Coban Rais, air terjun yang menantang dan mempesona di Batu - WisataHits
wisatahits

Coban Rais, air terjun yang menantang dan mempesona di Batu

Batu adalah kota yang terkenal dengan berbagai wisata puncak bukitnya yang menawan. Coban Rais, salah satu air terjun memiliki lokasi yang sulit di dekat Bukit Bulu, Kota Batu.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Coban Rais adalah air terjun yang tempatnya masih satu tempat dengan Taman Bunga Batu dan Bumi Perkemahan Coban Rais, Jawa Timur. Lokasinya yang berada di kaki kawasan Gunung Panderman membuat wisata ini tidak hanya menjadi kawasan dengan pemandangan alam yang luar biasa, tetapi juga udara yang segar.

Air terjun dengan kemiringan 90 derajat dan ketinggian sekitar 20 meter ini tidak hanya cocok sebagai lokasi pemotretan, tetapi juga memiliki banyak pilihan aktivitas lain yang tak kalah menarik yang bisa Anda coba bersama keluarga atau orang terdekat saat berada di sana. liburan.

Letaknya yang sangat strategis di kota Batu menjadikan destinasi ini sangat diminati oleh para pengunjung, baik saat hari libur maupun di hari biasa. Dengan suasana yang begitu tenang dan suara air yang berpadu serasi dengan alam, tentunya menjadi daya tarik tersendiri dari tempat ini.

Daya tarik yang dimiliki Coban Rais

Atraksi Coban RaisKredit gambar: Twitter Jawa Timur.com

1. Pemandangan perbukitan yang menyegarkan

Terletak di kawasan perbukitan kota Batu, Coban Rais dikelilingi oleh hutan hijau yang rimbun dan lebat. Banyaknya pepohonan di hutan tentu saja menyejukkan lingkungan sekitar dan melindungi pengunjung dari terik matahari. Tak hanya hutan hijau, air terjun yang menjadi fokus utama destinasi wisata ini juga sangat menonjol dengan kemegahannya.

Wisatawan tidak perlu khawatir dengan polusi udara atau polusi suara, lingkungan wisata ini memiliki udara yang segar dan Anda tidak akan mendengar suara kendaraan yang lewat karena lokasinya yang berada di hutan lebat. Anda hanya akan mendengar kicauan binatang hutan kecil berpadu dengan suara air yang mengalir.

2. Menyeberangi sungai-sungai kecil yang tak kalah indahnya

Untuk menuju lokasi air terjun, wisatawan terlebih dahulu harus menyeberangi beberapa sungai kecil. Sungai-sungai ini nantinya akan terhubung dengan sungai yang tercipta dari aliran air dari air terjun Coban Rais. Anda dapat melihat ikan-ikan kecil berenang dengan gembira di sekitar sungai saat Anda menyeberang.

Tidak hanya sungai-sungai kecil ini yang memiliki aliran air yang jernih, namun air terjun ini juga memiliki air kehijauan yang begitu jernih.

3. Cocok untuk petualang petualang

Bagi wisatawan yang menyukai kegiatan yang berhubungan dengan petualangan di alam, tempat ini sudah pasti menjadi pilihan yang tepat. Air terjun Coban Rais yang terletak di hutan dan jaraknya yang jauh akan membuat Anda ingin menjelajah alam selama satu jam.

4. Dapat digunakan untuk berkemah

Tempat wisata ini tidak hanya memiliki air terjun yang megah, tetapi juga memiliki tempat berkemah. Bagi wisatawan yang ingin berkemah sambil menikmati alam dan dekat dengan lokasi air terjun, bisa berkunjung dan menginap di bumi perkemahan ini.

5. Tempat yang tepat untuk berfoto

Coban Rais terkenal dengan salah satu alasan keindahan pemandangannya yang luar biasa. Hal inilah yang mengundang banyak wisatawan setiap harinya untuk datang dan mengunjungi air terjun ini.

