5 Rekomendasi Wisata Edukasi Satwa di Jawa Timur - WisataHits
Jawa Timur

5 Rekomendasi Wisata Edukasi Satwa di Jawa Timur

Liburan Natal dan Tahun Baru 2023 tidak akan datang dalam waktu dekat. Berkumpul dan jalan-jalan bersama keluarga bisa menjadi agenda untuk merayakannya. Wisata edukasi tidak hanya menawarkan hiburan, tetapi juga wawasan dan pengalaman. Tempat ini tidak hanya menghibur, tetapi juga belajar. Contohnya adalah belajar tentang dunia binatang.

Biasanya Anda mengenal dunia binatang dengan mengunjungi kebun binatang. Namun, ada tempat lain lho yang tak kalah seru dan menarik. Yuk simak rekomendasi tempat wisata edukasi satwa di Jawa Timur berikut ini!

1. Taman Hutan Mojosemi

5 Rekomendasi Wisata Edukasi Satwa di Jawa Timur yang Cocok untuk Nataru!Ilustrasi suasana di Mojosemi Dinosaurus Park (instagram.com/Mojosemi Dinosaurus Park)

Wisata edukasi di Kabupaten Magetan ini memperkenalkan konsep alam. Anda dan keluarga akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah dan udara yang bersih. dilaporkan taman hutan mojosemi, toko, situs web, Wahana yang tersedia antara lain Glamping (Glamourous Camping), Outbound, dan Dinosaurus Park.

Wahana yang paling menarik untuk berwisata dan belajar tentang dunia binatang adalah Dinosaurus Park. Wahana di Taman Dinosaurus memiliki 20 replika dinosaurus ukuran penuh.

Wahana di Dinosaurus Park sendiri terbagi menjadi tiga area diantaranya Dino Park, Dino Hunter dan Dino Show. Dino Show hanya tersedia pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional. Di Wahana Dinosaurus Park, Anda akan merasakan keberadaan dinosaurus di luar ruangan. Anda juga bisa belajar tentang jenis-jenis dinosaurus. Anda dan keluarga juga bisa berinteraksi dan berfoto dengan replika dinosaurus.

Lokasi Taman Hutan Mojosemi: Raya Sarangan Cemorosewu Km.5 Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Jam buka Mojosemi Forest Park: 08.00 WIB – 16.00 WIB

Biaya masuk ke Taman Hutan Mojosemi: Rp35.000

Harga tiket Dino Show: Rp 20.000

2. Museum Satwa

5 Rekomendasi Wisata Edukasi Satwa di Jawa Timur yang Cocok untuk Nataru!Ilustrasi suasana di Museum Satwa (instagram.com/explore_batu)

Museum Satwa berada di kawasan Jatim Park 2. Bahkan tiket dapat dibeli dengan cara membeli tiket masuk di Jatim Park 2. Museum ini merupakan museum satwa terbesar di Indonesia.

Museum satwa ini memiliki tidak kurang dari 1.000 spesies hewan dan 10.000 serangga. Hewan dan serangga liar ini berasal dari berbagai belahan dunia. Hewan ini diawetkan dimana sebelumnya hewan ini mati dengan sendirinya. Artinya hewan-hewan yang diawetkan ini mati secara wajar, bukan karena diburu lalu dibunuh dan diawetkan. Jadi anda tidak perlu khawatir darimana hewan ini berasal, karena hewan ini datang secara legal.

Tidak hanya hewan, miniatur habitat asli hewan yang diawetkan juga dibuat di museum satwa ini. Jadi hewan-hewan ini ditata seperti ini beserta miniatur habitatnya. Selain hewan dari berbagai belahan dunia, museum ini juga menampilkan fosil dan replika tulang dinosaurus, serta evolusi mamalia selama berabad-abad. Tidak hanya dilihat secara visual, setiap hewan diberikan deskripsi khusus sehingga Anda dapat dengan mudah memahaminya.

Lokasi museum hewan: J L. Oro-Oro Ombo No. 9, Mata Pelajaran, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur

Jam buka museum satwa liar: 09.30 – 17.30 WIB

Harga tiket untuk hari biasa museum satwa liar: Rp 140.000

Biaya masuk pada hari libur untuk museum satwa liar: Rp 160.000

Baca Juga: Dua Hewan Ikonik Kaltim Dievakuasi Warga di Jatim

3. Wisata susu desa

5 Rekomendasi Wisata Edukasi Satwa di Jawa Timur yang Cocok untuk Nataru!Representasi suasana Dinasti Kampung Susu (instagram.com/Kampung Susu Dynasty)

Berada di Kabupaten Tulungagung, Kampung Susu Dinasty merupakan objek wisata edukasi yang berwawasan ekologis. Mengusung konsep perangkat pembelajaran seputar dunia peternakan yang dikemas secara kreatif, inovatif dan menarik.

dilaporkan kampungsusudinasty Diketahui, pada awalnya pada tahun 2008 objek wisata ini hanyalah sebuah peternakan sapi perah biasa. Pada tahun 2013 dikembangkan melalui pembuatan produk susu pasteurisasi. Namun pada tahun 2008 dan 2013 pendapatan yang diperoleh masih sama, tidak terlalu besar. Tidak ada peningkatan penjualan karena distribusi mahal.

