Pantai Jetis Cilacap - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Jetis Cilacap – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Harga Tiket – Pantai Jetis adalah salah satu pantai indah di ujung timur Cilacap. Wisata laut yang hijau dan asri, menarik untuk dikunjungi saat liburan dan akhir pekan.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jetis, Kecamatan. Nusawungu, Kab. Cilacap, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Salah satu pantai di pesisir selatan Jawa yang memiliki pesona pemandangan alam yang menakjubkan adalah Pantai Jetis. Pantai ini terletak di Cilacap dan merupakan kawasan pertambangan tua yang telah berubah menjadi pantai yang indah.

Pantai yang terletak di wilayah selatan pulau Jawa ini memiliki ciri khas wilayah pesisir selatan. Yakni ombak tinggi dan perbukitan kapur. Gelombang kuat ini berasal dari aktivitas Samudera Hindia.

Salah satu hal unik yang bisa ditemukan di sini adalah keberadaan sungai di dekat pantai. Sehingga wisatawan tidak hanya menyusuri pantai tapi juga sungai sekaligus. Vegetasi pepohonan yang lebat membuat suasana menuju dan di pantai Jetis sangat nyaman untuk berwisata.

Atraksi Pantai Jetis

Atraksi Pantai JetisKredit gambar: Google Maps Pijar Pij

1. Pemecah Gelombang Dapat difoto

Lokasi pantai indah di wilayah selatan Pulau Jawa ini memiliki ombak yang besar. Untuk menjamin keamanan wilayah pesisir, terdapat fasilitas pemecah gelombang. Bentuk pemecah gelombang yang berantakan di pantai ini menjadikannya sebuah karya seni yang menawan.

Ada juga bagian seperti jembatan yang membentang ke laut dengan aksen lubang yang tertata rapi. Untuk itu, sebagian besar wisatawan menggunakan pemecah gelombang ini sebagai lokasi pemotretan. Gambar yang diambil dari tempat ini sangat menarik.

2. Ada sungai di dekat pantai

Di dekat pantai Jetis terdapat sungai yang mengalir. Sungai ini merupakan pembatas antara Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Kebumen di sebelah timur. Di sebelah kanan dan kiri sungai ditumbuhi berbagai jenis tanaman seperti pohon kelapa, bakau, pohon salak, dll. Sungai ini disebut Sungai Ngijo.

3. Pantai Teduh

Jika Anda menyukai perjumpaan pantai yang banyak pepohonan, Pantai Jetis adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Di tempat ini, wisatawan dapat menemukan berbagai jenis pohon seperti cemara dan kelapa.

Sebelum dibuka sebagai tujuan wisata, tempat ini merupakan kawasan pertambangan. Setelah operasi dihentikan pada tahun 2007, PT ANTAM selaku pengelola lahan melakukan rehabilitasi. Saat itu, masyarakat meminta penghijauan pantai dengan menanam cemara, udang dan kelapa serta meratakan galian tambang lama.

Berkat penanaman tersebut, lokasi di sekitar pantai menjadi lebih hijau dan asri. Bahkan keberadaan hutan pinus telah dimanfaatkan oleh pengelola untuk menjadi tempat yang indah dan menarik bagi wisatawan.

4. Hutan cemara

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai JetisKredit gambar: Google Maps Pijar Pij

Penghijauan pasca penutupan areal tambang dan kepedulian masyarakat terhadap kelestarian alam pantai Jetis berdampak positif. Hal ini menjadikannya salah satu jenis pohon yang ditanam untuk tumbuh subur di kawasan ini.

Pohon itu adalah cemara. Pohon cemara semakin tumbuh dan membuat pemandangan pantai semakin menawan. Karena banyaknya pohon pinus yang tumbuh di area sekitar pantai, pantai ini mendapat julukan Cemara Sewu.

5. Pegunungan Kapur

Dari daratan, wisatawan bisa melihat hamparan pegunungan kapur yang dikelilingi pepohonan hijau. Gunung-gunung ini tampak kokoh meski telah dihantam ombak ganas Laut Selatan. Bagi Anda yang suka berfoto, tentunya Anda bisa menikmati pegunungan ini sebagai latar belakang yang sangat menarik.

