Coban Putri Batu, air terjun eksotis dengan spot foto yang Instagramable - WisataHits
wisatahits

Coban Putri Batu, air terjun eksotis dengan spot foto yang Instagramable

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Tlekung, Kec. Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Jika kita berbicara tentang Coban Putri, kalian pasti sudah bisa menebak bahwa tempat wisata ini terletak di provinsi Jawa Timur tepatnya di kota Batu. Tempat wisata ini banyak dikunjungi wisatawan selain karena keindahan pemandangannya, lokasinya pun tidak sulit untuk ditemukan.

Kota Batu yang biasa disebut Kota Apel ini memiliki banyak air terjun, namun masing-masing lokasi air terjun memiliki kelebihannya masing-masing. Begitu juga dengan Coban Putri. Karena tempat ini masih tergolong baru berkembang karena potensi wisatanya, Anda masih bisa melihat keindahan alam air terjun ini.

Tak hanya menonjolkan keindahan alamnya, Coban Putri juga memiliki pot foto yang dapat digunakan saat mengabadikan momen dalam foto. Tambahkan lebih banyak, pot foto memiliki bentuk yang unik. Jika Anda berdiri di atasnya, Anda tidak hanya bisa berfoto dengan pot foto Anda akan dapat menikmati pemandangan alam yang unik dan hijau khas daerah perbukitan.

Daya Tarik Coban Putri

Daya Tarik Coban PutriKredit Gambar: Twitter.com @alexjourneyid

Meski Coban Putri memiliki air terjun sebagai objek wisata utamanya, ada beberapa hal menarik lainnya yang bisa Anda lihat di tempat wisata ini. Berikut beberapa daya tarik yang dimiliki oleh objek wisata alam yang indah ini.

1. Air Terjun

Jika Anda lelah dengan hiruk pikuk kota besar dan menginginkan suasana yang menenangkan, mengunjungi air terjun mungkin salah satu jawabannya. Coban Putri memiliki air terjun yang tidak terlalu tinggi, yaitu sekitar 20 meter, namun tidak menjadikan air terjun ini sebagai kawasan wisata yang dipandang sebelah mata.

Suara air terjun, berpadu dengan pemandangan hijau dan suhu udara yang sejuk, membuat semua orang betah berlama-lama di sekitar kawasan air terjun ini. Jika Anda adalah orang yang suka bermain air, Anda bisa melakukannya di kolam bendung yang memang sengaja didesain untuk pengunjung yang ingin bermain air di kawasan air terjun ini.

Dari loket tiket, Anda harus berjalan kaki sekitar lima belas menit untuk mencapai lokasi air terjun. Di sepanjang perjalanan Anda bisa menemukan pepohonan yang menjulang tinggi dan cukup lebat, pemandangan yang tentunya sulit ditemui di perkotaan.

2. Tempat Foto Ikonik

Jika Anda tipikal turis yang tidak bisa menghabiskan waktu di tempat wisata tanpa berfoto, Coban Putri adalah tempat wisata alam yang cocok untuk Anda. Pasalnya, di tempat wisata air terjun ini, Anda bisa menemukan beberapa spot foto kekinian yang pastinya cocok untuk diunggah ke laman media sosial Anda.

Sebut saja pos pengamatan “tangan para dewa” dan pos pengamatan berbentuk bintang. Bahkan untuk menggunakan pot foto Untuk ini Anda harus merogoh saku lagi seharga Rp 10.000,- (harga masuk belum termasuk tiket untuk setiap photopot), Anda tidak akan menyesal jika mencoba berfoto di pot foto memiliki lokasi wisata Coban Putri ini.

Lokasi photospot “hand of god” ini memang berbentuk tangan yang menghadap ke atas. Uniknya, photopot ini terbuat dari anyaman ranting kayu dan begitu Anda berdiri di atasnya, Anda bisa melihat pemandangan perbukitan dari spot ini.

Selain “tangan para dewa”, Anda juga bisa menemukan spot foto gardu pohon berbentuk bintang. Spot ini masih tergolong baru dibandingkan dengan photospot sebelumnya, namun karena menawarkan pemandangan yang tidak kalah indahnya, spot ini juga menjadi populer.

