Wisata Air Terjun Indah Eksotis Coban Putri di Kota Batu - WisataHits
wisatahits

Wisata Air Terjun Indah Eksotis Coban Putri di Kota Batu

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 09.00-17.00 WIB, Alamat: Tlekung, Kec. Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur.; Kasus: Cek lokasi

Coban Putri merupakan salah satu destinasi wisata favorit berupa air terjun di kota Batu, Jawa Timur. Udara dingin dan segar sering mengelilingi lokasi air terjun ini setiap hari. Destinasi ini masih mempertahankan keaslian alamnya karena jarang dikunjungi wisatawan. Anda bisa menghirup udara segar sambil bermain air di air terjun.

Pemerintah dan warga setempat telah membuat berbagai presentasi destinasi wisata tersebut di internet agar semakin dikenal dan banyak dikunjungi wisatawan. Padahal, destinasi ini memiliki harga masuk yang relatif murah dengan puluhan pesona alamnya. Dengan layanan istimewa ini, liburan Anda akan semakin memuaskan.

Air terjun tempat wisata ini mengalir deras dan akan menuju ke sebuah kolam kecil yang tenang. Kolam kecil akan berkilau dan indah saat terkena sinar matahari dari pagi hingga siang hari. Ketinggian Coban Putri sekitar 20 meter dan ditumbuhi berbagai rerumputan dan bebatuan di sekitarnya.

Daya Tarik Coban Putri

Tengara Coban PutriKredit gambar: Twitter Ind: @MalangChannel

1. Spot foto menarik

Daya tarik pertama destinasi wisata Coban Putri adalah adanya spot foto keren di kawasan tersebut. Banyak wisatawan yang sengaja mengunjungi air terjun ini hanya untuk berfoto di spot foto bernama Tangan Tuhan atau Pancawara. Spot foto ini dibangun menggunakan ranting kayu yang kuat dengan desain lima jari manusia berwarna kuning.

Siapa pun yang mengambil foto di tempat ini akan mendapatkan pemandangan alam terbaik di latar belakang. Banyak anak muda yang mengajak pasangannya untuk berfoto romantis di Tangan Tuhan. Kami merekomendasikan pemotretan pada sore atau malam hari untuk hasil terbaik karena efek panorama alam.

Spot foto lainnya adalah Tree Substation yang memiliki bentuk unik seperti bintang dan terlihat kekinian. Bagi Anda yang menyukai spot foto yang memicu adrenalin, Anda bisa mencoba Sky Swing di destinasi wisata ini. Mencoba berayun di atas bukit akan sangat menegangkan tetapi akan menghasilkan bidikan yang menakjubkan.

2. Air Terjun Putri

Air terjun ini merupakan tempat tujuan utama yang biasa dikunjungi wisatawan untuk melepas penat setelah lelah bekerja. Air terjun ini mengalir dalam dua arah yang akan berhenti di sebuah kolam di bawahnya. Anda bisa bermain air, berenang atau sekedar menikmati pemandangan dari air terjun.

Anda bisa berjalan melintasi jembatan bambu di depan air terjun Putri ini. Tak hanya air terjun, bebatuan dan tumbuhan di sekitarnya juga memberikan pesona indah yang membuat destinasi ini terlihat sempurna. Anda bisa memanjakan mata dengan duduk di bebatuan sambil menikmati semilir angin yang sejuk.

3. Wahana off-road

Coban Putri memiliki atraksi lain berupa sensasi berkendara yang sangat seru dan menegangkan bernama Wahana Offroad. Kendaraan tunggal ini menyuguhkan lokasi berlumpur hingga 2 kilometer untuk dilalui mobil. Anda bisa menikmati wahana ini bersama teman-teman agar liburan menjadi berbeda dan jauh lebih menyenangkan.