6. Jalan menuju pantai

Perjalanan bisa menjadi bagian paling menarik dari sebuah tur. Jalan menuju Pantai Jetis menawarkan satu hal yang menarik, yaitu kebun semangka, melon dan timun asam yang bertebaran di kanan kiri jalan. Sepanjang jalan, berjajar petani menawarkan kebun mereka.

Alamat, rute, lokasi dan harga tiket Jetis.

Alamat pantai JetisKredit gambar: Google Maps Ridho Dwi Mardiyanto

Pantai ini terletak di ujung timur kota Cilacap, sekitar 40 km. Memiliki garis pantai sepanjang 3 km, ujung timur pantai berbatasan langsung dengan Kabupaten Kebumen. Secara administratif, pantai ini termasuk dalam wilayah Desa Jetis, Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Untuk menuju Pantai Jetis, pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda dua atau empat, baik pribadi maupun umum. Jalan menuju pantai ini cukup bagus dan mudah untuk dilalui.

Hanya saja jalanan ramai, terutama saat berangkat dan pulang kerja. Jadi, bagi Anda yang ingin berwisata ke sini sebaiknya mengatur waktu keberangkatan sesuai agenda yang telah disiapkan agar tidak terjebak dalam kepadatan kendaraan. Apalagi jika Anda berniat melakukan perjalanan liburan atau akhir pekan.

Untuk memasuki kawasan pantai yang berada di perbatasan Cilacap dan Kebumen, wisatawan harus membayar tiket untuk membeli tiket. Harga tiketnya sangat terjangkau. Setiap wisatawan dikenakan tiket seharga Rp 5.000 pada hari biasa dan Rp 10.000 pada hari libur.

Biaya parkir sendiri dibedakan untuk kendaraan roda dua dan roda empat. Mobil seharga Rp 5.000 sedangkan sepeda motor seharga Rp 3.000.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Jetis

Aktivitas menarik di Pantai JetisKredit gambar: Google Maps AzeeSgy

1. Naik perahu kecil

Salah satu aktivitas menarik yang bisa dilakukan di pantai ini adalah menaiki perahu kecil di tengah laut yang disediakan oleh para penggiat pariwisata setempat. Pengunjung akan diajak menikmati suasana di antara dua pantai, yaitu Pantai Jetis dan Pantai Logending. Pada kesempatan ini, wisatawan akan dibawa menyusuri sungai.

Dalam sekali perjalanan, perahu kecil itu bisa mengangkut sepuluh penumpang. Harga untuk sekali trip adalah Rp100.000 untuk satu perahu atau jika dibagi menjadi Rp10.000 per orang.

2. Pelacakan

Wilayah pesisir sendiri memiliki ekosistem yang sangat kaya. Ada pegunungan kapur, pantai dan air laut, banyak pohon dan sungai di dekat pantai. Keragaman ini menawarkan kesempatan kepada wisatawan untuk mengeksplorasi keunikan setiap sisi Pantai Jetis.

diikuti menjadi pilihan yang sangat menarik untuk dilakukan di kawasan wisata ini. Berjalan dapat memungkinkan Anda untuk melihat dengan jelas apa yang tidak jelas sebelumnya. Pastikan untuk membawa perbekalan yang cukup sebelum memulai aktivitas diikuti ini.

3. Joging di pantai

Pantai Jetis memiliki garis pantai sekitar 3 km. Dengan panjang tersebut, wisatawan bisa memanfaatkannya untuk jogging di sepanjang garis pantai yang ujung ke ujung. Pasir pantai yang hitam akan menambah tantangan saat Anda berlari. Pastikan untuk mengenakan pakaian yang tepat dan membawa minuman.

4. Ambil gambar

Ada banyak tempat yang bisa digunakan wisatawan untuk berfoto di kawasan pantai ini. Wisatawan bisa menggunakan pemecah gelombang, gunung, saat menaiki perahu, saat tracking dan balap dan semua aktivitas lain yang Anda lakukan. Jangan sampai menyesal karena tidak mengabadikan momen di pantai yang indah ini.

5. Piknik

Jika Anda pergi bersama keluarga, piknik menjadi pilihan yang bisa Anda lakukan di pantai Jetis. Anda bisa membawa tikar, makanan favorit, camilan favorit, dan minuman dingin untuk dinikmati bersama keluarga atau teman.