Lingkungannya memiliki pemandangan alam yang indah, alam yang selalu asri dan terawat dengan baik oleh warga, serta kemegahan air terjun dan pantulan bias air yang bagai berlian yang berkilauan di siang hari, menjadikan tempat wisata ini tempat yang tepat. untuk mengabadikan momen liburan Anda.

6. Dekat dengan wahana wisata lainnya

Lokasi air terjun yang cukup dekat dengan beberapa wahana wisata lainnya di lingkungan wisata Coban Rais menjadikan tempat ini cocok bagi anda yang menginginkan one stop holiday. Dengan banyaknya pilihan wahana wisata, Anda tidak perlu khawatir untuk berkeliling ke tempat wisata lainnya.

Setelah puas mengunjungi air terjun yang mempesona ini, Anda bisa langsung berganti pakaian ke kawasan wisata lain dan langsung menikmati tempat wahananya.

Alamat dan petunjuk arah menuju lokasi Coban Rais

Alamat Coban RaïsKredit gambar: Google Maps Budiharjo Budiharjo

Kawasan wisata Coban Rais terletak di Desa Oro-oro Ombo, tepatnya di Dusun Dresel, Kecamatan Batu, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur. Untuk menuju lokasi, dari Kota Batu, Malang, Anda tidak perlu khawatir tersesat karena banyaknya petunjuk dan medan bebatuan.

Anda baru saja mengambil jalan menuju Kota Batu.

Kemudian ikuti saja petunjuk rambu-rambu jalan di sekitar Anda. Perjalanannya sekitar 7 km atau sekitar 1 jam.

Setelah Anda tiba di tempat wisata dan memarkir kendaraan Anda, dibutuhkan waktu sekitar 40 menit berjalan kaki melalui jalan setapak, lembah dan sungai kecil untuk mengunjungi tempat wisata air terjun.

Harga Tiket Masuk Coban Rais Tour

Harga Tiket Coban RaisKredit gambar: Google Maps Johan Hadi Saputra

Kawasan wisata ini buka dari hari Senin hingga Minggu mulai pukul 08.00 hingga 17.00 waktu setempat. Wisata air ini tergolong memiliki tiket masuk yang relatif murah sebagai salah satu tempat wisata populer di Kota Batu.

Wisatawan hanya membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang untuk memasuki lokasi wisata Coban Rais. Dan biaya parkirnya Rp 2.500 untuk kendaraan roda dua, sedangkan untuk kendaraan roda empat Rp 10.000.

Untuk menikmati keindahan wisata air terjun ini, pengunjung tidak dipungut biaya dan hanya perlu menyiapkan tenaga karena lokasinya yang cukup terpencil. Atau Anda bisa mengambil alternatif lain menggunakan transportasi ojek keliling lokasi dengan biaya sekitar Rp 40.000 untuk sekali jalan.

Pengunjung yang ingin menikmati atraksi lain disarankan untuk menyiapkan uang tunai berlebih. Ini karena biaya masuk yang dibayarkan di awal tidak termasuk biaya masuk di setiap belokan di dalamnya. Biaya masuk untuk wisata jalan-jalan di sekitar air terjun berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 50.000.

Bagi pengunjung yang tidak ingin memesan tiket berulang kali, pengelola juga menawarkan tiket khusus mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 150.000 dengan berbagai paket wahana.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Coban Rais

Kegiatan Coban RaisKredit gambar: Google Maps Evan Chandra Kusuma

1. Nikmati pemandangan alam

Bagi Anda yang menyukai wisata alam, berlibur di Coban Rais adalah pilihan yang tepat. Dengan alam yang hijau dan air terjun yang menjulang di tengahnya, Anda akan melihat panorama alam yang sangat indah. Anda bisa duduk dan bersantai di bebatuan di tepi air terjun sambil menyaksikan indahnya cipratan air terjun.

2. Ambil foto Ria

Tempat wisata Coban Rais yang lestari dan hijau sangat cocok untuk berfoto bersama keluarga. Dengan pencahayaan alami alam dan pantulan air jernih yang memancar di dinding sekitar air terjun, Anda akan mendapatkan potret panorama luar biasa yang sayang untuk dilewatkan.

