Curah hujan tinggi, Sandiaga Uno minta pengelola destinasi wisata waspada - WisataHits
Jawa Barat

Curah hujan tinggi, Sandiaga Uno minta pengelola destinasi wisata waspada

TEMPO.CO, jakarta – Tidak hanya masyarakat umum yang harus mewaspadai hujan deras yang akhir-akhir ini terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Uno mengimbau pengelola destinasi meningkatkan kewaspadaan dan menyiapkan langkah-langkah mitigasi untuk mengantisipasi potensi bencana alam yang dapat mengancam keselamatan wisatawan.

“Kami menghimbau kepada pengelola pariwisata berupa pembinaan mengenai potensi cuaca yang berubah dengan cepat pada saat hujan deras sehingga seluruh destinasi wisata khususnya desa wisata dapat meningkatkan kewaspadaannya,” kata Sandiaga dalam keterangannya, Senin, 10 Oktober 2018. 2022.

Menurut Sandiaga, pengelola pariwisata harus mewaspadai kemungkinan potensi bencana hidrometeorologi berupa banjir, longsor, pohon tumbang dan angin kencang akibat kondisi cuaca ekstrem, terutama untuk kegiatan di alur sungai yang sumbernya di Gunung Merapi. dan destinasi di lereng yang berpotensi bencana tanah.

Sandiaga juga meminta manajemen dan semua pihak yang terlibat untuk bersiap mengumpulkan informasi dan mengikuti pelatihan menghadapi hujan lebat yang berpotensi menyebabkan tanah longsor. “Kami berkoordinasi dengan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) dan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dan tim SAR (Search and Rescue) setempat dan telah membentuk Crisis Management Team dari Dinas Pariwisata dan Industri Kreatif untuk bekerja sama meningkatkan kesiapsiagaan. dan SOP penanganan krisis pariwisata,” ujarnya.

Bencana akibat hujan deras melanda salah satu destinasi wisata di Tulungagung yaitu Pantai Gemah. Kawasan wisata tersebut dilanda banjir dan tanah longsor pada Senin malam. Akibatnya, bangunan dan infrastruktur di sekitar pantai rusak, termasuk warung.

Baca juga: Kawasan wisata Pantai Gemah di Tulungagung rusak akibat banjir dan longsor

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terbaru dan berita unggulan dari Tempo.co di saluran Tempo.co Update Telegram. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button