Terdapat fasilitas berupa mobil khusus untuk bermain di Offroad Ride ini. Mengendarai mobil di jalur yang sangat sulit dan terjal tentunya membutuhkan konsentrasi hingga akhir. Wahana Offroad kini menjadi spot favorit yang banyak dicoba wisatawan saat mengunjungi destinasi tersebut.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Coban PutriKredit gambar: Google Maps Rizkie Kurniawan

Coban Putri terletak di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur. Daerah ini biasa disebut Oro-oro Ombo oleh masyarakat setempat. Meskipun objek wisata ini baru berdiri selama 4 tahun, namun jumlah kunjungan wisatawan semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Rute menuju destinasi wisata ini memiliki rute yang cukup mudah untuk ditempuh dengan berbagai macam kendaraan, baik itu mobil, motor ataupun bus. Dari pusat kota Batu, Anda hanya perlu mencari Jalur Lingkar Barat di desa Tlengkung. Setelah melewati jalur tersebut, berkendaralah kendaraan sejauh kurang lebih 500 meter untuk sampai ke tempat wisata air terjun.

Namun, bagi Anda yang membawa mobil, tidak bisa langsung memarkir kendaraan di lokasi wisata. Anda harus memarkir mobil di tempat parkir di gerbang utama. Setelah itu, Anda bisa naik ojek dua kali dengan biaya sekitar 20.000 rupee.

Anda bisa masuk langsung melalui pintu gerbang jika menggunakan sepeda motor untuk Coban Putri. Anda harus lebih berhati-hati karena jalan untuk sepeda motor menuju destinasi wisata ini penuh dengan bebatuan dan cukup berbahaya.

Harga tiket masuk objek wisata

Tiket Putri CobanKredit gambar: Google Maps Tata Adika

Untuk masuk ke destinasi wisata Coban Putri, Anda harus membeli tiket terlebih dahulu dengan harga 10.000 rupiah per orang. Sedangkan untuk biaya parkirnya sendiri yaitu 3000 dan 5000 rupiah untuk motor dan mobil. Jika Anda menggunakan bus grup, harga parkir dapat berubah menjadi lebih tinggi daripada kendaraan lain.

Namun harga tiket tersebut hanya untuk menikmati lokasi air terjun dan belum termasuk lokasi Offroad Wahana atau Spot Foto. Anda harus membayar 35.000 rupee untuk menikmati wahana off-road. Sementara itu, setiap spot foto di destinasi wisata ini dikenakan tiket masuk sebesar 10.000 rupee.

Destinasi wisata ini tidak bisa dikunjungi wisatawan selama 24 jam, kecuali yang sudah meminta izin untuk berkemah di sana. Memang destinasi ini memiliki jam buka dengan jam buka pukul 09.00 dan tutup pukul 17.00. Anda dapat menikmati tur selama sehari penuh dengan biaya yang relatif murah.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Coban Putri

Kegiatan Putri CobanKredit gambar: Google Maps Andi Wijaya

1. Berenang

Aktivitas menarik pertama saat mengunjungi Coban Putri adalah berenang di kolam yang dialiri air terjun Putri. Kolam renangnya memiliki air putih yang sangat bersih dan jernih, sehingga nyaman saat digunakan untuk berenang. Anda bisa mengajak anak-anak atau teman untuk merasakan keseruan bermain air di kolam renang.

Anda bahkan diperbolehkan membawa perlengkapan renang dari rumah untuk digunakan di air terjun ini. Namun, wisatawan yang berkunjung ke destinasi ini biasanya berenang sambil berfoto dengan hasil yang lebih keren.

2. Perkemahan

Destinasi ini menawarkan fasilitas camping bagi Anda yang ingin menginap dan menikmati keindahan alam air terjun selama 24 jam. Saat berkemah, Anda dapat melihat panorama matahari terbenam atau matahari terbit dari gunung di lokasi ini. Pastikan untuk membawa perlengkapan berkemah yang lengkap agar Anda bisa berlibur dengan nyaman di sini selama beberapa hari.

