Coban Rais - WisataHits
wisatahits

Coban Rais

Coban Rais

Kota Batu di Jawa Timur telah menjadi salah satu hotspot wisata Tanah Air. Berbagai macam objek wisata dapat ditemukan di kota yang dulunya merupakan bagian dari Kota Malang ini.

Berlibur di Kota Batu, seseorang bisa memilih mengunjungi tempat wisata seperti taman bermain air, atau memilih wisata alam yang sangat ampuh mengusir penat.

Dan, jika yang menjadi pilihan adalah wisata alam, salah satu objek wisata yang menjadi pilihan adalah wisata air terjun. Coban Rais.

Tempat wisata ini kini semakin mempesona dengan menampilkan berbagai wahana dan fasilitas tambahan seperti taman bunga dan kebun tempat Foto.

tidak beruntung-rais

Nah, bagi Anda yang memikirkan Coban RaisBerikut beberapa informasi penting yang perlu Anda ketahui sebelum pergi berlibur ke sana.

Coban Rais Malang

Sebelum sepopuler sekarang, air terjun ini terkesan angker. Sebelum disebut Coban Rais, air terjun ini bernama Coba Sabragan karena untuk mencapai lokasinya anda harus melewati beberapa sungai.

Coban Rais memiliki ketinggian sekitar 75 meter. Dengan ketinggian seperti ini, bisa dibayangkan seberapa cepat aliran air mencapai tanah sehingga di bawahnya Anda menemukan kolam alami yang cukup dalam.

Selain tinggi, lokasi air terjun ini juga berada di dataran tinggi Gunung Panderman. Diukur dari permukaan laut, Coban Rais berada pada ketinggian kurang lebih 1.025 meter di atas permukaan laut.

Udara di area air terjun sangat dingin, disarankan pengunjung yang akan berkunjung ke lokasi menggunakan jaket atau pakaian hangat lainnya untuk mengurangi hawa dingin.

Begitu juga dengan aliran air Coban Rais. Suhunya sangat dingin, bahkan ada yang bilang hampir sama dengan es krim dingin yang baru dikeluarkan dari kulkas.

Oleh karena itu, bagi yang tidak tahan dingin, disarankan juga untuk tidak berenang atau bermain air. Yang terbaik adalah menikmati liburan di Coban Rais dengan memanjakan mata melihat keindahan alam yang mengelilingi Anda.

Pesona Coban Rais Malang

Daya tarik objek wisata ini akan lebih menguntungkan bagi wisatawan yang menyukai petualangan.

Pasalnya, untuk menuju lokasi, pengunjung terpaksa mengeluarkan tenaga ekstra untuk menempuh jarak hingga 7 kilometer dari tempat parkir.

Meski saat ini jalan di depan sudah diperbaiki dengan pemasangan paving biruOke, tapi jalur menanjak dan berliku tetap menyulitkan bagi yang belum terbiasa mendaki.

Trekking di Coban Rais

coban-rais-dihantuiinstagram.com/rentaloutdoorlabama

Jalan menanjak dan berliku menuju lokasi Coban Rais bagi wisatawan yang menyukai tantangan akan menjadi medan melakukan perjalanan yang menyenangkan.

Selama kurang lebih 30 menit hingga 1 jam, pengunjung akan menyusuri jalan setapak yang sebagian masih belum mendapatkan bagiannya paving biruOke.

Perjalanan akan semakin sulit ketika ia segera tiba di lokasi Coban Rais.

Selain banyak bebatuan dan pohon tumbang yang terkadang menghalangi, jalanan juga terkadang sangat licin karena terkena air yang terbawa oleh kaki pengunjung setelah menyeberangi sungai.

Namun di tengah perjalanan, pemandangan alam sangat mempesona.

Lamanya perjalanan sebenarnya bukan hanya karena sulitnya medan tetapi karena ujungnya sering berhenti di beberapa tempat tempat istirahat atau berfoto.

Sesampainya di lokasi air terjun, kenikmatan berpetualang akan semakin sempurna dengan penampilan Coban Rais yang sangat indah.