3. Lebih dekat dengan alam

Lokasi air terjun yang jauh dari hiruk pikuk kota membuat tempat ini begitu sepi. Wisatawan hanya bisa mendengar deru air yang mengalir dari air terjun dan kicauan burung di hutan. Merasakan hal ini sambil duduk dan memejamkan mata di tepi air terjun akan membuat Anda merasa tenang dan lebih dekat dengan alam itu sendiri.

4. Mendaki gunung

Wisatawan bisa merasakan pengalaman satu jam mendaki gunung saat tiba di kawasan tempat air terjun tersebut berada. Lokasinya yang berada di tengah hutan dan di luar sungai serta jalur berliku akan mengingatkan Anda akan pengalaman menarik saat mendaki gunung.

Tidak hanya itu, kegiatan ini juga bisa dilakukan oleh Anda yang ingin menghemat pengeluaran saat berlibur. Dibandingkan datang ke kawasan air terjun menggunakan ojek, tentunya jalan kaki bersama rombongan akan lebih menyenangkan dan ramah kantong.

5. Permainan air

Meski air terjun ini memiliki debit air yang cukup besar dan deras, untungnya dasar air terjunnya tidak terlalu dalam. Hal ini memungkinkan wisatawan yang ingin mencoba berenang atau bermain air di sekitar air terjun bisa bersenang-senang tanpa rasa takut.

Namun jika ingin berbasah-basah di sini, harus diingat bahwa pengelola tidak menyediakan tempat untuk ganti baju atau toilet umum di sekitar area air terjun atau di dalam kawasan hutan. Jadi harus menunggu sampai dekat pintu masuk kalau mau ganti baju.

6. Perkemahan

Bagi Anda yang ingin berkemah di tempat wisata Coban Rais tidak perlu khawatir karena di dekat air terjun terdapat camping ground yang sangat populer. Dengan merogoh kocek Rp 10.000,- Anda sudah bisa memasuki area perkemahan. Sedangkan biaya sewa alat camping mulai dari Rp 50.000.

7. Paralayang

Bagi penyuka olahraga dataran tinggi, paralayang mungkin bisa menjadi pilihan liburan Anda. Cukup membayar Rp 50.000,- wisatawan sudah bisa melakukan aktivitas paralayang dengan seru dan aman sambil menikmati pemandangan alam Coban Rais yang bisa dilihat dari atas.

8. Main off-road

Kawasan wisata ini juga menawarkan ATV bagi pengunjung yang ingin menjelajahi kawasan off-road dengan kendaraan khusus. Dengan biaya sewa Rp 45.000, pengunjung dapat meminjam ATV dan berkeliling hutan berbatu dengan nyaman.

9. Jalan-jalan kuliner

Bagi pengunjung yang bosan jika hanya sekedar jalan-jalan dan ingin menikmati pemandangan alam sambil menyantap makanan lezat tidak perlu khawatir. Coban memiliki berbagai tempat kuliner menarik di sekitar kawasan wisata, tentunya dengan harga yang terjangkau dan rasa yang enak.

Fasilitas yang tersedia di Coban Rais

Fasilitas Coban RaisKredit gambar: Google Maps Ghea Safferina

Pengelola Tempat Wisata Coban Rais menyediakan fasilitas yang lengkap untuk menunjang kenyamanan pengunjung. Mulai dari tempat parkir, persewaan kamera, spot foto, camping, tempat penitipan bagasi, tempat kuliner, lokasi rental mobil lokal dan ojek, dan masih banyak lagi dengan harga terjangkau.

Anda juga tidak perlu khawatir karena tempat wisata ini cukup lengkap dengan pusat oleh-oleh dan penginapan khas di kota Batu.

Meski terkenal dengan keindahan air terjunnya, berkat kegigihan warga sekitar, kini banyak wahana wisata lain yang juga bisa Anda kunjungi setelah mengunjungi kawasan air terjun Coban Rais. Tempatnya yang indah dan alamnya yang mempesona bisa menjadi pilihan utama Anda untuk berlibur jika datang ke Kota Batu.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button