Cibodas Sakura Park, destinasi wisata unik dengan konsep khas Jepang di Cianjur - WisataHits
wisatahits

Cibodas Sakura Park, destinasi wisata unik dengan konsep khas Jepang di Cianjur

Cibodas Sakura Park, destinasi wisata unik dengan konsep khas Jepang di Cianjur
Harga tiket: Rp 15.500 Jam operasional: 08.00 – 16.00 WIB, Alamat: Jl. Taman Cibodas, Sindangjaya, Kec. Cipanas, Kab. Cianjur, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Taman Sakura Cibodas, bagi para traveler sejati tentunya tahu tempat wisata yang sedang hits ini. Keindahan dan keindahan alam yang luar biasa menjadi daya tarik tersendiri. Seperti namanya, tempat ini menampilkan keindahan bunga sakura yang mekar pada musimnya. Seperti yang kita ketahui, bunga ini merupakan ciri khas Negeri Matahari Terbit.

Dengan suhu udara dan kondisi iklim yang hampir mirip, bunga berwarna merah muda ini bisa tumbuh subur di kawasan Cianjur. Memang tidak semuanya, hanya di daerah yang memiliki iklim dingin dan ketinggian tertentu yang bisa tumbuh bunga ini. Tentu bukan itu saja yang menarik, tempat ini selalu ramai karena banyak yang bisa dilihat.

Di Jepang, setiap tahun, bunga sakura bermekaran dan terlihat sangat menakjubkan. Hanya sekitar satu tahun, orang Jepang mempraktekkan Hanami, yaitu budaya piknik bersama untuk menikmati keindahan bunga sakura yang bermekaran. Di sini tidak hanya setahun sekali, tetapi Anda bisa melihatnya mekar dua kali setahun.

Atraksi taman Cibodas Sakura

Objek Wisata Taman Sakura Cibodas CianjurKredit gambar: Facebook Purima Travel

Kebun Raya Cibodas, inilah tempat objek wisata Taman Sakura Cibodas berada. Masyarakat Cianjur tentu sangat mengenal taman tersebut karena sangat terkenal. Tempat yang akan kita bahas kali ini hanyalah sebagian saja dengan berbagai atraksinya.

1. Taman Bunga Sakura

Daya tarik yang pertama tentunya karena terdapat taman bunga sakura yang sangat indah. Sepanjang jalan di kawasan ini Anda akan melihat bunga-bunga cantik dengan ciri khas warna merah jambu. Tanpa ragu, taman ini memiliki luas 7.000 meter persegi. Sebenarnya keberadaan bunga ini sudah ada sejak tahun 1963.

Namun saat itu jumlahnya tidak terlalu banyak, hanya beberapa tanaman yang ditanam. Pada tahun 2007, Taman Sakura Cibodas diresmikan dan dibuka untuk umum. Lokasinya tidak jauh dari Lembah Cibogo yang juga merupakan bagian dari Kebun Raya Cibodas.

Perlu diketahui bahwa kebun raya yang menjadi ikon kota Cianjur ini terletak di kaki Gunung Gede Pangrango. Kondisi ketinggian dan suhu semakin mendukung mekarnya pohon sakura yang indah. Pengunjung yang datang rata-rata tidak hanya menyaksikan keindahannya tapi juga piknik santai bersama keluarga atau pasangan.

2. Mekar dua kali setahun

Seperti disebutkan pada pembukaan di atas, bunga sakura biasanya hanya mekar setahun sekali. Ini tidak terjadi ketika Anda berada di Taman Sakura Cibodas, karena bisa mekar dua kali setahun. Bahkan durasinya terbilang cukup lama dibandingkan bunga sakura yang mekar di Jepang.

Paling tidak, Anda bisa menentukan waktu kunjungan selama sebulan. Ini karena bunga sakura mekar pada bulan Januari hingga Februari. Pembungaan berikutnya berjarak 6 bulan, tepatnya dari Agustus hingga September. Dengan keunikan tersebut, Anda lebih leluasa dalam menentukan waktu kunjungan.

