Coban Sewu, air terjun alam yang indah kaya akan pesona - WisataHits
wisatahits

Coban Sewu, air terjun alam yang indah kaya akan pesona

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 07.00-15.00 WIB, Alamat: Jl.Raya Sidomulyo, Besukcukit, Sidomulyo, Kec. Pronojiwo, Kab. Lumajang, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Coban Sewu adalah salah satu tempat wisata alam terbaik di provinsi Jawa Timur. Lokasinya berada di dua kabupaten, yakni Lumajang dan Malang. Air terjun ini konon memiliki pemandangan alam yang luar biasa dan sangat menarik bagi wisatawan.

Salah satu hal yang paling menarik dari air terjun ini adalah kemiripannya dengan Air Terjun Niagara di Amerika. Banyak wisatawan yang percaya bahwa air terjun ini mirip dengan air terjun Niagara alias Air Terjun Niagara karena keduanya adalah jenis di beberapa level atau berlapis-lapis.

Di bawah ini adalah informasi lebih lanjut tentang Air Terjun Coban Sewu, juga dikenal sebagai Air Terjun Tumpak Sewu. Ada berbagai informasi yang mungkin dibutuhkan wisatawan, termasuk harga tiket, alamat, dan petunjuk arah menuju lokasi.

Daya Tarik Coban Sewu

Atraksi Coban SewuKredit Gambar: Twitter.com @sunriseinbromo

Coban Sewu mungkin belum dikenal masyarakat luas hingga sekitar 8-10 tahun yang lalu. Karena masih tergolong “baru” untuk ukuran sebuah tempat wisata alam, maka daya tarik dari tempat wisata ini cukup besar. Berikut hal-hal yang dianggap menarik dari tempat wisata air terjun ini.

1. Air Terjun Asri

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 120 meter. Hal ini membuat air terjun ini menjadi pemandangan yang sangat indah, apalagi jika dilihat dari ketinggian. Air terjunnya juga selalu asri dan dikelilingi hutan hijau yang enak dipandang.

Air terjun ini juga memiliki jenis di beberapa level atau berlapis-lapis. Seperti yang disebutkan sebelumnya, ini membuatnya mirip dengan Air Terjun Niagara. Alhasil, semakin banyak orang yang tertarik datang ke tempat ini untuk berwisata.

2. Suasana tenang dan sejuk

Tidak seperti tempat wisata kebanyakan, Air Terjun Tumpak Sewu masih relatif tidak terlalu ramai pengunjung. Oleh karena itu, jika Anda datang pada jam sepi, suasana yang tenang dan sejuk akan sangat disukai wisatawan.

Hal ini tentunya cocok jika wisatawan memang ingin datang ke suatu tempat dimana mereka bisa bersantai dan melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Tempat ini cocok karena udaranya segar, bersih dan pemandangannya indah.

3. Dikelilingi oleh tebing-tebing yang eksotis

Bagaikan air terjun, sirkuit alam ini dikelilingi oleh tebing-tebing yang tampak eksotis. Tebingnya menjulang tinggi dan sekitarnya dikelilingi oleh pepohonan dan hutan yang hijau. Suasana menjadi sangat asri dan sejuk untuk ditonton.

Tebing-tebing ini juga memberikan peluang besar bagi para pecinta fotografi untuk mengambil foto yang indah. Banyak orang datang ke tempat wisata ini karena tujuannya untuk berburu foto, terutama yang bertemakan alam.

4. Mirip dengan Air Terjun Niagara

Seperti disebutkan di atas, suasana dan bentuk Air Terjun Tumpak Sewu memiliki kemiripan dengan Air Terjun Niagara atau Niagara Falls yang berada di Amerika Serikat. Keduanya adalah tipe air terjun di beberapa level atau sepertinya dia memakai popok.

Air Terjun Niagara lebih tinggi dari Tumpak Sewu. Namun, sekilas mirip dan ini banyak disadari oleh wisatawan. Jadi daripada pergi ke USA untuk pergi ke USA hanya untuk melihat air terjun, Tumpak Sewu sudah lebih dari cukup.