Spot foto di Coban Rais

coban-rais-spot-fotoinstagram.com/purtirnd

Bagi yang belum cukup kuat untuk menjelajah ke lokasi Coban Rais, kunjungan ke lokasi ini bisa dialihkan ke beberapa wahana yang sudah disiapkan pengelola.

Di antara wahana yang tersedia, salah satu yang tidak boleh dilewatkan adalah kunjungan Spot foto Coban Rais bernama Stone Flower Garden dan Hobbit House.

Di jalan taman bunga batu taman bunga sudah tersedia serta beberapa tempat gambaran yang cukup menarik.

Tempat Foto datang dalam bentuk berbagai posisi tampilan dan juga tempat tidur gantung berbagai jenis.

Selain itu, ada juga tempat berupa ayunan dan wahana seperti sepeda udara yang dapatmengeksplorasi pengunjung.

Wahana ini akan cukup menyenangkan dan worth it sebagai pengganti pengalaman jalan-jalan yang tidak sempat karena tidak bisa melintasi medan terjal menuju lokasi Coban Rais.

Baca juga: Taman ekologi hijau Batu Malang

Alamat Coban Raïs

Alamat objek wisata Coban Rais berada di Dusun Dresel, Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

Untuk mengakses tempat parkir dari pusat kota Batu, pengunjung hanya membutuhkan waktu 20 menit dengan jarak tempuh hanya 6 kilometer.

Jalan ke Coban Rais

gambar-coban-raisinstagram.com/clr.shintya

Jalan ke Coban Rais juga sangat mudah. Pengunjung Kota Batu hanya perlu mengarahkan tujuannya ke Batu TV Studio dari Terminal Batu.

Setibanya di studio Batu TV, akan ada papan penunjuk jalan yang akan mengarahkan pengunjung ke tempat parkir Coban Rais.

Baca juga: Coban Rondo Batu Malang

Jam Buka Coban Rais

Air terjun ini buka setiap hari, hari kerja dan hari libur. Jam bukanya sama, yaitu mulai pukul 7 pagi hingga 4 sore.

Hari kunjungan Jam operasional
Setiap hari 07.00 – 16.00 WIB

Baca Juga: Keindahan Air Terjun Tumpak Sewu, Lumajang, Jawa Timur

Harga Tiket Masuk Coban Rais

jam buka-coban-raisinstagram.com/zaskia_gotikers

Harga tiket masuk objek wisata Coban Rais tergolong sangat murah. Biaya masuknya hanya Rp 10.000 per orang.

Hari Harga tiket
Setiap hari Rp 10.000

Namun selain membeli tiket masuk, pengunjung yang masuk ke wahana Batu Flower Garden tentunya akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp25.000.

Kemudian, bagi yang membawa kendaraan pribadi, ke tempat parkir juga harus membayar pajak sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Baca juga: daerah wisata Coban Talun Batu Malang

Fasilitas di Coban Rais Malang

Fasilitas umum di sekitar objek wisata Coban Rais cukup. Meski belum bisa dikatakan penuh, namun sudah ada fasilitas seperti tempat parkir, toilet, mushola, warung makan dan penjual souvenir.

Bagi pengunjung yang tidak membawa bekal, di sekitar lokasi banyak terdapat warung makan yang menjajakan menu kuliner khas Jawa Timur, seperti bakso malang, rawon, tahu campur.

harga-tiket-coban-kenaikaninstagram.com/samncus

Baca juga: Pemandangan & Tengara di Malang

Coban Rais Malang Sebelumnya, lebih direkomendasikan untuk wisatawan petualang.

Namun, dengan beberapa wahana pelengkap yang terletak tidak jauh dari tempat parkir mobil, kini Coban Rais juga cocok untuk wisatawan segala jenis dan usia.

Informasi di atas telah kami rangkum dari berbagai sumber dengan sangat memperhatikan validitas data. Oleh karena itu, jika ada kesalahan atau kesalahan informasi, kami harap Anda tidak keberatan memberi tahu kami.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button