Coban Sewu, Pesona Air Terjun yang Indah dan Indah di Jawa Timur - WisataHits
wisatahits

Coban Sewu, Pesona Air Terjun yang Indah dan Indah di Jawa Timur

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Dadapan Wetan, Desa Bendosari, Kec. Pujon, Kab. Malang, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Bagi Anda yang puas dengan suasana alam dan sejuk pegunungan, Anda bisa mencoba mengunjungi Air Terjun Coban Sewu yang terletak di kawasan perbatasan antara Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang.

Memiliki pesona alam yang luar biasa, menjadikan air terjun ini salah satu kawasan wisata utama di Malang dan Lumajang. Pesona alamnya mampu memukau setiap pasang mata yang melihatnya. Selain itu kesegaran dan kesegaran alam di kawasan wisata air terjun ini juga memiliki suasana yang bisa mendamaikan hati dan pikiran.

Dengan berlibur di Coban Sewu, Anda bisa menghilangkan kejenuhan dan kepenatan kehidupan sehari-hari yang tidak lepas dari masalah, baik di sekolah maupun di tempat kerja. Tempat wisata ini juga bisa menjadi pilihan bagi Anda yang mencari destinasi wisata keluarga.

Daya Tarik Coban Sewu

Atraksi Coban SewuKredit gambar: Google Maps Fahad Aldrees

1. Tebing Perawan

Dulunya, tebing ini merupakan pintu masuk sebelum memasuki kawasan Coban Sewu. Lokasinya tepat di kaki tebing. Sebelum mencapai tebing ini, Anda harus mendaki sekitar 800m dari area air terjun utama. Jalur yang akan Anda lalui cukup terjal dengan bebatuan yang licin. Oleh karena itu, Anda harus selalu berhati-hati saat bepergian ke Virgin Cliff.

2. Gua Bidadari

Berbeda dengan tebing yang masih alami, medan yang akan Anda lalui untuk menuju kawasan Gua Bidadari cukup landai dan mudah. Gua dengan air yang mengalir di antara dinding ini berjarak sekitar 300 meter dari area air terjun. Legenda mengatakan bahwa gua ini adalah tempat berkumpulnya bidadari cantik.

3. Danau Biru

Kawasan yang hanya berjarak sekitar 50 meter dari Gua Bidadari ini memiliki keindahan luar biasa yang bisa menjadi daya tarik bagi pengunjung. Danau ini memiliki air yang mengalir dari tebing. Kedalamannya juga cukup dangkal, yakni hanya sekitar 100 cm. Oleh karena itu, danau ini dapat dengan aman digunakan sebagai area berenang bagi Anda yang takut dan tidak bisa berenang.

Atraksi Coban SewuKredit gambar: Twitter #LiburanMulu

4. Tetesan Goa

Gua Tetes ini bisa kamu nikmati jika kamu memulai dari Lumajang dan memasuki area air terjun. Dinamakan di daerah belakang Coban Sewu, terdapat sebuah gua yang sering digunakan sebagai tempat meditasi atau pertapaan bagi orang-orang yang percaya pada ajaran tertentu.

Apalagi goa ini juga memiliki keindahan yang tidak diragukan lagi, bahkan goa ini juga terkenal dari air terjun Coban Sewu yang terkenal.

5. Perbukitan dengan panorama alam yang luar biasa

Daya tarik selanjutnya dari kawasan wisata air terjun ini adalah bukit yang menawarkan keindahan yang begitu mempesona. Dari bukit atau pos pengamatan ini Anda bisa melihat pemandangan indah dari ketinggian sekitar 30 meter. Gardu induk ini hanya dapat menampung sekitar 50 pengunjung sekaligus.