6. Berkuda

Di pantai ini terdapat persewaan kuda. Pengunjung yang menyewa akan ditemani dan diajak berkeliling pantai.

7. Naik sepeda gunung

Bagi anak-anak, bersepeda di pantai menggunakan ATV pasti akan menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Akomodasi murah dekat pantai Jetis

Akomodasi murah dekat pantai JetisKredit gambar: Google Maps Choerul Umam

1. Favehotel Cilacap

Favehotel terletak di Jalan Budi Utomo No. 38, Cilacap Selatan, Cilacap. Dengan harga mulai dari 300.000, pengunjung akan menikmati fasilitas berupa parkir, lift, restoran, layanan kamar, brankas, kolam renang, dan Wi-Fi gratis di tempat umum. Khusus untuk setiap kamar akan tersedia TV kabel, meja, pengering rambut, brankas dan shower.

Selain itu, ada juga area merokok dan area khusus merokok. Layanan lain yang dapat dinikmati di hotel ini adalah layanan pijat dan spa serta fasilitas rapat.

Hotel bintang 3 ini menawarkan berbagai tipe kamar dengan tipe dan ukuran yang berbeda-beda. Kamar yang bisa dipilih adalah tipenya kamar standar, kamar deluxe dan kamar suite.

2. Hotel Dafam Cilacap

Hotel Dafam merupakan salah satu hotel di Cilacap yang menawarkan fasilitas dan fasilitas untuk difabel. Hostel ini juga menawarkan area keluarga. Fasilitas yang tersedia adalah parkir, kafe, layanan kamar 24 jam, restoran, brankas, dan WiFi. Ada juga ruang keluarga, area bebas rokok, dan area khusus merokok.

Layanan hotel termasuk pelayan, keamanan 24 jam, binatu, penyimpanan bagasi, dan meja depan 24 jam. Kegiatan lain yang dapat dinikmati di hotel ini adalah layanan pijat, kolam renang luar ruangan, sauna, biliar, dan spa. Hotel Dafam juga menawarkan ruang bisnis dan pertemuan.

3. Hotel yang Damai

Jl.Rambutan no. 52, Pendowo, Tegalreja, Cilacap Selatan adalah alamat Hotel Damai. Salah satu akomodasi ramah backpacker ini berharga mulai dari 60.000 untuk kamar per malam. Sangat cocok bukan, bagi wisatawan yang menyukai bujet namun ingin tidur dengan nyaman.

Ada berbagai jenis kamar yang bisa dipilih pengunjung. jenis kelaminnya adalah Tempat di saver, tempat di kembar dan kamar dobel. Fasilitas yang tersedia adalah AC, area bebas rokok, parkir, Wi-Fi, dan staf multibahasa. Setiap kamar memiliki meja, shower, dan TV.

4. Hotel Tanjung Permata

Asrama memiliki berbagai fasilitas yang dapat digunakan pengunjung seperti ruang rapat, ruang rapat, proyektor. Tersedia juga ruang keluarga, area merokok, area bebas rokok, dan teras. Fasilitas lain yang bisa dinikmati adalah persewaan sepeda dan persewaan mobil.

Usulan harga single stay mulai dari 240 ribu untuk satu kamar. Jenis kamar yang tersedia Kamar VIP dan kamar suite.

Layanan yang tersedia di Jetis Plage Cilacap

Fasilitas Jetis Plage CilacapKredit gambar: Google Maps Pijar Pij

Pantai Jetis memiliki berbagai fasilitas untuk menunjang kegiatan wisata. Fasilitas tersebut antara lain tempat parkir kendaraan, mushola untuk beribadah, toilet dan akomodasi. Ada juga gazebo-gazebo yang berjajar rapi di pinggir pantai. Gazebo ini bisa digunakan untuk bersantai atau sekedar beristirahat.

Akses jalan menuju pantai ini juga cukup baik. Di sini juga terdapat penjual makanan dan minuman, baik makanan berat maupun jajanan. Ada juga pancuran yang bisa digunakan untuk membilas tubuh.

Pantai Jetis merupakan tempat yang cocok untuk dijadikan tujuan wisata bagi keluarga maupun individu. Terdapat berbagai fasilitas yang menunjang kegiatan wisata. Lingkungannya juga sangat indah.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button