3. Cara air yang unik

Daya tarik lain Cibodas Cianjur Sakura ParkKredit gambar: Google Maps Erwan Prasetyo

Obyek wisata di Cianjur ini tidak hanya memiliki daya tarik diatas saja, ada hal lain yang mungkin akan lebih anda minati. Jalan Air adalah salah satu yang ada di Taman Sakura Cibodas yang biasanya sangat populer di kalangan anak-anak. Disebut jalur air karena sebenarnya merupakan tempat lalu lintas kendaraan.

Namun jalan ini dialiri air yang cukup deras dan kondisinya sangat jernih. Di tengah aliran sungai terdapat bebatuan yang tersusun tidak beraturan sehingga terlihat semakin eksotik. Dilihat dari kejauhan, mungkin terlihat seperti sungai, tetapi sebenarnya tidak. Debit airnya hanya sebatas mata kaki dan tidak terlalu lebar.

Bermain disini sangat aman, kondisi air tidak perlu dikhawatirkan. Di luar permainan, biasanya banyak pengunjung yang memanfaatkan eksotismenya untuk mengabadikan momen. Lebih bagus kalau dalam bentuk foto, tapi tidak masalah meski diabadikan dalam bentuk video karena suara merdu aliran air yang terdengar.

4. Air Terjun Cibogo

Objek wisata di Taman Sakura Cibodas selanjutnya adalah Air Terjun Cibogo. Curug dalam bahasa setempat berarti air terjun. Meski tidak berada di tempat yang sama, jaraknya sangat dekat bahkan bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 8 meter yang dipenuhi tumbuhan hijau di sisi kanan dan kirinya.

Seperti air terjun pada umumnya, terdapat juga cekungan yang dihiasi bebatuan dengan ukuran berbeda. Beberapa kolam ini tidak terlalu dalam sehingga dapat digunakan dengan aman untuk aktivitas air. Jika Anda berkunjung ke Kebun Raya Cibodas tanpa mampir ke air terjun ini, liburan Anda dinilai kurang sempurna.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Taman Sakura Cibodas, CianjurKredit gambar: Facebook N Siti Nurjanah HIbramsyah

Bagaimana menuju ke Taman Sakura Cibodas? Pertanyaan ini mungkin penting bagi Anda, terutama bagi mereka yang tinggal di luar wilayah Cianjur. Pertama, Anda perlu mengetahui alamat lengkapnya yaitu Jalan Taman Cibodas, Sindangjaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Ada banyak rute untuk menuju alamat ini, namun yang tercepat adalah melalui Jalan Labuan – Cianjur. Jarak dari alun-alun sekitar 24 kilometer, Anda juga membutuhkan waktu setidaknya 1 jam untuk sampai ke lokasi. Misalkan Anda sedang berada di alun-alun, silakan menuju ke arah Jalan Labuan – Cianjur dan mundur ke Jalan Pahlawan.

Destinasi selanjutnya adalah Jalan Kemang, disini kondisi jalannya tidak terlalu bagus. Pasalnya, ada banyak belokan yang harus Anda lalui. Belum lagi jalur yang dijamin menanjak seperti gunung-gunung lainnya. Namun menemukan Taman Sakura Cibodas dari titik ini tidak begitu sulit, karena tersedia banyak petunjuk arah.

Saat menemukan pintu masuk, jarak menuju objek wisata ini sudah dekat. Dari pintu masuk Kebun Raya Cibodas III jarak tempuh menuju tempat wisata kurang lebih 750 meter. Anda tidak perlu berjalan kaki untuk sampai ke sana, karena Anda dapat menemukan tempat parkir mobil di tempat-tempat wisata utama. Jika masih bingung, sebaiknya gunakan peta digital seperti GPS atau Google Maps.

Harga tiket masuk objek wisata

Tiket Taman Sakura Cibodas CianjurKredit gambar: Google Maps Firdaus M Noor

Taman Sakura Cibodas terbuka untuk umum, artinya semua wisatawan bisa menikmati keindahannya. Tidak hanya turis lokal, tapi juga turis mancanegara. Namun, Anda harus menyiapkan tiket masuk sebelum berkunjung. Untuk wisatawan lokal dan mancanegara tidak ada perbedaan biaya masuk, namun untuk hari yang berbeda.

