Kemenparekraf Hadirkan 11 Menu Istimewa Keraton Mangkunegaran di IWTCF 2022 - Portal Berita ANTARA Kuala Lumpur - WisataHits
Jawa Barat

Kemenparekraf Hadirkan 11 Menu Istimewa Keraton Mangkunegaran di IWTCF 2022 – Portal Berita ANTARA Kuala Lumpur

Jakarta (ANTARA) – Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif (Kemenparekraf) menghadirkan 11 menu spesial Istana Mangkunegaran yang disajikan dan disiapkan langsung oleh Chef Ragil, lulusan Politeknik Pariwisata NHI Bandung.

Hidangan tersebut dipersembahkan kepada para delegasi yang menghadiri Royal Heritage Dinner di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah yang merupakan bagian dari acara International Wellness Tourism Conference and Festival (IWTCF) 2022.

“Solo telah ditetapkan sebagai kota sejahtera (kesehatan) oleh Walikota Surakarta, dan Pura Mangkunegaraan ini menjadi bagian dari daya tarik yang sangat kuat tidak hanya untuk wisata kesehatan tetapi juga terutama untuk wisata cagar budaya di Jawa Tengah,” ujarnya. Deputi Bidang Produk Pariwisata dan Pelaksanaan Kegiatan Kemenparekraf Rizki Handayani saat memberikan sambutan sesuai keterangan resmi di Jakarta, Sabtu.

Selain itu, Rizki Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) mengucapkan terima kasih kepada Mangkunegara X yang menjadi tuan rumah delegasi dan narasumber acara IWTCF 2022 untuk makan malam di Pura Mangkunegaran.

“Candi Mangkunegaran adalah kadipaten dari Keraton Praja Mangkunegaran yang merupakan tempat tinggal para penguasa yang bergelar adipati. Keraton ini sudah berusia 265 tahun, namun Pura Mangkunegaran masih digunakan untuk kegiatan kerajaan serta menyimpan barang-barang bersejarah,” katanya.

Sebagai salah satu kota yang direncanakan pemerintah sebagai destinasi wisata kebugaran/kesehatan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyajikan makanan sehat dengan mengusung nilai-nilai kearifan lokal.

“Solo sendiri sebagai The City of Java Wellness memiliki beragam olahan makanan yang kaya akan rempah-rempah yang memiliki manfaat baik untuk tubuh,” kata Rizki.

Beberapa menu kuliner yang disajikan delegasi pada Royal Heritage Dinner IWTCF 2022 adalah Apem, Sosis Solo, Wedang Secang, Beefsteak Glinding, Tempe Goreng Lodeh Espuma, Nasi Kuning Kelapa Kering Karamel, Blenyik Trancam, Ayam Bledek, Daging Sapi Gadon, pita ketan hijau dan wedang bumbu mangkunegaran.

Baca Juga: Kemenparekraf Hadirkan Workshop “Tourism Champion”
Baca Juga: “Moving on” Andien Memulai Closing Ceremony APG 2022

Berita ini disiarkan di Antaranews.com dengan judul: Kemenparekraf Hadirkan 11 Menu Istimewa Keraton Mangkunegaran di IWTCF 2022

Source: kl.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button