Curug Bibijilan, air terjun berundak yang dikelilingi hutan pinus cantik di Sukabumi - WisataHits
wisatahits

Curug Bibijilan, air terjun berundak yang dikelilingi hutan pinus cantik di Sukabumi

Curug Bibijilan, air terjun berundak yang dikelilingi hutan pinus cantik di Sukabumi
Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Cimerang, Kec. Purabaya, Kab. Sukabumi, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Sukabumi memiliki beragam keindahan alam yang memukau sebagai tujuan wisata, salah satunya Curug Bibijilan. Secara geografis kawasan ini masih didominasi oleh kondisi alam yang indah dan menarik untuk ekspor. Beragam destinasi alam mulai dari air terjun, pantai hingga perbukitan bisa menjadi alternatif liburan.

Air terjun atau air terjun merupakan destinasi di Sukabumi yang sangat digemari oleh masyarakat. Banyak wisatawan dari dalam maupun luar kota datang untuk menikmati keindahannya. Bagi Anda yang menyukai wahana air dan petualangan yang memacu adrenalin, wisata ini sangat direkomendasikan.

Curug Bibijilan merupakan destinasi air terjun terbaik di Jawa Barat. Keindahannya yang luar biasa menjadi daya tarik terbesar bagi pengunjung. Selain itu, kawasan wisata ini juga dilengkapi dengan banyak wahana yang membuat liburan semakin seru.

Daya tarik Curug Bibijilan

Daya tarik Curug BibijilanKredit Gambar: Instagram Suhematshunaga

Selain tempat yang masih terkesan alami, wisata di Sukabumi memiliki banyak daya tarik. Berikut ulasan keunikan wisata air di Bibijilan.

1. Air terjun 14 tingkat

Nama unik air terjun ini berasal dari bahasa sunda yang artinya timbul. Namanya karena semburan air yang menyembur dari dalam bebatuan. Air di Curug Bibijilan berasal dari Gua Buniayu dengan aliran yang mengalir deras.

Dari kejauhan, Anda akan melihat air seolah-olah keluar dari bebatuan besar dengan percikan putih. Batu kapur tersebar tidak merata yang mengganggu aliran air. Namun, justru menambah pesona keindahan air terjun tersebut.

Ada 14 level dimana setiap level unik dengan karakteristik yang berbeda. Umumnya wisatawan hanya berada di air terjun tingkat pertama dan kedua. Untuk naik ke level yang lebih tinggi, disarankan untuk menyewa pemandu wisata karena medannya yang ekstrim.

Setiap tingkat memiliki aliran air yang bersih dan relatif deras. Anda juga bisa menikmati segarnya air pegunungan di kolam renang alami.

2. Dikelilingi oleh hutan pinus yang indah

Ketinggian Curug Bibijilan sekitar 100 meter dengan air berwarna biru kehijauan yang indah. Dari ketinggian air terjun ini, Anda bisa melihat pemandangan hutan pinus yang mengelilingi air terjun.

Hutan pinus yang asri di sekitar air terjun membuat tempat ini semakin sejuk. Selain pemandangan air terjun, pemandangan alam yang hijau dapat menyegarkan mata wisatawan. Suasana alam semakin kental dengan suara gemericik air dan kicauan burung liar di tempat wisata tersebut.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Curug BibijilanKredit Gambar: Instagram Nandi

Sukabumi merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang memiliki destinasi alam yang menarik. Untuk mencapai Curug Bibijilan, Anda harus melewati jalan akses yang cukup panjang. Meski begitu, pesonanya tetap menghipnotis pengunjung.

Alamat tempat wisata ini berada di Kampung Lebak Nangka yang letaknya tidak jauh dari Gua Buniayu. Tepatnya berada di desa Kerta Angsana yang merupakan bagian dari kecamatan Nyalindung, Jawa Barat.

Dari pusat Sukabumi, dibutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan menuju Curug Bibijilan. Akses jalan menuju lokasi dapat digunakan oleh kendaraan roda dua dan empat. Kendaraan dapat Anda kendarai menuju Goa Buniayu, hingga menemukan pintu masuk menuju air terjun.

Sepanjang jalan, Anda akan melewati hutan pinus sepanjang kurang lebih 1,5 km. Setelah itu turuni bukit dengan akses jalan beraspal dan berhenti di pos jaga 2. Setelah pos 2 goa Buniayu, jalan kaki beberapa menit menuju air terjun.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, wisatawan juga bisa menggunakan kendaraan umum. Untuk mengakses Curug Bibijilan, Anda bisa menggunakan angkutan umum dan bus.