Dari area air terjun, titik pandang ini hanya berjarak sekitar 100 meter. Meski agak jauh dengan berjalan kaki, Anda bisa menikmati keindahan air terjun dari atas bukit setelah sampai di kawasan ini. Keindahan pemandangan alam akan membuat Anda semakin betah berada di kawasan wisata ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Coban SewuKredit gambar: Google Maps Indra Pratama

Kawasan wisata Coban Sewu terletak di dua kabupaten sekaligus, yaitu Lumajang dan Malang. Untuk rute perjalanan dapat ditempuh baik dari Kabupaten Lumajang maupun Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Jika Anda memilih rute dari Kabupaten Malang, akan memakan waktu sekitar 2,5 jam. Dari wilayah Kabupaten Malang, Anda bisa sampai ke Lumajang melalui beberapa kecamatan.

Sebelum sampai di tugu perbatasan antara Kabupaten Malang dan Lumajang, Anda akan menemukan sebuah gang yang menurun di sisi kiri jalan menuju Kabupaten Lumajang. Dari jalan masuk Anda bisa lurus sampai menemukan area sungai, kemudian dari area sungai itu Anda bisa meletakkan atau memarkir kendaraan Anda di gubuk tambang pasir.

Perjalanan akan dilanjutkan menyusuri sungai hingga sampai di air terjun. Setelah sekitar 200 meter atau sekitar 10 menit berjalan kaki, Anda akan sampai di tempat wisata Coban Sewu ini

Sedangkan jika Anda memulai perjalanan dari Kabupaten Lumajang, Anda akan membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam. Rute ini bisa ditempuh bagi Anda yang berdomisili di wilayah Surabaya, Pasuruan dan Probolinggo.

Harga tiket masuk objek wisata

Tiket Coban SewuKredit gambar: Google Maps Latifatul Fauziah

Kawasan Coban Sewu terkenal dengan keindahan alamnya. Untuk bisa menikmati keindahan alam yang tersembunyi di kawasan wisata air terjun ini, Anda harus membayar tiket masuk yang cukup terjangkau. Hal ini menjadikannya tujuan wisata yang ideal bagi Anda yang ingin berwisata dengan budget minim.

Hanya dengan merogoh kocek 10.000 rupiah per orang, Anda sudah bisa memasuki kawasan wisata air terjun dan menikmati segala keindahan alam yang disuguhkan.

Biaya tambahan lain yang akan Anda kenakan hanyalah biaya parkir untuk kendaraan pribadi Anda. Biaya parkir ini juga cukup masuk akal dan terjangkau, yang tidak akan membuat Anda merasa kewalahan.

Anda bisa datang ke sini kapan saja, karena area ini tidak memiliki jam buka yang berlaku. Namun, karena akses jalan yang cukup sulit untuk dilalui, disarankan untuk datang hanya pada pagi hari, karena masih ada sinar matahari yang dapat menerangi jalan Anda. Jadi keselamatan Anda lebih terjaga dengan bisa melihat medan dengan jelas dari jalan yang Anda lalui saat datang di pagi hari.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Coban Sewu

Kegiatan Coban SewuKredit gambar: Google Maps Ye Rachma

1. Bermalam di dekat Coban

Jika anda kurang puas melakukan aktivitas di kawasan wisata air terjun Coban Sewu. Anda bisa bermalam dan menikmati keindahan air terjun di pagi hari. Walaupun akomodasi yang tersedia di kawasan wisata ini sangat sederhana karena harganya yang murah, namun untuk kenyamanannya tidak perlu diragukan lagi.

Menginap di sini, Anda bisa bangun pagi dan menikmati kesejukan kawasan air terjun. Anda juga bisa berolahraga dengan jogging atau yoga di sekitar area air terjun, kegiatan ini pasti bisa menyegarkan kembali semangat Anda. Dan pastinya bisa membuat fitnes kembali segar.

2. Berenang dan permainan air

Selain keindahan alam yang ditawarkan, tempat ini juga memiliki air terjun yang begitu sejuk. Anda bisa menikmati sejuknya air di area ini sambil berenang atau sekedar bermain air. Memiliki air yang begitu jernih dengan kesejukan yang luar biasa bahkan cenderung lebih dingin dicapai karena letak tebing air terjun yang begitu tinggi yaitu sekitar 120 meter.

