Ridwan Kamil berharap Bendung Ciawi dan Sukamahi menjadi tempat wisata - WisataHits
Jawa Barat

Ridwan Kamil berharap Bendung Ciawi dan Sukamahi menjadi tempat wisata

Ridwan Kamil berharap Bendung Ciawi dan Sukamahi menjadi tempat wisata

Merdeka.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau langsung proses pembangunan bendungan Ciawi dan Sukamahi di Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Senin (25 Juli). Ia berharap kedua bendungan itu bisa menjadi objek wisata sekaligus pengendali banjir.

“Ini adalah dua dari sekitar sembilan bendungan di Jawa Barat yang dibangun pada era Presiden Jokowi. Saya datang untuk memastikan persiapannya benar. Karena sebentar lagi akan selesai dan diresmikan oleh Pak Jokowi,” ujarnya.

Artikel media taboola

Ia mengungkapkan, Bendungan Ciawi dan Sukamahi sangat strategis sebagai pengendali banjir, terutama di jakarta. Karena mengurangi volume air di Sungai Ciliwung, terutama saat musim hujan.

“Jika dua bendungan ini selesai dibangun, akan mengurangi debit air yang sebelumnya dialirkan ke Ciliwung yang melintasi Jakarta. Sehingga proyek yang bernilai hampir 1,6 triliun rupiah itu mampu mengurangi jumlah air saat musim hujan. ” dia berkata.

Pria yang akrab disapa Emil ini juga berharap kedua bendungan itu bisa menjadi tempat wisata setelah selesai dibangun. Karena lokasinya di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor.

“Bisa jadi wisata air. Sehingga bendungan ini tidak hanya bersifat teknis, tetapi juga memiliki nilai ekonomis. Untuk pengelolaannya dapat dilakukan oleh pihak ketiga atau oleh pemerintah daerah. Tapi yang jelas tetap aset negara tapi bisa juga instagrammable,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane (BBWSCC) Bambang Heri Mulyono mengatakan sejauh ini progres pembangunan kedua bendungan tersebut telah mencapai 87 persen dan akan selesai dalam dua bulan ke depan.

“Masalahnya cuaca, karena banyak hujan dan bangunan dipenuhi tanah, jadi kita harus selalu mengontrol kadar air. Progresnya 87 persen. Itu akan siap dalam satu atau dua bulan ke depan,” katanya.

Baca juga:
Ridwan Kamil Sarankan Baim Wong: Tidak Semuanya Komersial, Cabut HKI Sekarang
Ridwan Kamil kagum dengan sosok ibu tua ini, rumahnya siap dirusak demi sholat
Anies Berharap Jokowi dan Ridwan Kamil Hadiri Pembukaan Jakarta International Stadium
Momen Ridwan Kamil Meriahkan Citayam Fashion Week, Bersama Ojol Mengaku kepada Model Dunia
Kagumi deretan lukisan Ridwan Kamil di Tanah Suci
Remaja ‘SCBD’ Telpon Gubernur DKI Ridwan Kamil dari Jakarta, Ini Tanggapan Pilu Anies

Source: www.merdeka.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button