Kami menyarankan untuk membentuk kelompok terlebih dahulu ketika Anda pergi berkemah di destinasi Coban Putri ini. Hal ini dikarenakan minimnya wisatawan yang berkemah di sana. Pastikan juga Anda dan rombongan sudah memberi tanda dan meminta izin kepada warga sekitar sebelum camping, serta mematuhi aturan yang berlaku di area tersebut.

3. Bersepeda

Selain mengendarai mobil atau motor, bermain di tempat wisata ini lebih seru jika menggunakan sepeda selama perjalanan. Anda bahkan dapat berkeliling ke area sekitar air terjun dan tempat-tempat lain dengan sepeda. Menggunakan sepeda ini akan terasa lebih mudah karena bentuk jalan yang sempit untuk tempat wisata.

Namun, Anda harus tetap fokus karena jalur menuju tujuan cukup curam yang memungkinkan sepeda meluncur dengan mudah. Menggunakan sepeda sambil bermain akrobat ini akan menyenangkan saat Anda bersama sekelompok teman. Anda dapat dengan mudah menjelajahi berbagai tempat menarik tanpa harus berjalan kaki terlebih dahulu.

4. Ambil foto di tangan Dewa dan air terjun putri

Kegiatan Seru Coban PutriKredit gambar: Google Maps Hendrik Suhendrik

Aktivitas menarik selanjutnya yang bisa kamu lakukan di Coban yang indah ini adalah berfoto-foto di beberapa tempat. Anda akan menyesal berlibur di tempat wisata ini tanpa berfoto di sana. Memang lokasi favorit destinasi wisata ini dihadirkan agar wisatawan bisa mengambil foto terbaik di sana.

Ada dua tempat favorit untuk berfoto, yaitu Air Terjun Putri dan Tangan Dewa. Hasil foto-foto tersebut akan menjadi indah dan estetis ketika Anda melakukan pemotretan yang diterangi cahaya matahari. Pantulan cahaya alami pada air terjun atau tangan Tuhan akan membuat tempat tersebut lebih terang dan sempurna dalam foto yang diambil.

5. Bermain air di perahu karet

Coban Putri menawarkan perahu karet bagi anda yang ingin bersantai dan menenangkan diri sambil beristirahat di kolam dari air terjun. Anda bisa menikmati semilir angin atau deru air terjun sambil membaca buku, makan atau bercanda bersama teman.

Untuk mendapatkan sampan, Anda harus menyewanya terlebih dahulu dari panitia destinasi wisata ini. Aktivitas ini bisa memanjakan mata dan menenangkan pikiran setelah lelah berkendara ke tempat wisata.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Coban PutriKredit Gambar: Google Maps Ghost Ark

Karena masih merupakan destinasi wisata baru, fasilitas Coban Putri belum sepenuhnya lengkap. Terdapat beberapa fasilitas umum seperti area parkir yang mampu menampung puluhan kendaraan. Anda dan keluarga dapat bepergian dengan tenang karena kendaraan disimpan dengan aman di tempat parkir.

Terdapat juga beberapa toilet umum yang memudahkan Anda saat ingin berganti pakaian setelah bermain di air terjun. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir ketika ingin beribadah karena terdapat musholla yang mampu menampung puluhan orang. Anda dan keluarga bisa bersantai sambil makan siang di gazebo destinasi wisata ini.

Selain liburan biasa, Anda bisa berwisata kuliner dengan mencicipi berbagai kuliner khas kota Batu dari warung-warung yang ada di sekitar air terjun. Bahkan, destinasi ini menawarkan vila dan hotel bagi wisatawan yang datang dari luar kota. Tentunya hal ini memudahkan Anda dan menghemat kerepotan mencari akomodasi saat berwisata ke sana.

Demikian informasi dari tempat wisata Coban Putri yang sangat menarik di kota Batu. Saat berkunjung ke wilayah Jawa Timur, cobalah datang dan nikmati destinasi wisata tersebut. Selain dekat dengan pusat kota, Anda bisa menikmati keindahan air terjun dan hiburan lainnya yang akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button