Masih di tempat yang sama dengan lokasi spot foto gardu pohon bintang, kamu bisa mencoba ayunan unik yang tak kalah populer dengan spot foto lainnya. Anda tidak perlu khawatir jatuh karena petugas akan memasangnya memanfaatkan untuk mengamankan wisatawan yang ingin mencoba wahana tunggal ini.

Daya Tarik Coban PutriKredit gambar: Google Maps (Sadcandra Putra)

3. Wahana rubah terbang

Tempat wisata di Coban Putri juga menawarkan permainan yang memicu adrenalin Anda, yaitu: Rubah terbang. Dengan mencoba wahana ini, kamu bisa menguji keberanian untuk “menaklukkan” ketinggian sambil menikmati pemandangan hijau yang masih sangat alami. Namun, wahana ini hanya diperuntukan bagi anak-anak dan remaja.

4. Wahana off road

Meski wahana ini tidak berada di tempat yang sama dengan air terjun, namun wahana offroad ini masih bisa Anda temukan di kompleks tempat wisata air terjun ini. Dari loket masuk, Anda bisa menemukan tanda yang akan mengarahkan Anda ke lokasi wahana ini.

Sebuah adrenalin? Tentu! Karena di wahana ini Anda akan ditantang untuk menaklukkan jalanan berlumpur sejauh kurang lebih 2 kilometer. Bersiaplah untuk berganti pakaian jika Anda berani mencoba wahana ini, oke!

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Coban PutriKredit gambar: Google Maps (Ratih Arum)

Lokasi wisata Coban Putri terletak di kawasan Tlekung, Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur. Dari alun-alun kota wisata Batu, Anda hanya perlu berkendara dengan jarak tempuh sekitar 8 kilometer ke arah selatan.

Anda bisa menggunakan aplikasi peta online untuk mencapai lokasi air terjun. Dari Alun-Alun Kota Wisata Batu, rute yang bisa ditempuh antara lain: Jl. Sudiro – Jl. WR Supratman – Jl. Stadion Utara – Jl. Stadion Barat – Jl. Abdul Gani Atas – dan Jl lambat.

Meskipun dapat diakses dengan sepeda motor dan mobil, jalan menuju lokasi wisata ini agak sempit dan menanjak. Ini akan lebih terasa ketika Anda sampai di sana. Rute dari Comptoir menuju air terjun masih belum sebagus jalan kota (masih tanah). Perlu diperhatikan juga bahwa jalan menuju tempat parkir mobil sempit dan bisa menyulitkan jika Anda mengendarai kendaraan roda empat.

Karena lokasinya yang cukup dekat dengan pusat kota, di peta Anda bisa menemukan bahwa Anda bisa menggunakan jasa transportasi online untuk menuju lokasi. Namun hal ini tidak disarankan karena akses menuju lokasi akan lebih mudah dan nyaman jika menggunakan kendaraan pribadi khususnya kendaraan roda dua.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Coban PutriKredit gambar: Google Maps (Wildan Jisung)

Berbagai atraksi yang ditawarkan tidak membuat Coban Putri menjadi destinasi wisata yang berat bagi kantong wisatawan. Hanya dengan merogoh kocek Rp 10.000 wisatawan sudah bisa memasuki kawasan air terjun ini. Untuk mengambil gambar di beberapa Photoshop, Anda akan dikenakan biaya tambahan. Jangan khawatir, biayanya masih terjangkau kok, hanya Rp 10.000!

Bagi wisatawan yang membawa kendaraan, motor atau mobil, juga tersedia tempat parkir. Biaya parkir untuk sepeda motor Rp 3.000,- sedangkan untuk mobil Rp 5.000, masyarakat sekitar yang mengelola lahan parkir ini; Meski terkesan sederhana, keamanan di tempat ini benar-benar terjamin.

Aktivitas Seru Di Coban Putri

Aktivitas Seru di Coban PutriKredit gambar: Instagram.com @maya_aprilia17

1. Manfaatkan kawasan hutan lindung

Dengan semakin luasnya kawasan yang berkembang menjadi kawasan perkotaan, tak heran jika Anda ingin rehat sejenak dari pusat kota. Di tempat di Coban Putri ini, Anda bisa menemukan jawabannya: lokasi wisata ini tidak begitu jauh dari pusat kota Batu, namun lokasinya masih sangat alami.