Atraksi Coban SewuKredit gambar: Google Maps (Ivan Permana)

5. Memiliki banyak sumber air

Jika umumnya air terjun hanya berasal dari satu sumber air, maka Coban Sewu berbeda. Air terjun ini memiliki banyak sumber air, sehingga ada lebih dari satu tumpahan air yang jatuh dan membuat pemandangan menjadi sangat indah.

Inilah sebabnya mengapa nama air terjun ini mengandung kata “sewu” yang berarti “seribu”. Banyaknya cipratan air dari atas seolah-olah berarti ada ribuan sumber air di balik air terjun ini, meski jelas ini hanya kiasan.

6. Berada di dua kabupaten sekaligus

Salah satu yang paling unik dari air terjun ini adalah lokasinya yang sebenarnya berada di dua kabupaten: Malang dan Lumajang. Jadi, ketika kita berada di tempat wisata ini, kita berada di dua kabupaten sekaligus.

Hal ini juga yang membuat tempat wisata ini cocok untuk anda yang sedang berwisata di Malang-Lumajang karena air terjun ini bisa dikunjungi ketika kita sedang berada di Malang atau Lumajang.

7. Banyak Spot Instagramable

Anak muda zaman sekarang tidak bisa hidup tanpa mengunggah foto atau informasi terbaru di Instagram atau media sosial lainnya. Jika Anda membutuhkan stok foto untuk diunggah ke Instagram, Tumpak Sewu bisa menyediakan spot foto yang diklaim Instagramable.

Salah satu tempat yang paling sering digunakan untuk foto adalah tangga batu. Tangga batu di bawah air terjun memiliki pemandangan yang indah dan memiliki latar belakang Coban Sewu. Namun, hati-hati jika ingin berfoto di sini ya, karena cukup curam dan licin.

Alamat, lokasi rute dan harga tiket masuk

Alamat Coban SewuKredit gambar: Google Maps (Muhamat Cahyo)

Lokasi air terjun ini berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo. Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Untuk bisa kesini lebih baik menggunakan kendaraan pribadi karena tidak banyak angkutan umum yang bisa mengantar kita kesana.

Dari Kabupaten Lumajang, langsung saja ke barat dan menuju lokasi tugu perbatasan dengan Kabupaten Malang. Di sekitar tugu akan ada penunjuk arah yang akan mengarahkan kita ke lokasi air terjun ini.

Biaya masuk ke tempat wisata air terjun ini cukup murah yaitu sekitar Rp 10.000 per orang. Ditambah dengan biaya parkir yang juga tidak terlalu mahal, tempat ini tergolong murah untuk dipertimbangkan.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Coban Sewu

Aktivitas Seru di Coban SewuKredit Gambar: Instagram.com @michaeltimothyhalim

Ada berbagai hal yang dapat dilakukan ketika mengunjungi Coban Sewu. Tempatnya memang sangat asri dan jauh dari hiruk pikuk suasana kota sehingga bisa menjadi tempat liburan yang nyaman dan menikmati suasananya. Berikut adalah daftar hal yang dapat dilakukan di sana.

1. Kunjungan

Salah satu hal yang paling mudah dilakukan adalah melihat pemandangan. Jika kita sangat menyukai pemandangan alam, terutama pemandangan yang begitu indah dan hijau, suasana di sekitar air terjun ini akan memanjakan kita.

Air terjunnya masih sangat asri dan alami. Tidak banyak “jejak” benda-benda buatan manusia yang bisa ditemukan. Suasananya segar, asri dan hijau karena air terjunnya masih dikelilingi hutan alam dan pepohonan.

2. Bersantai dan bersantai

Bagi yang ingin bersantai dan melepas lelah, Air Terjun Coban Sewu bisa menjadi tempat yang cocok. Suasananya cukup asri dan jelas udaranya segar dan bersih. Jika Anda hanya ingin beristirahat dan bersantai, ini adalah tempat untuk melakukannya.

Banyak wisatawan yang datang ke tempat ini karena bosan dan lelah dengan kesibukan sehari-hari, sehingga mereka memilih untuk datang ke tempat yang indah dan alami, salah satunya adalah Tumpak Sewu tentunya.