Ide pembukaan datang dari pengalaman ini “Wisata Edukasi Dinasti Kampung Susu”. Tempat wisata ini sangat seru untuk Anda jadikan sebagai objek pembelajaran dan menikmati olahan susu pasteurisasi langsung di tempat produksi. Aktivitas Paket Wisata Edukasi yang dapat Anda nikmati antara lain:

  • Untuk memerah susu sapi
  • Pengenalan Biogas & Manfaatnya
  • Temui dan beri makan sapi
  • belajar memasak susu
  • Bercocok tanam dengan media pupuk cair
  • Belajar menjadi dokter hewan kecil
  • kewiraswastaan

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

Melalui kegiatan yang ditawarkan Anda akan mendapatkan banyak pengetahuan tentang dunia perah sapi. Selain itu, pemandangan alam yang ditawarkan juga cantik untuk selfie.

Lokasi Dinasti Kampung Susu: Jalan Raya Gondang, Bakalan, Sidem, Tulungagung, Jawa Timur

Harga tiket reguler Kampung Susu Dynasty: Rp5.000

Harga Paket Pendidikan TK dan SD di Dinasty Kampung Susu : Rp35.000-Rp45.000 (minimal 30 siswa)

Jam buka Village Milk Dynasty: 08.00 – 16.30 WIB

4. Taman Ikan Blitar

5 Rekomendasi Wisata Edukasi Satwa di Jawa Timur yang Cocok untuk Nataru!Penggambaran suasana di Taman Ikan Blitar (Website/fishgardenblitar.com)

Tempat wisata Taman Ikan Blitar di Kota Blitar ini menampilkan banyak sekali koleksi jenis ikan air tawar. Ikan ini berasal dari Indonesia dan luar negeri.

dilaporkan fishgardenblitar.com, Jenis ikan yang dimiliki beragam mulai dari ikan yang hidup di perairan dangkal hingga ikan terbesar di dunia. Ikan terbesar di dunia, yaitu Arapaima gigas dari Amazon di Amerika Serikat. Sedangkan ikan lokal termasuk Arwana/Siluk (halcleropages formosus), tapah (Wallago Leeri), koi dan masih banyak lagi.

Anda dapat memberi makan dan memegang ikan secara langsung. Pemandu juga siap memberikan pengetahuan tentang ikan kepada pengunjung, khususnya pengunjung paket edukasi. Selain untuk mengenal dunia ikan, anda juga bisa mencoba fasilitas lainnya seperti:

  • Spa Ikan
  • Kebun sayur
  • taman kelinci
  • taman bermain
  • kolam renang anak

Selain senang, pengetahuan dan wawasan Anda tentang dunia hewan, khususnya ikan, dijamin akan bertambah.

Lokasi Taman Ikan Blitar: Jalan Bengawan Solo 101, Kota Blitar, Jawa Timur

Harga Tiket Reguler Fish Garden Blitar : Rp 13.000

Harga Paket Edukasi Fish Garden Blitar per orang : Rp 15.000 (minimal 10 orang)

Jam buka taman ikan Blitar: 08.00 – 17.00 WIB

5. Peternakan Kuda Megastar

5 Rekomendasi Wisata Edukasi Satwa di Jawa Timur yang Cocok untuk Nataru!Ilustrasi suasana di Pt Peternakan Megastar Indonesia (facebook.com/Pt Peternakan Megastar Indonesia)

Daerah Kota Batu ini awalnya adalah peternakan kuda. Seiring berjalannya waktu ia melebarkan sayapnya menjadi tujuan wisata, namun peternakannya tetap berjalan. Di tempat wisata ini Anda bisa melihat kuda-kuda yang berlari bebas dengan pemandangan alam yang indah. Ada juga taman bunga matahari tempat Anda bisa berfoto selfie.

Selain melihat kuda, kamu juga bisa menambah pengetahuan tentang seluk beluk perawatan kuda. Ditemani pemandu, Anda bisa menikmati sensasi menunggang kuda atau sekadar berswafoto.

Lokasi Peternakan Kuda Megastar: J L. Kabupaten Barat, Dusun Dresel, Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu

Waktu operasi Peternakan Kuda Megastar: 08.00 – 16.30 WIB

Biaya masuk ke Peternakan Kuda Megastar: Rp 25.000

Biaya masuk untuk menunggang kuda di Megastar Horse Farm: Rp 50.000 per 30 menit

Harga kursus berkuda di Megastar Horse Ranch: Rp 500.000 per bulan

Menarik untuk dikunjungi bukan? Hati terhibur, penat hilang dan pengetahuan tentang dunia binatang bertambah. Cocok untuk mengisi liburan natal dan tahun baru 2023 bersama keluarga.

Baca Juga : 9 Rekomendasi Wisata di Pacitan Jawa Timur yang Cocok untuk Mengisi Liburan

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button