2. Nikmati pemandangan air terjun

Perjalanan dari loket tiket menuju lokasi air terjun sendiri cukup lama, namun bersantai sambil menikmati pemandangan air terjun terbayarkan semua kepenatan yang Anda rasakan selama perjalanan. Jika Anda datang bersama keluarga, ada beberapa bangunan seperti gazebo yang bisa Anda gunakan untuk duduk-duduk dan beristirahat.

3. Ambil foto lucu di tempat yang ditentukan

Di era jejaring sosial seperti sekarang ini, agak sulit bagi saya untuk menahan diri untuk tidak membagikan momen-momen indah saat berkunjung ke lokasi wisata. Apalagi jika tempat wisata tersebut menawarkan spot foto yang didesain dengan baik untuk diabadikan. Kamera ingin mengabadikan momen perjalanan Anda!

Namun, bukan berarti Anda hanya bisa menikmati spot-spot foto tersebut. Jangan lupa untuk mengabadikan indahnya pemandangan perbukitan di sekitar air terjun, apalagi jika Anda adalah penggemar foto landscape. Pemandangan sekitar yang masih sangat hijau tentunya akan menjadi objek yang sayang untuk dilewatkan.

Hal yang Dapat Dilakukan di Coban PutriKredit gambar: Instagram.com @novanardita

4. Berenang atau Bermain di Kolam Bendung Di Bawah Air Terjun

Meski tidak didesain khusus untuk berenang, Anda bisa bersantai bermain air bersama teman atau keluarga di kolam yang didesain khusus untuk membendung aliran air terjun. Tentu saja, jangan lupa membawa baju ganti.

Selain itu, pastikan untuk selalu berhati-hati saat bermain di sekitar area air terjun dan kolam bendungan, karena terdapat bebatuan yang licin atau tajam. Dengan demikian, batu-batuan tersebut kemungkinan besar akan melukai kaki wisatawan yang lewat atau bahkan menyebabkan terpeleset.

5. Mainkan wahana yang memacu adrenalin

Tidak menyenangkan jika melewatkan wahana-wahana yang sulit seperti offroad atau liburan di Coban Putri rubah terbang. Meski sama-sama membutuhkan biaya yang relatif lebih tinggi dari sekedar mengambil foto pot foto Pengalaman unik dan mendebarkan yang mereka tawarkan membuat kedua wahana ini wajib untuk dilakukan.

Fasilitas yang tersedia di Coban Putri

Fasilitas Coban PutriKredit gambar: Google Maps (Asep Saifudin)

Fasilitas yang disediakan pengelola lokasi wisata memang tidak mewah. Bahkan, terkesan seperti dia. Namun, fasilitas tersebut bisa dibilang cukup untuk memenuhi kebutuhan wisatawan. Misalnya, tempat parkir. Lahan parkir yang tersedia tentu cukup, namun sesak jika beberapa kendaraan roda empat juga memenuhi lahan parkir tersebut.

Selain itu tentunya Coban Putri memiliki berbagai fasilitas dasar lainnya seperti mushola, toilet dan warung makan. Namun, jumlah kursi yang dimiliki warung makan ini tidak banyak. Jadi ingatlah untuk membawa makanan dan tikar sendiri dari rumah. Pikirkanlah, piknik semacam ini dapat menghemat uang Anda untuk makanan.

Jika Anda hanya ingin menghangatkan diri di tempat wisata alam yang terkenal ini, Anda bisa membeli jajanan dan kopi, teh atau minuman panas lainnya dari warung-warung yang tersedia. Mungkin harga yang ditawarkan sedikit lebih mahal dari harga pasar, namun menikmati kopi atau teh yang baru diseduh membuat Anda lebih tenang, apalagi jika dipadukan dengan udara segar dan suasana pedesaan yang asri.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk segera mengunjungi Coban Putri? Anda perlu persiapan agar pengalaman perjalanan Anda ke air terjun ini memuaskan. Selain menyiapkan kendaraan, uang dan perlengkapan pribadi, perlu diketahui bahwa tidak disarankan mengunjungi tempat ini pada hari mendung atau setelah hujan, karena jalanan akan licin dan bisa berbahaya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button