Wisata Air Terjun Coban Rais yang Eksotis dan Menantang di Batu Malang - WisataHits
wisatahits

Wisata Air Terjun Coban Rais yang Eksotis dan Menantang di Batu Malang

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Oro-Oro Ombo, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Coban Rais merupakan tempat wisata air terjun yang sering dianggap sebagai air terjun terindah di Kota Batu. Hal ini memang tidak mengherankan karena tempat wisata ini sangat identik dengan pesona alamnya yang memanjakan mata siapa saja yang melihatnya.

Air terjun ini memiliki ketinggian yang luar biasa sekitar 75 meter. Warnanya sangat putih dan tegas seperti pisau alami yang memisahkan bebatuan dan pepohonan rindang yang mengelilinginya.

Karena keindahannya, Coban Rais menjadi tempat yang paling banyak dikunjungi wisatawan saat berkunjung ke Batu, Malang. Banyak yang rela datang dari jauh hanya untuk menyaksikan kemegahan yang ditawarkan oleh air terjun ini.

Daya tarik yang dimiliki Coban Rais

Atraksi Coban RaisKredit gambar: Google Maps Yusita Ika

Air terjun ini merupakan tempat wisata alam yang selalu ramai dikunjungi pengunjung bahkan pada hari-hari sibuk. Atraksi yang dimilikinya sangat beragam sehingga tidak diragukan lagi bahwa setiap orang merasa tertarik untuk mengunjungi tempat ini setidaknya sekali dalam hidup mereka.

1. Terletak di Daerah Perbukitan

Hal pertama yang membuat Coban Rais begitu menarik adalah letaknya yang strategis karena berada di daerah perbukitan. Hal inilah yang menjadikannya pemandangan alam yang sangat menakjubkan, dikelilingi pepohonan dengan ketinggian yang lebat mampu membuat udara di sekitarnya menjadi sangat segar.

Berada di sekitar lereng Gunung Panderman juga menjadikannya tempat wisata yang populer bagi para pendaki dan penyuka petualangan. Hutan yang mengelilingi kawasan air terjun mampu melindungi pengunjung dari terik matahari, sehingga saat berkunjung di siang hari pun pengunjung tidak perlu khawatir harus kemana.

2. Air yang mengalir mengalir dengan mempesona

Selain pepohonan yang rindang, air di tempat wisata ini mengalir dengan pesona dan keanggunan yang luar biasa. Dari atas, suara gemericik air yang deras akan menimbulkan suara gemuruh air yang sangat kencang, namun itulah yang membuat tempat ini begitu menakjubkan dibandingkan dengan tempat wisata alam lainnya.

Sungai-sungai di tempat ini terlihat begitu jernih dan bersih karena sampah-sampah yang berserakan disana akan langsung dibasmi oleh para penjaga di tempat ini. Hal ini juga memungkinkan pengunjung untuk melihat ikan-ikan kecil di sungai berenang dengan gesit dengan mata telanjang.

3. Suasana damai

Atraksi Coban RaisKredit gambar: Google Maps Arif Ygy

Tak bisa dipungkiri, Coban Rais menawarkan udara segar. Anda tidak perlu khawatir dengan polusi suara atau polusi udara karena tempat ini terletak jauh dari pusat kota, sehingga tidak akan ada keramaian atau kendaraan dengan suara bising yang mengganggu.

Anda hanya akan mendengar kicau burung kecil yang terdengar cukup sering, dan mereka terbang pada jarak yang cukup tinggi dari tanah. Apalagi gemericik air akan terdengar lembut sehingga bisa menenangkan pikiran dan selalu tentram.

4. Harus dicapai dengan berjalan kaki

Karena lokasinya yang cukup jauh dari pusat kota, akses menuju tempat ini cukup sulit. Pengunjung harus berjalan kaki sekitar 3 kilometer sebelum sampai di lokasi sebenarnya. Meski begitu, pemandangan yang bisa Anda lihat di sepanjang jalan begitu indah sehingga Anda tidak akan merasa lelah.

5. Spot foto menarik

Di tempat wisata Coban Rais ini terdapat berbagai spot foto yang sangat menarik dengan berbagai bentuk. Salah satu spot foto yang paling terkenal adalah spot foto dengan bentuk kayu besar “I love you”. Spot foto ini memiliki lokasi yang mudah ditemukan karena bersebelahan dengan Taman Bukit Bulu.

Karena bentuknya yang unik, banyak wisatawan yang memanfaatkan spot foto ini sebagai latar untuk melakukan aktivitas. selfie atau foto dengan orang yang dicintai. Suasana romantis juga membuat pengunjung mengantri lama untuk berfoto di spot-spot foto yang dianggap ikon tempat ini.

Alamat Coban Rais, lokasi rute dan harga tiket masuk

Alamat Coban RaïsKredit gambar: Google Maps Ahsan Alfian

Coban Rais terletak di sekitar Gunung Panderman, sebuah gunung yang memisahkan Kabupaten Blitar dari wilayah Malang Raya di Jawa Timur. Terletak di kabupaten Batu, wisatawan dapat menemukan tempat wisata ini dengan cukup mudah karena semakin banyak kendaraan umum yang dapat digunakan untuk menuju ke sana.

Anda bisa memulai perjalanan dari pusat kota Batu dan menunggu sekitar 30 menit hingga satu jam untuk mencapai lokasi, tergantung cuaca dan situasi di jalan. Dalam perjalanan, Anda bisa melewati Terminal Batu dimana Anda akan menemukan informasi petunjuk arah menuju air terjun ini.

Kemudian, Anda dapat memarkir kendaraan Anda di dekat perkemahan. Dari tempat ini, Anda harus bersiap berjalan cukup lama dan berhati-hati karena Anda akan melintasi puluhan sungai yang sangat sulit. Oleh karena itu, ketika Anda pergi ke tempat ini, Anda harus memakai sepatu yang tidak licin dan tidak menggunakan sepatu hak tinggi.

