau.

3. Green Canyon Pangandaran Saudara Kembar

Sungai yang menjadi sumber aliran air di air terjun ini diapit oleh tebing bebatuan yang tinggi. Tebing hitam ini memiliki ketinggian lebih dari 10 meter. Banyak tumbuhan liar juga menghiasi panorama di sekitar air terjun ini. Posisi air terjun juga memiliki keindahan tersendiri.

Tebing tinggi yang mengapit Air Terjun Leuwi Lieuk membuat air terjun ini terlihat eksotik namun misterius. Sekilas, Anda akan menemukan sedikit kemiripan dengan “Green Canyon” Pangandaran, yaitu sebuah destinasi wisata berupa sungai yang diapit oleh dinding batu karang yang tinggi dan dikelilingi oleh hutan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat wisata Curug Leuwi LieukKredit gambar: Twitter Keliling Bogor

Alamat Curug Leuwi Lieuk masih di Desa Cibadak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Secara spesifik, tempat wisata ini berada di perbukitan Sentul. Perjalanan menuju air terjun biasanya dimulai dari Terminal Baranangsiang Bogor dengan jarak tempuh 26 km dan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Dari terminal, Anda bisa mengambil jalan ke arah Barat Laut melalui Jalan Raya Bogor. Dari sini Anda akan masuk tol Jagorawi dan keluar melalui jalan darat menuju kota Sentul. Dari pintu keluar, pastikan menuju Jalan MH. Thamrin dan ikuti jalan menuju bundaran.

Di bundaran pilih exit nomor 2 untuk masuk ke Jalan MH. Thamrin. Ikuti jalan tersebut kemudian masuk atau seberangi Jalan Bali hingga sampai di bundaran lagi. Begitu berada di dalam bundaran, keluar untuk mengambil jalan menuju Jungleland Avenue. Maka dari situ perjalanan dilanjutkan melalui Jalan Wangon dan Cibadak.

Dari tempat parkir, perjalanan masih belum berakhir. Dibutuhkan setidaknya 30 menit berjalan kaki untuk mencapai air terjun. Jalan kaki ini harus dilakukan hingga jarak 500m dengan kondisi jalan menanjak, berkelok-kelok, ekstrim dan selalu berupa tanah liat merah. Oleh karena itu, sebaiknya Anda berkunjung saat kondisi tubuh sedang prima.

Harga tiket masuk objek wisata

Tiket Wisata Air Terjun Leuwi LieukKredit gambar: Twitter Aston Sentul

Setiap wisatawan yang ingin berlibur ke Curug Leuwi Lieuk harus membayar tiket masuk hanya sebesar Rp25.000. Harga tersebut sudah termasuk stasiun masuk pertama sebesar Rs 15.000 dan juga stasiun masuk kedua sebesar Rs 10.000.

Angka ini juga tidak dibedakan menurut hari, jam buka atau usia wisatawan. Namun perlu digarisbawahi bahwa nantinya akan ada tambahan biaya parkir bagi setiap wisatawan yang mengendarai kendaraan pribadi. Selain itu, ada juga biaya tambahan lainnya bagi wisatawan yang menyewa pelampung dari pedagang lokal.

Seperti wisata alam pada umumnya, air terjun cantik ini memiliki jam buka mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Lokasi selalu buka setiap hari tanpa ada perbedaan waktu dan biaya. Meski demikian, pihak pengelola memberikan saran untuk memilih waktu terbaik berkunjung, yakni saat musim kemarau.

Dikatakan bahwa antara April dan Oktober adalah periode yang paling direkomendasikan. Sedangkan musim hujan merupakan masa pantangan karena kondisi alam yang akan terpengaruh. Jalur pendakian akan lebih sulit dilalui jika kondisi sedang hujan dan licin. Padahal, tumpahan air bisa membuat keselamatan wisatawan semakin terancam.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Leuwi Lieuk

Kegiatan Wisata Air Terjun Leuwi LieukKredit gambar: Google Maps Astried Marini

1. Mencari foto yang bagus

Mengabadikan momen dengan berfoto tentu tidak lepas dari kebiasaan wisatawan masa kini. Bagi Anda yang berkunjung ke Curug Leuwi Liuk tidak perlu khawatir kehabisan spot foto. Pemandangan alam yang sangat menawan bisa dijadikan bukti liburan yang mengasyikkan.

Formasi bebatuan yang tinggi, air terjun yang sangat jernih, bahkan air terjun yang melintasi tebing tidak boleh dilewatkan dalam bidikan Anda. Kontras warna yang eksotik, udara yang segar dan air yang segar tampak seperti gambar yang perlu diabadikan. Tak heran jika tempat ini sering diintai oleh banyak penggila fotografi.

