CITATAH Cliff 48 Tiket Gratis Exotic Karst Cliff Tour - WisataHits
wisatahits

CITATAH Cliff 48 Tiket Gratis Exotic Karst Cliff Tour

CITATAH Cliff 48 Tiket Gratis Exotic Karst Cliff Tour

Harga Tiket Masuk Tebing Citatah 48 : Gratis. Jam buka: 24 jam. Nomor Telepon: 085794115815. Alamat/Tempat: Citatah, Cipatat, Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia, 40554.

Tebing Benteng 48 tujuan wisata yang terkenal serta area panjat tebing. Kompleks Tebing Citatah sebenarnya memiliki tiga lokasi panjat tebing tergantung ketinggian tebing. Ada Tebing Citatah 48, Citatah 90 dan Citatah 125. Seperti namanya, tebing ini tingginya sekitar 48 meter.

Tebingnya lebih pendek dari dua lainnya, membuat Citatah 48 cocok untuk pemula. Keberadaan tebing ini terbentuk secara alami dan bebatuannya memiliki karakter yang menarik. Formasi tebing tersebut berasal dari batuan karst atau batugamping. Oleh karena itu, tempat ini digunakan sebagai area penggalian marmer.

Tiket Masuk Tebing Citatah 48

Untuk memasuki lokasi tebing tersebut, tidak dibutuhkan biaya sepeser pun. Parkir juga gratis untuk setiap pengunjung. Namun jika ingin melakukan panjat tebing, harus meminta izin ke Pusdiklat Batujajar. Pasalnya, Tebing Citatah 48 berada di bawah naungan tentara Kopassus.

Harga tiket
Tiket masuk Bebas

Baca: Tiket dan Aktivitas Stone Garden Bandung

Jam buka

Destinasi wisata Tebing Citatah merupakan wisata alam terbuka yang dapat dikunjungi setiap saat oleh pengunjung. Selain tidak memiliki aturan jam buka khusus bagi pengunjung. Jika ingin melakukan panjat tebing, sebaiknya datang saat matahari tidak terik. Bisa pagi sebelum jam 11 atau sore hari agar tidak terlalu panas.

Jam buka
Setiap hari 24 jam

Wisata Tebing Karst Citatah 48

Tebing Citatah 48 memiliki pesona tebing kapur yang cocok untuk didaki. Selain itu, mengunjungi tempat wisata ini juga tidak wajib anggaran Besar. Berikut sejumlah atraksi yang bisa dinikmati di kawasan wisata ini.

Pendakian dan lisensi

Tebing Citatah 48 yang megahTebing Citatah 48 yang megah. Foto: google maps/agah farhan

Tebing Citatah 48 sering digunakan Kopassus sebagai lokasi latihan fisik. Tebing karst cukup aman dan ideal untuk panjat tebing. Beberapa bagian tebing kapur tampak berlubang sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pegangan dan tumpuan. Pendaki harus membawa perlengkapan pendakian sendiri, seperti tali karmantel, harness, helm, carabiner dan lain-lain.

Selain Kopasus, masyarakat umum juga bisa memanfaatkan tebing ini sebagai tempat latihan panjat tebing (eskalasi). Namun, ada persyaratan yang mengharuskan pendaki mendapatkan izin terlebih dahulu. Calon pendaki diwajibkan mengajukan permohonan izin secara tertulis ke Pusdipassus Batujajar. Izin harus diajukan 1 bulan sebelum kegiatan karena prosesnya memakan waktu.

Baca: Tiket dan Atraksi BUNKER BATUJAJAR

Ruang luas di bawah tebing

Lapangan di bawah tebing bisa dijadikan tempat berolahraga. Pengunjung bisa melakukan senam, bersepeda atau permainan lainnya. Bagi mereka yang mau eskalasi bisa menghangatkan diri di sana. Anda juga bisa melakukan jogging kecil sebagai pemanasan sebelum mendaki tebing karena tempatnya yang memang luas.

