Curug Gongseng, air terjun indah pesona keindahan alam di Kuningan - WisataHits
wisatahits

Curug Gongseng, air terjun indah pesona keindahan alam di Kuningan

Curug Gongseng, air terjun indah pesona keindahan alam di Kuningan

Curug Gongseng merupakan air terjun cantik di Kuningan dengan ketinggian 20 meter dan debit air rata-rata pada musim hujan. Air terjun cantik ini terletak di desa wisata Cibuntu.

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Orange Bonteng, Cibuntu, Kec. Pasawahan, Kab. Kuningan, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Kabupaten Kuningan di Jawa Barat memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa tempat wisata ini bahkan murah dan mudah dijangkau. Air Terjun Gongseng adalah contohnya. Aksi ini bisa dianggap sebagai definisi sebenarnya dari liburan murah. Selain itu, air terjun ini juga cocok untuk wisata kantor, sekolah, dan keluarga.

Air Terjun Gongseng sudah ditemukan sejak lama dan bukan sembarang air terjun. Di sekitar kawasan tersebut telah ditemukan peninggalan dari zaman megalitikum. Selain memiliki nilai sejarah, air terjun ini juga memiliki panorama indah yang memanjakan mata. Suasana dan udara di sekitar air terjun yang menawan ini juga cocok untuk penyembuhan.

Karena keindahannya, air terjun ini selalu ramai pengunjung, terutama pada akhir pekan dan musim liburan. Di air terjun ini wisatawan bisa melakukan berbagai kegiatan rekreasi karena fasilitas wisata di sini cukup beragam. Apalagi meski banyak dikunjungi wisatawan, kealamian air terjun ini masih cukup terjaga.

Atraksi yang ditawarkan oleh Curug Gongseng

Obyek wisata Curug GongsengKredit gambar: Google Maps Safrul Amri

Air Terjun Gongseng menawarkan keindahan tersendiri bagi wisatawan yang mengunjunginya. Air terjun ini mungkin tidak setinggi atau sebesar air terjun lainnya di Kuningan. Namun air terjun ini memiliki daya tarik yang tidak dimiliki oleh air terjun lainnya. Apa Saja Daya Tarik Air Terjun Gongseng?

✦ Mendaki dengan mudah

Saat menuju air terjun, wisatawan biasanya harus berjalan kaki cukup jauh dengan medan naik turun dari tempat parkir menuju air terjun. Oleh karena itu, orang tua atau kurang fit akan kesulitan untuk mencapai air terjun yang indah ini. Namun, tidak demikian saat wisatawan mengunjungi Air Terjun Gongseng.

Jalur dari tempat parkir menuju air terjun cukup mudah dilalui. Jarak kedua tempat itu tidak jauh. Juga, sebagian besar jalur menuju air terjun adalah jalur datar. Hanya ujung lintasan yang berbentuk tangga. Selain itu, kondisi alam di sekitar jalur ini penuh dengan tanaman hijau rindang yang asri.

✦ Air terjun yang sangat menawan

Setelah sampai di kawasan air terjun, wisatawan akan menemukan bahwa Air Terjun Gongseng merupakan air terjun yang sangat menawan. Air terjun cantik ini tingginya sekitar 20 meter dengan mulut yang tidak terlalu lebar. Saat musim hujan, debit air di air terjun ini cukup besar. Namun, pada musim kemarau, debit airnya jauh lebih rendah.

Airnya mengalir melalui tebing-tebing batu andesit yang memiliki relief unik dan tampak berlapis-lapis. Warna tebing juga tidak seragam. Beberapa bagian berwarna lebih terang dari yang lain. Selain itu, beberapa bagian tebing juga ditumbuhi berbagai jenis tumbuhan.

✦ Kolam air terjun dangkal yang aman untuk dimainkan

Di bawah air terjun yang indah ini terdapat kolam alami yang tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu dalam. Pengelola menambahkan semacam tanggul bertingkat di sekitar kolam untuk memudahkan wisatawan masuk ke kolam ini. Wisatawan bahkan anak-anak pun bisa bermain di kolam ini dengan aman.

✦ Desa Wisata Cibuntu

Air Terjun Gongseng merupakan bagian dari Desa Wisata Cibuntu. Dengan demikian, wisatawan yang menghabiskan liburannya di air terjun tidak hanya bisa menikmati keindahan air terjun, tetapi juga menikmati fasilitas wisata yang ditawarkan oleh desa wisata Cibuntu. Selain itu, mereka juga dapat melakukan aktivitas wisata yang lebih beragam dibandingkan saat mengunjungi air terjun lainnya.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Air Terjun Gongseng KuninganKredit gambar: Google Maps Anggi Nugraha

Air Terjun Gongseng terletak di kawasan desa wisata Cibuntu, tepatnya di dusun Secatuhu. Desa ini masuk dalam wilayah administrasi Kecamatan Pasawahan, Kuningan, Jawa Barat. Jarak air terjun ini dengan kota Kuningan adalah 29 kilometer. Jika berangkat dari Alun-alun Kuningan, wisatawan harus mengambil rute melalui Jl. Aria Kemuning, lalu belok kiri menuju Jl. Veteran.