3. Fotografi

Banyak fotografer yang mencari foto background natural datang ke Tumpak Sewu. Tempatnya memang sangat indah dan pasti layak diabadikan dengan kamera. Tempat ini juga menarik minat anak muda untuk melakukannya selfie di berbagai sudut Tumpak Sewu.

Jika Anda ingin melakukan selfie atau mengambil gambar, pastikan Anda melakukannya dengan hati-hati karena meskipun indah tempat ini masih merupakan wahana air terjun alami, beberapa area licin dan berlumut. Jangan pergi karena asyik berfoto, kami mengabaikan keamanan.

4. Meditasi

Jika Anda datang pada hari kerja (bukan pada bulan-bulan wisata, seperti pertengahan dan akhir tahun), suasana tenang akan tercipta di sekitar air terjun ini. Yang bisa Anda dengar hanyalah suasana gemericik air dan kicauan burung.

Hal ini membuat suasana Coban Sewu kondusif untuk meditasi. Jika seseorang membutuhkan tempat untuk meditasi di tengah alam dengan udara yang segar, bersih dan pemandangan yang indah, air terjun ini adalah tempat untuk Anda.

Aktivitas di Coban SewuKredit Gambar: Instagram.com @fifinmaidarina

5. Arung Jeram

Sungai di dasar air terjun ini memiliki aliran yang tidak terlalu deras namun masih cukup menantang. Akibatnya, arung jeram menjadi sangat populer di sini. Banyak wisatawan yang tertarik untuk menyusuri sungai dan arung jeram.

Pengelola objek wisata menyediakan fasilitas untuk arung jeram dan kami dapat berkoordinasi dengan mereka jika ingin mencoba kegiatan ini. Arung jeram cukup menantang dan bisa memompa adrenalin Anda.

6. Menginap di homestay

Jika sudah larut malam atau gelap tapi tidak mau beranjak, ada baiknya menginap di homestay yang terletak di sekitar air terjun. Homestay di tempat wisata ini dikelola langsung oleh warga sekitar.

Oleh karena itu, homestay dapat disewa dengan harga yang tidak terlalu mahal dan sangat cocok untuk para backpacker atau orang-orang yang melakukan perjalanan dengan budget yang tidak terlalu besar.

7. Perkemahan

Banyak orang menikmati kegiatan Di luar, salah satunya adalah berkemah. Berkemah atau camping bisa dilakukan di Coban Sewu. Pihak pengelola pariwisata mengizinkan dan memungut biaya sekitar Rp 35.000 bagi wisatawan untuk mendirikan tenda.

Menghabiskan malam di sini tentu menjadi hal yang unik dan menarik bagi banyak orang. Suasana malam air terjun ini juga indah karena terkadang sinar bulan terlihat jelas dan suara gemericik air dari air terjun masih akan terdengar hingga malam hari.

Fasilitas yang tersedia di Coban Sewu

Fasilitas di Coban SewuKredit gambar: Google Maps (Achmad Ridwan)

Fasilitas yang disediakan pengelola wisata di Coban Sewu cukup luas. Ada toilet, toko suvenir dan tempat ibadah yang disediakan di sini. Pengelola juga telah menyediakan tempat parkir yang cukup luas, cocok untuk parkir kendaraan roda dua atau empat.

Untuk parkir motor, wisatawan biasanya akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000. Sedangkan untuk kendaraan roda empat atau mobil, biaya parkirnya sekitar Rp 5.000. Harganya cukup murah mengingat parkir di tempat wisata.

Fasilitas yang belum tersedia adalah yang berkaitan dengan gastronomi. Tidak ada food court atau penjaja makanan di lokasi wisata, jadi disarankan untuk membawa bekal sendiri saat berkunjung ke tempat ini.

Itulah informasi penting terkait air terjun di Jawa Timur ini. Jika Anda sedang berwisata ke Malang atau Lumajang, air terjun ini memang masuk dalam daftar tempat yang harus dikunjungi. Tidak ada salahnya datang ke Coban Sewu karena pemandangannya memang indah.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button