3. Agrowisata buah

Kegiatan menarik selanjutnya yang bisa Anda lakukan di Coban Sewu adalah melakukan kegiatan agrowisata buah salak. Kegiatan ini tentunya merupakan kegiatan yang jarang bisa dilakukan di tempat wisata lainnya.

Di sini diperbolehkan memetik buah salak sebanyak-banyaknya, karena pohon salak yang tumbuh di kawasan ini merupakan pohon milik pengelola dan bisa diambil oleh siapa saja. Setelah memetik beberapa buah yang buruk, Anda bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau teman Anda.

4. Berburu kuliner

Aktivitas Seru Coban SewuKredit gambar: Google Maps paircarrier com

Setelah puas dengan berbagai aktivitas di kawasan air terjun ini, Anda bisa mengisi perut di warung makan yang dikelola warga sekitar. Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk memasak makanan di rumah. Harga aneka makanan dan minuman di sini juga cukup murah, sehingga tidak menguras kantong.

Anda bisa bersantai sejenak dan menikmati berbagai hidangan yang ditawarkan di warung ini. Selain itu, keberadaan warung-warung di kawasan wisata air terjun ini juga menjadi lahan penghidupan masyarakat sekitar.

5. Perburuan Foto

Coban Sewu adalah surganya para pecinta fotografi. Panorama dan komposisi bentuk alam yang ada menciptakan berbagai spot foto menarik yang banyak diminati pengunjung. Sayang sekali jika berwisata ke sini tapi tidak mengabadikan momen tersebut sebagai kenangan.

6. Trekking yang Sulit

Anda bisa berpetualang mencoba menjelajahi area sekitar air terjun dan turun ke area yang lebih rendah. Anda harus memperhatikan kondisi fisik dan daya tahan tubuh Anda sebelum melakukan aktivitas ini. Karena aktivitas trekking ini bisa menguras banyak tenaga.

Untuk mencapai daerah yang lebih rendah, Anda harus turun dengan medan yang cukup sulit. Anda akan menaiki tebing dengan tangga bambu yang sangat sederhana. Bahkan, Anda hanya akan memegang seutas tali pada sudut tertentu. Setelah sampai di dasar, Anda harus berhati-hati, karena arus airnya cukup deras.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Coban SewuKredit gambar: Google Maps Namira Sweet

Kawasan wisata Air Terjun Coban Sewu didukung dengan berbagai fasilitas yang dapat menunjang rasa nyaman bagi pengunjung yang datang. Beberapa fasilitas yang tersedia di kawasan wisata ini, mulai dari kamar mandi atau toilet yang bersih, warung makan, tempat ibadah atau mushola muslim, tempat istirahat, pemandu wisata juga ada di sini.

Untuk memaksimalkan liburan Anda di tempat wisata ini, Anda bisa menyewa jasa pemandu wisata dengan merogoh kocek 200-300 ribu.Menikmati keindahan alam sambil belajar merupakan pengalaman menarik yang bisa Anda lakukan di sini. Hal ini tentu saja bisa membuat liburan Anda lebih bermakna.

Selain menjelaskan berbagai ilmu dan membantu menemukan jalur terbaik untuk menjelajahi kawasan wisata Coban ini, pemandu wisata juga bisa menjadi fotografer bagi Anda, terutama ketika Anda menemukan tempat yang indah untuk berfoto. Memiliki pemandu wisata di sekitar lokasi tentunya sangat membantu, terutama bagi Anda yang baru pertama kali berlibur ke Coban.

Itulah sedikit ulasan tentang objek wisata Coban Sewu yang keindahan alamnya selalu terlihat sangat indah. Bagi Anda yang ingin berlibur keliling Malang-Lumajang dengan budget minim, Anda bisa memasukkan objek wisata ini ke dalam daftar destinasi wisata Anda.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button