Berkemah

Permukaan yang luas sangat cocok untuk tempat perkemahan. Pelajar yang melakukan kegiatan Pramuka atau Mapala juga sering memanfaatkan kawasan tebing ini. Untuk berkemah di sini, pengunjung harus membawa tenda dan perlengkapan sendiri. Kalau tidak mau repot, ada persewaan tenda di Jalan Raya Pamucatan dekat Tebing Citatah 125.

Baca: Waduk SAGULING Batujajar: Wisata Danau Asri

Pemandangan bagus di atas tebing

Pemandangan di atas tebing Citatah 48 yang asri dan hijauPemandangan di atas tebing Citatah 48 yang asri dan hijau. Foto: google maps/Agung Nugraha

Pengunjung bisa langsung menaiki puncak tebing tanpa memanjatnya untuk melihat panorama megah dari ketinggian. Pintu masuk ke puncak adalah dari area pabrik PT Pumarin di belakang masjid. Kemudian menaiki tangga sekitar 10 menit untuk sampai ke puncak. Begitu sampai di atas terdapat sebuah pondok untuk beristirahat dan pemandangan yang mengesankan.

Monumen Belati Raksasa Kopassus Tebing Citatah

Tugu keris TNI di atas tebingTugu keris TNI di atas tebing. Foto: google maps/Christian Theodorus

Di puncak tebing terdapat tugu keris raksasa setinggi 3 meter yang terjepit di tebing. Inilah yang membuat Tebing Citatah 48 lebih unik dibandingkan dengan Tebing Citatah lainnya. Tugu Keris raksasa ini sudah ada sejak tahun 2004 dan dibangun oleh Insinyur Pusdikpassus. Pembangunan tugu tersebut untuk menandai area pendakian bagi anggota TNI yang telah digunakan sejak tahun 1965.

Belati itu berwarna hitam pekat dan dilemparkan ke pangkalan. Keunikan tugu tak jarang menggugah minat pengunjung untuk menjadikannya objek fotografi. Ada juga mitos yang beredar bahwa tugu keris memancarkan aura mistis. Namun terlepas dari mitos tersebut, pengunjung wajib menjaga kebersihan dan keindahan tempat tersebut.

Menjadi lokasi foto yang instagramable

Poin fotografi yang menarik di Tebing Citatah 48Lokasi fotografi yang menarik dengan latar belakang bebatuan karst. Foto: google maps/M. Hehanussa

Puncak Tebing Citatah 48 merupakan lokasi foto yang bagus. Foto di atas tebing akan terasa ekstrim namun akan terlihat indah. Selain itu, lanskap hijau di latar belakang akan terlihat eksotis. Pecinta alam yang datang ke Tebing Citatah pasti mengabadikan momen di puncaknya.

Pengunjung bisa membawa bendera merah putih untuk berkibar di atas tebing. Benda-benda tersebut dapat menambah kesan potret nasionalisme dan sarat makna. Jika pengunjung yang cerdas menemukan angle foto terbaik, mereka bisa menghasilkan foto yang Instagramable.

Menjadi tempat penambangan marmer

Di dekat tebing terdapat pabrik ekstraksi marmer bernama PT Pumarin. Perusahaan ini cukup terkenal di Indonesia sebagai produsen marmer. Produknya yang paling laris di pasaran adalah ubin marmer dengan berbagai varian. Jika pengunjung berjalan ke atas tebing dengan jalan samping, mereka akan menemukan pabrik ini.

Kemudahan

Destinasi wisata ini memiliki fasilitas umum berupa toilet untuk pengunjung. Jadi pengunjung tidak perlu khawatir. Parkir juga gratis untuk kendaraan pengunjung. Sayangnya, fasilitas kebersihan seperti tempat sampah belum tersedia. Hal ini memaksa pengunjung untuk membawa pulang sampahnya sendiri untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Lokasi Tebing Citatah 48

Wisata alam tebing ini berlokasi di Citatah, Kec. Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40554. Dari pusat kota Bandung jaraknya sekitar 30 kilometer. Jika menggunakan kendaraan, akan memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Kondisi jalan utama di Tebing Citatah 48 bagus dan sudah diaspal.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button