Air Terjun Pangeran Bogor - WisataHits
wisatahits

Air Terjun Pangeran Bogor

Air Terjun Pangeran Bogor

air terjun pangeran adalah salah satu dari tempat wisata alam di bogor, Jawa barat. Air terjun ini terletak di kaki Gunung Bunder yang merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Bepergian ke air terjun pangeranAnda akan disuguhkan dengan pemandangan air terjun yang sangat mempesona dengan berbagai atraksinya.

riam-pangeran-bogor

Air Terjun Pangeran Bogor

Bogor dikenal sebagai daerah yang memiliki banyak tempat wisata berupa air terjun. Bahkan kota berjuluk kota hujan ini disebut-sebut sebagai satu-satunya kota di Indonesia yang memiliki air terjun terbanyak.

Selain air terjun yang sudah teridentifikasi dan diberi nama seperti Curug Pangeran, Curug Bidadari, Curug Ciherang, Curug Luhur, Curug Leuwi Hejo dan Curug Leuwi Lieuk, di kota ini masih banyak terdapat air terjun lain yang sudah ditemukan namun belum ditemukan. bernama.

Curug Pangeran sendiri telah menjadi salah satu tempat wisata yang terkenal dan termasuk dalam tempat wisata favorit di kota bogor.

air terjun-gunung-pangeran-salak

Saat liburan, air terjun ini biasanya banyak didatangi pengunjung yang datang tidak hanya dari kota Bogor tetapi juga dari kota-kota lain termasuk Jakarta.

Tidak heran hal ini terjadi. Siapa pun yang pernah ke air terjun ini pasti setuju bahwa keindahan Air Terjun Pangeran tidak ada duanya.

Tak heran jika air terjun ini menjadi salah satu destinasi utama jika sedang atau akan mengunjungi kota Bogor.

Atraksi Air Terjun Pangeran

Curug Pangeran sebenarnya lebih rendah dari air terjun lain di Bogor yang juga dijadikan tempat wisata dari segi jumlah pengunjung.

Misalnya, jika dibandingkan dengan Curug Ciherang atau Curug Bidadari, pengunjung Air Terjun Pangeran jauh lebih sedikit.

Namun inilah nilai terpenting dari Curug Pangeran menurut para penggemarnya.

Justru karena jumlah pengunjung setiap harinya tidak terlalu tinggi, maka wisatawan yang datang akan lebih leluasa menikmati keindahan air terjun dan melakukan aktivitas wisatanya.

air terjun-pangeran-halimun-salak

Apalagi, daya tarik air terjun ini bahkan sudah bisa dirasakan jauh sebelum sampai di lokasi air terjun. Karena saat Anda berjalan di sepanjang jalur 500 meter menuju lokasi, Anda juga akan disuguhi pemandangan alam yang indah.

Kemudian setelah sampai di lokasi air terjun, keindahan kawasan air terjun dengan objek air terjun dan suasana tenang di sekitarnya akan menghadirkan kenyamanan yang tak terlukiskan.

Anda bisa langsung menyejukkan diri di kolam alami di bawah air terjun, atau menghirup udara di area sekitar air terjun sambil menikmati semilir angin yang membelai tubuh Anda.

Mitos Pangeran Curug

Selain keindahannya yang mempesona, Curug Pangeran ternyata memiliki mitos yang masih dipercaya terutama oleh masyarakat sekitar.

Mitosnya air terjun ini akan memiliki khasiat yang ampuh untuk membawa pendamping. Jadi, jika Anda belum menikah dan percaya mitos, segera kemasi tas Anda dan mandi di Curug Pangeran.

Aktivitas Wisata di Curug Pangeran

Banyak sekali kegiatan wisata yang bisa Anda lakukan di Curug Pangeran. Beberapa di antaranya yang cukup menarik untuk dicoba adalah:

1. Mendaki

kaskade-pangeran-ranggon-bukit

Mau tidak mau, pengunjung harus menempuh jalur sepanjang 500 meter untuk sampai di lokasi Pangeran Curug.

Nah, bagi para pecinta trekking, perjalanan menuju Curug Pangeran dari tempat parkir ini akan sangat menyenangkan karena selain bisa menyalurkan hobi trekking mereka juga akan disuguhi pemandangan indah berbagai tanaman dan pepohonan yang rindang.

belum lagi banyak tempat atau sebuah kawasan di tengah perjalanan yang asri dan cocok sebagai tempat berfoto.

Jadi untuk menghangatkan kamera, Anda juga bisa mengambil beberapa bidikan di jalan ini.

2. Berenang

mitos-curug-pangeran

Air Pangeran Curug yang bersih dan jernih tentu akan sangat menggoda untuk segera dinikmati.