Harga tiket masuk yang harus dibayar sebelum masuk ke Coban Rais cukup murah dan sangat customer friendly. Pengunjung hanya akan dikenakan biaya 10.000 per orang, dan setelah itu akan diperbolehkan memasuki kawasan air terjun yang masih buka setiap hari.

Namun perlu diingat bahwa harga tersebut masih termasuk harga masuk saja. Jadi, jika Anda ingin menikmati wahana lain yang tersedia di tempat ini, Anda tetap harus mengeluarkan uang untuk membayar tiket wahana tersebut.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Coban Rais

Aktivitas Seru Coban RaisKredit gambar: Google Maps Evan Chandra Kusuma

1. Permainan air

Kegiatan pertama yang wajib dilakukan di tempat wisata ini tentunya adalah bermain air. Sungai di tempat wisata ini memiliki air yang begitu sejuk dan menyejukkan, sehingga sangat baik digunakan untuk mandi atau sekedar berenang. Selain itu, aliran air yang tidak terlalu deras bisa dijadikan sebagai tempat bersantai di dalam air.

2. Kunjungi Bukit Bulu Coban Rais dan Taman Bunga Batu

Di tempat wisata ini ada beberapa wahana lain yang tidak kalah menarik yaitu Bukit Bulu dan Batu Flower Garden. Bukit Bulu merupakan bukit yang mengelilingi kawasan wisata ini dan menawarkan pemandangan bukit yang dipenuhi rerumputan hijau segar.

Sementara itu, Batu Flower Garden merupakan taman yang dipenuhi bunga dan spot foto yang sangat indah. Taman ini paling sering dikunjungi wisatawan karena menawarkan pemandangan yang menarik dan wahana yang sangat unik dibandingkan dengan tempat wisata lainnya.

3. Bermain di hutan bersalju

Penasaran seperti apa rasanya bermain di salju? Jika iya, maka Coban Rais bisa menjadi tempat wisata yang ideal untuk menghilangkan rasa penasaran tersebut karena tempat ini memiliki kawasan khusus yang dipenuhi salju.

Di kawasan ini terdapat berbagai fasilitas yang dibuat sedemikian rupa sehingga terlihat seperti kawasan luar negeri. Untuk menikmati kawasan ini, Anda tidak perlu khawatir karena pengelola sudah menyiapkan sarung tangan tebal dan baju khas musim dingin untuk wisatawan.

4. Taman Hammock

Aktivitas Seru di Coban RaisKredit gambar: Google Maps Suman Entertainment

Hammock Park yang masih menjadi tempat di Batu Flower Garden ini juga menjadi wahana yang patut dicoba. Taman ini telah menyediakan berbagai wahana menarik yang dapat memuaskan pengunjung untuk menikmati keindahan Batu Flower Garden.

Beberapa wahana yang bisa Anda coba adalah Flying Hammock, Hammock Tower, Triangle Hammock Tower, Spider Hammock, dan Hammock Garden. Semua wahana ini terdiri dari aktivitas unik yang dijamin akan menghadirkan nuansa tersendiri saat ingin mencobanya.

5. Bersepeda di udara

Wahana Air Bike merupakan wahana yang tidak boleh dilewatkan jika membicarakan tempat wisata di Coban Rais ini. Pengunjung yang menyukai sensasi menantang adrenalin juga dapat menggunakan wahana ini untuk memuaskan hasrat mereka karena dapat merasakan betapa mendebarkannya bersepeda di udara dan ketinggian.

Saat menaiki sepeda gantung, pengunjung bisa meminta fotografer di sekitar wahana untuk memotret aktivitas mereka selama di atas. Pengunjung juga dapat menggunakan sepeda berdampingan, sehingga para pecinta dapat menikmati wahana ini untuk menciptakan momen indah bersama.

6. Perkemahan

Selain sebagai tempat liburan, ternyata tempat wisata ini juga diapresiasi sebagai tempat yang digunakan untuk camping ground. Hal ini tentu saja karena panorama alamnya yang sangat sulit membuat para wisatawan dan sarjana memanfaatkannya sebagai zona camping dan adventure.

Selain itu, di kawasan ini terdapat jalur pendakian menuju puncak Gunung Panderman yang sangat cocok untuk pendaki biasa. Daerahnya yang tidak terlalu sulit dijangkau disertai dengan suasana alam yang begitu sejuk membuat tempat ini begitu populer di kalangan pecinta alam.

7. Menikmati keindahan air terjun

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan di tempat ini adalah menikmati keindahan air terjun. Anda bisa duduk santai di bawah area air terjun sambil menyaksikan bagaimana air jatuh dengan indah dari atas ke bawah dalam waktu yang begitu singkat.

Fasilitas wisata yang tersedia di Coban Rais

Fasilitas Coban RaisKredit gambar: Google Maps Pagon Setiawan

Fasilitas Coban Rais cukup lengkap, hampir mirip dengan tempat wisata lainnya. Di tempat ini, pengunjung memiliki fasilitas seperti warung makan, area parkir, toilet dan lain-lain.

Selain itu, di pintu masuk, banyak pedagang yang menjajakan berbagai makanan dan oleh-oleh khas Jawa Timur. Dapat digunakan oleh pengunjung yang lapar dan ingin menjelajahi gastronomi tempat ini.

Nah, itulah informasi yang bisa kamu dapatkan tentang Coban Rais, tempat wisata terkenal di Malang. Tidak hanya menyuguhkan keindahan alam, ternyata tempat wisata air terjun ini juga memiliki berbagai kelebihan yang sayang untuk dilewatkan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button