Kemudian lanjutkan perjalanan melalui Jl.Nanggeleng – Cirahayu, belok Jl. Syech Maulana Akbar, belok Jl. Pramuka, lanjut Jl. Ir. Soekarno, belok Jl. Moch. Hatta, dan melalui Jl. Siliwangi hingga Jl. Cibuntu. Untuk memudahkan akses menuju air terjun, wisatawan bisa menggunakan guide dari Gmaps.

Jam buka Curug Gongseng adalah 24 jam sehari. Dengan demikian, wisatawan bisa datang ke sini di waktu senggang mereka. Untuk masuk ke air terjun, wisatawan hanya perlu membayar sekitar Rp5.000 per orang.

Jika ingin berenang di kolam yang ada di Desa Wisata Cibuntu ini, mereka harus membayar biaya masuk kolam sebesar Rp 5.000.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas Seru di Air Terjun Gongseng KuninganKredit gambar: Google Maps Ananda Haidar

Berwisata ke Curug Gongseng bisa membuat liburan Anda semakin menyenangkan karena wisatawan bisa menikmati berbagai aktivitas di sini. Kegiatan ini juga tidak memerlukan keahlian khusus. Apalagi kegiatan ini juga relatif aman untuk dilakukan. Berikut aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Air Terjun Gongseng.

1. Main air di kolam air terjun

Liburan ke Air Terjun Gongseng tidak akan sempurna jika tidak bermain di kolam air terjun. Bermain di air kolam pasti akan membuat wisatawan lebih segar, apalagi jika dilakukan sambil berdiri di bawah air terjun. Jika malas mendekat ke air terjun, mereka bisa duduk di pinggir kolam sambil bermain air.

Namun, karena kolam ini dangkal, airnya cepat menjadi keruh. Sehingga, bermain di kolam ini lebih asyik dilakukan saat tidak ada pengunjung, misalnya pada hari biasa. Saat ini, air kolam lebih jernih, dan wisatawan juga bisa bermain air dengan bebas. Hal ini bertolak belakang saat pengunjung ramai.

2. Berenang di kolam desa Cibuntu

Bermain air di kolam air terjun memang menyenangkan. Namun ketika airnya keruh dan pengunjungnya banyak, kegiatan ini menjadi kurang menyenangkan. Sebaliknya, wisatawan terutama anak-anak bisa bermain di kolam yang ada di Desa Wisata Cibuntu. Wisatawan bisa memilih salah satu dari 3 kolam yang ada sesuai dengan kemampuan renangnya.

3. Ambil gambar

Selain bermain air, berfoto juga menjadi aktivitas utama Curug Gongseng. Kawasan sekitar air terjun memiliki beberapa spot instagenic. Jadi hasil foto yang diambil disini pasti akan terlihat keren. Selain itu, wisatawan juga bisa berfoto di sepanjang jalan menuju air terjun atau di taman-taman indah yang tidak jauh dari air terjun.

4. Piknik di Curug Gongseng

Beberapa rombongan wisata datang ke air terjun ini karena ingin menikmati keindahan air terjun sambil piknik. Piknik di sekitar air terjun cantik ini sangat menyenangkan untuk dilakukan. Selain itu, kegiatan ini juga dapat mempererat hubungan kekeluargaan atau keakraban dalam rombongan wisatawan.

5. Berkemah menyenangkan

Wisatawan yang ingin menikmati keindahan air terjun dan gemuruh air terjun ini sepanjang hari dan sepanjang malam bisa berkemah di sekitar kawasan air terjun. Berkemah di sini nyaman dilakukan karena semua fasilitas yang diperlukan sudah ada di kawasan wisata. Selama berkemah, wisatawan harus membawa bekal yang cukup dan menjaga kebersihan alam.

Fasilitas yang tersedia di kawasan Curug

Instalasi Air Terjun Gongseng KuninganKredit Gambar: Google Maps Muhammad Adam Khatami

Fasilitas Curug Gongseng sangat lengkap dan mampu memenuhi kebutuhan wisatawan yang melintas. Mushola, MCK, saung atau saung serta areal parkir di kawasan wisata ini cukup banyak dan luas.

Selain itu, fasilitas tersebut juga terjaga dengan baik sehingga wisatawan dapat menggunakannya dengan nyaman dan aman.

Akses wisata air terjun di Kuningan kerap mengurungkan niat wisatawan untuk berlibur. Namun kendala tersebut tidak akan ditemui saat liburan di Curug Gongseng Kuningan. Akses menuju air terjun cantik ini cukup mudah untuk dilalui. Di air terjun ini wisatawan bisa menikmati keindahan alam air terjun dan melakukan berbagai aktivitas seru.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button