Coba deh destinasi wisata tepi sungai ini, ada yang namanya Amazon Loh - WisataHits
Jawa Timur

Coba deh destinasi wisata tepi sungai ini, ada yang namanya Amazon Loh

AMAZON-LIKE: Nuansa alam dan keindahan yang luar biasa kerap menjadikan Sungai Maron sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di kawasan Asia Tenggara. INSTAGRAM seasia.co/asrul-ashadi

RADARDERPOK.COM – Selama ini Sahabat Radar Depok berlibur ke laut dan pantai hanya untuk refreshing atau bermain air. Mungkin hilirisasi destinasi wisata di Indonesia adalah pilihan baru.

Ya, wisata sungai adalah salah satu peluang liburan anti mainstream yang sayang untuk dilewatkan. Tidak hanya untuk melamun dan menenangkan pikiran, saat ini banyak destinasi wisata sungai di Indonesia yang menawarkan wisata minat khusus yang menarik untuk dicoba, seperti: B. Arung jeram atau arung jeram.

Dilansir situs Kemenparekraf, coba pengalaman baru di enam destinasi wisata sungai menarik di Indonesia untuk dijelajahi:

Sungai Mahakam

Destinasi wisata sungai pertama di Indonesia dan tujuan wisatawan adalah Sungai Mahakam di Kalimantan Timur. Sebagai sungai terpanjang kedua di Indonesia, Sungai Mahakam menawarkan pengalaman liburan tepi sungai yang menyenangkan.

Sungai sepanjang 920 kilometer ini menjadi rumah bagi hewan langka yakni lumba-lumba air tawar atau dikenal dengan sebutan Mahakam Pesut. Anda juga bisa bertemu langsung dengan raja udang, rangkong, bangau, lutung dan berang-berang di Sungai Mahakam.

Sungai Asahan

Bisa dibilang Sungai Asahan merupakan salah satu destinasi wisata primadona Sumatera Utara. Tidak hanya menjadi tujuan wisata utama bagi wisatawan lokal, Sungai Asahan juga menjadi tujuan para pecinta arung jeram karena merupakan tempat arung jeram terbaik ke-3 di dunia.

Jangan khawatir jika Anda seorang pemula karena Sungai Asahan memiliki banyak lokasi dan jeram untuk dipilih. Saat bermain arung jeram Anda akan disuguhi pemandangan tebing dan air terjun yang indah.

sungai maron

Berikutnya adalah Sungai Maron, salah satu destinasi wisata sungai di Indonesia yang hampir tidak pernah sepi pengunjung. Pasalnya, sungai yang terletak di Pacitan, Jawa Timur ini menawarkan pemandangan dan suasana seperti Amazon.

Meski harus melewati medan yang cukup menanjak dan terjal, Anda pasti tidak akan menyesal datang ke sini. Karena Anda akan disambut dengan pemandangan biru-hijaunya perairan Sungai Maron dan dikelilingi pepohonan rindang yang asri.

Sungai Ayung

Selain pantai, Bali juga memiliki destinasi wisata sungai yang menarik, yaitu Sungai Ayung. Sungai terpanjang di Bali di Kedewatan Ubud ini dikenal sebagai tempat arung jeram menurut “Skala Kesulitan Sungai Internasional” dengan enam tingkat kesulitan.

Di Sungai Ayung, Anda akan dibuat takjub dengan airnya yang jernih, udara yang sejuk dan pemandangan yang indah. Saking indahnya, panjang arung jeram di Sungai Ayung yang mencapai 10 kilometer ini terasa sangat mudah dan nyaman.

Sungai Cukang Taneuh

Destinasi wisata sungai di Indonesia selanjutnya yang tidak kalah menarik untuk dijelajahi terletak di Kabupaten Pangandaran yaitu Sungai Cukang Taneuh atau lebih dikenal dengan Green Canyon. Dalam bahasa setempat, Cukang Taneuh berarti “jembatan tanah”. Pemilihan nama ini didasarkan pada jembatan alam yang keluar dari tanah dan melintasi Sungai Cijulang.

Salah satu aktivitas menarik yang bisa Anda coba di Sungai Cukang Taneuh adalah naik perahu sambil menelusuri Sungai Cijulang. Sepanjang jalan Anda akan dibuat takjub dengan keindahan alam yang masih asli dan berjalan melewati gua-gua yang penuh dengan stalaktit dan stalagmit.

Sungai Musi

Destinasi wisata sungai lain yang sangat populer di Indonesia yaitu Sungai Musi, Palembang. Dijuluki sungai terpanjang di Sumatera, Sungai Musi menawarkan aktivitas dan pengalaman liburan yang menyenangkan dan tak terlupakan.

Saat berkunjung ke Sungai Musi, jangan lupa menyempatkan diri untuk mampir ke Pulau Kemaro yang terletak di tengah Sungai Musi. Di Pulau Kemaro, Anda bisa mengunjungi berbagai objek wisata menarik, seperti klenteng, pura Hok Tjing Rio atau pohon cinta.

Itulah beberapa rekomendasi destinasi wisata sungai di Indonesia yang layak untuk dikunjungi. Selamat Berlibur Sahabat Depot Radar. (rd)

Sumber: Menparekraf

Source: www.radardepok.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button