Setelah berhenti di terminal bus tujuan, Anda bisa melanjutkan dengan naik ojek menuju lokasi. Jika Anda berhenti di tugu kampus Rindu Alam, Anda harus berjalan kaki sekitar 2 km untuk sampai ke sana.

Pengunjung harus berhati-hati saat melintasi hutan pinus. Apalagi jika setelah hujan jalan menuju air terjun cantik ini akan becek dan semakin licin.

Jalan menuju lokasi juga dihiasi dengan tebing-tebing yang terjal, sehingga perlu berhati-hati saat berjalan. Untuk keamanan tambahan, wisatawan dapat memanfaatkan Kasus atau pemandu jalan menuju air terjun.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Harga tiket masuk Curug Bibijilan sangat terjangkau sehingga banyak wisatawan yang datang berlibur ke sini. Untuk masuk ke destinasi tersebut, Anda hanya perlu membayar Rp 8.000 per orang, ditambah biaya parkir kendaraan Rp 5.000 hingga Rp 10.000. Biaya tersebut tentunya sangat terjangkau dengan pesona alam luar biasa yang dicapai.

Saat Anda berlibur bersama rekan atau keluarga, pastikan jam buka tempat wisata tersebut. Destinasi ini buka setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 18:00 WIB.

Pastikan untuk pergi berlibur ke tempat yang cuacanya bagus karena kawasan air terjun akan ditutup selama musim hujan. Pasalnya, aliran air menjadi lebih penting dan akses jalan yang licin bisa membahayakan pengunjung.

Kegiatan seru yang bisa dilakukan di Curug Bibijilan

Aktivitas Seru di Curug BibijilanKredit Gambar: Instagram Kusti Wulan

Setelah mengetahui atraksi dan tempatnya, kegiatan menarik selanjutnya akan dibahas di Curug Bibijilan. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di tempat seperti ini.

1. Berenang dan bermain air

Di tingkat air terjun, terdapat kolam alami yang berisi air jernih dan segar. Dimana wisatawan bisa berenang dan bermain air di kolam tersebut. Kedalaman kolam pada setiap tingkatan berbeda-beda, ada yang dalam dan ada yang dangkal.

Pengunjung harus memperhatikan aliran air di kolam sebelum mandi. Jika terasa berat, disarankan untuk tidak berenang. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di Curug Bibijilan.

Anda juga bisa bermain air untuk menikmati sejuknya air di air terjun. Duduk di tepi kolam menyaksikan keindahan air terjun. Bagi wisatawan yang beruntung, Anda bisa melihat monyet di area air terjun.

2. Rubah terbang dan keluar

Bagi Anda yang menyukai aktivitas yang memacu adrenalin juga bisa mendapatkannya di Curug Bibijilan. Apa yang bisa dilakukan wisatawan keluar tantangan atau berpartisipasi dalam kegiatan rubah terbang. Untuk itu, persiapkan fisik dan mental Anda untuk mengikuti berbagai aktivitas menarik di lokasi.

3. Kamp

Pengunjung bisa berkemah di lokasi yaitu membuat tenda dan menikmati keindahan alam hingga malam hari. Anda bisa mendirikan tenda di antara hutan pinus yang siap memanjakan mata.

4. Berburu Foto

Berfoto di Curug Bibijilan adalah hal yang wajib dilakukan. Pesona alam yang indah bisa menambah mengalir Media sosial yang menarik. Ada sejumlah tempat yang bisa diabadikan seperti air terjun, kolam, hutan pinus, dan masih banyak lagi.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Pemasangan air terjun BibijilanKredit Gambar: Instagram ujang dereded12

Curug Bibijilan memiliki kelengkapan fasilitas umum yang disediakan. Fasilitas tersebut tentunya membuat wisatawan merasa lebih nyaman saat berlibur.

Di dalam lokasi Anda akan menemukan toilet umum, mushola dan area parkir kendaraan yang luas. Kawasan ini juga menawarkan gazebo yang bisa digunakan pengunjung untuk beristirahat. Ada juga warung makan yang menawarkan berbagai macam makanan dan minuman.

Bagi sebagian orang, liburan bukan lagi menjadi kebutuhan sekunder melainkan salah satu kebutuhan wajib. Dilihat dari ulasan diatas, Curug Bibijilan sangat cocok untuk dimasuki Daftar Keinginan liburan ketika liburan tiba.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button