Jika Anda datang pada hari kerja siapkan dana sebesar Rp 15.500 per orang. Sedangkan jika datang berlibur, tiket masuk akan dinaikkan menjadi 25.500 per orang, wisatawan lokal maupun mancanegara. Atraksi ini juga menawarkan penyewaan sepeda dengan biaya tambahan.

Pada hari-hari aktif, Anda dapat menyewa sepeda untuk berkeliling lokasi hanya dengan 15.000 rupee. Namun jika datang saat akhir pekan, harga tiket sepeda naik menjadi Rp 25.500. Semua biaya yang disebutkan di atas belum termasuk biaya parkir. Anda harus membayar 5.000 jika membawa sepeda motor, sedangkan mobil biayanya 20.000 rupee.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Cibodas Sakura Park

Kegiatan Taman Sakura Cibodas CianjurKredit gambar: Google Maps Maeen Alfaqeeh

Mengunjungi Taman Sakura Cibodas belum lengkap jika belum melakukan berbagai aktivitas di sana. Hati-hati, banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sini, semuanya dijamin menarik. Baik Anda datang bersama keluarga atau pasangan, kegiatan ini sepertinya tidak dapat dihindari!

1. Piknik keluarga

Sebagian besar pengunjung yang datang ke sini bertujuan untuk piknik bersama keluarga. Bahkan, bukan hanya wisatawan yang datang bersama keluarga, melainkan untuk semua kalangan. Pasangan muda juga sering melakukan kegiatan ini sambil menikmati keindahan bunga sakura.

Kegiatan ini mirip dengan apa yang dilakukan orang Jepang saat musim bunga sakura. Hanami adalah nama budaya yang dilakukan setahun sekali. Tentu tidak hanya sekedar menikmati keindahannya saja, melainkan menikmati makanan dan minuman yang disajikan. Suasana pegunungan semakin mendukung kegiatan ini sehingga semakin menarik.

2. Mengunjungi Air Terjun Cibogo

Tak jauh dari lokasi Taman Sakura Cibodas, terdapat sebuah air terjun yang indah dan menawan. Tidak ada salahnya mengunjunginya untuk mendapatkan suasana baru. Selain itu, sangat dekat dengan wisata alam utama. Tidak ada alasan untuk tidak mengunjungi dan mengagumi keindahan air yang mengalir dari atas ke bawah.

3. Mainkan air

Kegiatan selanjutnya adalah bermain air, biasanya anak-anak menyukai kegiatan ini. Mereka bisa bermain air di jalur air yang sudah dijelaskan di atas. Selain itu, bisa juga saat berada di air terjun. Saat bermain di Cibodas Sakura Park sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena dangkal, namun kondisinya agak licin.

4. Buat konten

Untuk pembuat konten, perjalanan bukan hanya tentang penyembuhan atau refleksi diri. Plus, mereka biasanya bertujuan untuk membuat konten yang menarik. Memang saat itu konten wisata mulai populer. Anda bisa membuat konten berupa foto atau video, tergantung kebutuhan Anda.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Taman Sakura Cibodas CianjurKredit Gambar: Model Photostudio Facebook

Fasilitas Taman Sakura di Cibodas sangat lengkap, Anda tidak perlu khawatir selama berkunjung. Jika kehabisan perbekalan selama perjalanan, ada warung yang menyediakan makanan. Ada juga toilet dan tempat ibadah, silahkan digunakan jika perlu. Selain itu tentunya terdapat tempat parkir dan beberapa titik dilengkapi dengan gazebo atau tempat duduk.

Mengunjungi objek wisata bukanlah program wajib bagi kebanyakan orang. Namun saat traveling, banyak hal penting yang bisa didapatkan, salah satunya adalah penyembuhan atau sebagai sarana relaksasi. Nah jika anda mengunjungi tempat wisata alam seperti Taman Sakura Cibodas yang akan kami bahas kali ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button