Anda bisa merasakan kesejukan air terjun ini sambil berenang di kolam alami yang berada persis di bawah air terjun.

Bagi Anda yang suka dan tahu cara berenang, Anda bisa berenang ke tengah kolam yang dalamnya sekitar 5 meter.

Namun bagi Anda yang tidak bisa berenang, Anda bisa berenang di samping kolam yang kedalamannya selalu dalam batas aman.

3. Lompat batu

Sebagai Curug Leuwi HejoCurug Pangeran juga cocok dan sering digunakan wisatawan untuk mencoba keberanian dengan melompat dari atas tebing dan menyelam ke permukaan air kolam.

Ketinggian tebing yang tidak terlalu tinggi dan dasar kolam yang cukup dalam membuat aktivitas lompat tebing cukup aman dilakukan di air terjun ini.

4. Berburu Foto

spot-foto-curug-pangeran

Bagi Anda yang suka tampil gaya di depan kamera, keindahan Curug Pangeran juga sangat cocok sebagai lokasi pemotretan.

Anda bisa memilih beberapa spot foto di air terjun ini, salah satunya di sekitar kolam alami.

Di area ini Anda bisa berfoto dengan dasar kolam alami. Airnya yang bersih dan terlihat hijau pasti akan membuat foto Anda semakin cantik.

5. Perkemahan

cascade-camping-du-prince

Di sekitar Curug Pangeran juga terdapat lahan datar yang sering dijadikan lokasi berkemah.

Jadi jika Anda menyukai kegiatan ini, Anda juga bisa berkemah di sini dengan membayar biaya sewa permukaan hanya beberapa puluh ribu.

Namun ternyata di tempat ini masih belum tersedia persewaan tenda camping. Jadi jika Anda memang berniat untuk camping dari rumah, sebaiknya membawa tenda sendiri dan perlengkapan lainnya.

Lokasi Air Terjun Pangeran

Minimnya pengunjung yang datang ke Curug Pangeran kemungkinan karena letaknya yang cukup jauh dari kota Bogor.

Lokasi air terjun ini bila diakses dari pusat kota cukup terpencil, sekitar 30 kilometer dengan perkiraan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Adapun alamatnya, air terjun ini beralamat lengkap di Desa Gunung Picung, Pamijahan, BogorJawa barat.

alamat-curug-pangeran

Jam Buka Pangeran Curug

Curug Pangeran buka setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 16:00 WIB. Untuk waktu terbaik berkunjung, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengunjungi air terjun ini terlebih dahulu di pagi hari agar Anda lebih puas menjelajahi semua yang ada.

Harga Tiket Masuk Pangeran Curug

Untuk memasuki kawasan Curug Pangeran, Anda harus terlebih dahulu memasuki kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Artinya tiket masuk yang perlu dibeli juga mencakup dua jenis tiket, yaitu Tiket Masuk Taman Nasional dan Tiket Masuk Taman Nasional. Tiket Masuk Pangeran Curug.

tiket-masuk-curug-pangeran

Tapi jangan khawatir, harga tiket untuk kedua tempat ini secara total masih cukup terjangkau. Untuk memasuki kawasan taman nasional, Anda hanya perlu membeli tiket yang dijual dengan harga Rp 20.000 per orang.

Sedangkan untuk masuk ke kawasan Curug Pangeran, harga tiket yang harus Anda bayarkan hanya Rp 10.000.

Tabel Harga Tiket Masuk Curug Pangeran 2018 – 2019

Jenis tiket Harga
tiket taman nasional Rp20.000
Tiket Pangeran Curug Rp 10.000

Fasilitas Pangeran Curug

Meski pengunjung tidak terlalu ramai, namun fasilitas yang tersedia di air terjun ini cukup lengkap.

Anda juga akan menemukan fasilitas umum seperti di tempat wisata lainnya seperti tempat parkir, ruang flushing, mushola dan toilet.

Selain itu, di sekitar kawasan juga terdapat beberapa warung yang menjual makanan dan minuman mulai dari makanan ringan hingga makanan berat.

Ada juga beberapa gazebo atau gubuk sebagai tempat peristirahatan para wisatawan.

fasilitas-curug-pangeran

Baca juga: Air Terjun Bogor Luhur mempesona

Air Terjun Pangeran Bogor bisa menjadi alternatif tujuan wisata bagi anda dan keluarga selama berada di kota Bogor. Meski belum banyak diketahui saat ini, namun keindahan dan kelengkapan fasilitas yang ada sudah cukup membuatnya layak menjadi salah satu tempat wisata utama kota bogor.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button