2. Berenang dan bermain air

Tidak asyik ke air terjun tanpa melakukan aktivitas menarik seperti bermain air. Di Leuwi Lieuk Anda bisa bersenang-senang dengan air terjun yang bersih dan sangat jernih. Untungnya, Anda tidak perlu khawatir dengan derasnya arus khas air terjun. Air terjun yang indah ini memiliki aliran air yang relatif rendah, lambat, dan mengalir.

Air terjun yang tidak begitu tinggi membuat tempat ini semakin nyaman digunakan untuk permainan air, bahkan dengan anak kecil sekalipun. Jika Anda tertarik bermain air, akan lebih baik untuk mengetahui kedalaman air terjun terlebih dahulu.

Untuk bermain air bersama anak kecil, Anda bisa mencoba area yang jauh dari tebing yang airnya tidak begitu dalam. Airnya yang jernih membuat siapapun yang berenang atau bermain di air dapat melihat panorama bawah laut dengan jelas. Jangan lupa membawa jaket pelampung jika ingin bersantai sambil mengapung di atas air.

3. Lompat tebing

Bagian danau yang terletak di ketinggian air terjun Leuwi Lieuk ini dikelilingi oleh dinding batu yang relatif tinggi, berukuran lebih dari 7 m. Tebing ini sering digunakan untuk melakukan aktivitas berupa cliff jumping atau melompat dari tebing ke dalam air oleh banyak wisatawan. Tentunya kegiatan ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai tantangan.

Wisatawan dapat memilih ketinggian bebatuan yang ingin digunakan sebagai tempat melompat. Tingginya cukup bervariasi, mulai dari 3m, 5m, hingga 6-7m. Melompat dari atas tebing dan mendarat di danau dengan air yang menyegarkan di tengah alam merupakan pengalaman mendebarkan yang tak terlupakan.

4. Bersantai dan menikmati pemandangan alam

Jika berhasil sampai ke lokasi air terjun, Anda akan merasa jauh dari hiruk pikuk kota. Air yang mengalir tenang, alamnya indah dan hijau, dan udara segar adalah penghilang stres yang paling utama. Pastinya bersantai di Curug Leuwi Lieuk bisa membuat hati dan pikiran lebih tentram.

5. Cobalah singgah di Air Terjun Leuwi Hejo

Bahkan, sebelum mencapai lokasi tempat wisata ini, Anda akan menjumpai Curug Leuwi Hejo. Jaraknya bisa ditempuh dalam waktu sekitar 20 menit, namun pesonanya tak kalah indah dan tak boleh dilewatkan. Curug Leuwi Hejo juga cenderung memiliki air yang deras dan danau yang tidak dalam. Jadi kita bisa bermain di air dan menyelam ke dalamnya.

Karena airnya memancarkan warna hijau, maka nama air terjun tersebut mengandung kata “hejo” yang berarti hijau. Di air terjun ini Anda tidak akan melihat tebing tinggi. Hanya saja masih banyak bebatuan dan tumbuhan liar yang membuatnya asri.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Wisata Air Terjun Leuwi LieukKredit gambar: Twitter Lisa.

Perlu diingat lokasi Curug Leuwi Lieuk cukup sulit, jadi jangan heran jika fasilitas disana terbatas. Namun, setidaknya masih ada fasilitas standar yang setidaknya bisa digunakan oleh semua wisatawan. Beberapa fasilitas umum tersebut antara lain toilet, mushola, flushing room dan area parkir kendaraan yang luas.

Beruntung, Anda masih bisa menemukan banyak kios dan warung makan di sekitar kawasan wisata. Bahkan, Anda juga bisa menemukan beberapa tempat yang menyewakan pelampung untuk berenang. Anda juga diperbolehkan membawa perlengkapan dan perbekalan pribadi sendiri, asalkan selalu menjaga kebersihan dan ketertiban di lokasi wisata.

Selain itu ada juga tempat persewaan lompat tebing yang menyediakan strap atau tali yang kemudian akan diikatkan pada perut dan kaki para wisatawan. Tenang saja, harga sewa alat ini masih cukup terjangkau sehingga tidak akan menguras kantong Anda.

Nah itulah berbagai hal tentang Curug Leuwi Lieuk yang merupakan salah satu wisata alam unggulan di Sentul. Bagi Anda yang ingin berlibur di kawasan Bogor, jangan lupa untuk mengunjungi air terjun ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button