Cara sukses memulai karir sebagai penerjemah bahasa - WisataHits
Jawa Barat

Cara sukses memulai karir sebagai penerjemah bahasa

Apakah Anda tertarik berkarir sebagai penerjemah bahasa? Berikut adalah definisi, jenis, keterampilan dan apa yang harus dilakukan untuk menjadi penerjemah bahasa.

Apakah Anda ingin bekerja online tetapi dengan potensi? menawarkan gaji tinggi? Atau apakah Anda menginginkan pekerjaan yang memberi Anda kesempatan untuk berkeliling dunia tanpa harus mengeluarkan uang, tetapi tetap dibayar dengan baik? Anda bisa mendapatkan keduanya dengan menjadi penerjemah bahasa atau translator.

Penerjemah bahasa adalah pilihan karir yang dibutuhkan kapan saja, di mana saja, dan di hampir semua bidang pekerjaan, terutama yang berkaitan dengan pekerjaan multinasional.

Menjadi penerjemah bahasa tidak hanya pandai menerjemahkan bahasa lain ke bahasa lain juga. Namun Anda juga perlu mengetahui adat, budaya, dan adat istiadat setiap bahasa negara yang Anda kuasai agar terjemahannya akurat dan pesan yang ingin Anda sampaikan tepat sasaran.

Jika Anda tertarik, pelajari lebih lanjut tentang apa itu penerjemah bahasa.

Memahami profesi penerjemah bahasa

Penerjemah

Penerjemah bahasa merupakan salah satu profesi ahli bahasa. Menurut Roger Chriss, seorang penerjemah atau penerjemah bahasa adalah seorang ahli bahasa profesional dan mencakup ahli bahasa terapan, penulis yang kompeten, diplomat, dan sarjana. Penerjemah bahasa, dalam bidang linguistik, adalah orang yang mampu membedakan nada, dialek, terminologi, dan ucapan sehari-hari.

penerjemah bahasa memiliki pekerjaan kantor itu hampir sama dengan penulis. Di mana mereka terbiasa bekerja berjam-jam untuk topik tertentu dan dalam bahasa yang mungkin hanya diketahui sebagian kecil masyarakat.

Dalam bidang diplomasi, penerjemah atau penerjemah bahasa adalah orang yang bertugas menerjemahkan perbedaan bahasa, budaya, dan sosial antara kedua negara. Penerjemah perlu mengetahui hal-hal dasar tentang klien yang didukung oleh terjemahan bahasa. Jika istilah atau frasa tertentu sulit untuk diterjemahkan, penerjemah dapat bertanya langsung kepada klien.

Selain itu, penerjemah bahasa juga dapat mengubah kata-kata tertulis dari satu bahasa ke bahasa lain. Ini bukan hanya bahasa komunikasi antar negara, tetapi juga bahasa isyarat serta bahasa pemrograman untuk komputer.

Baca Juga: Metaverse Bakal Bikin Job Booming Ini, Simak Daftarnya!

Jenis pekerjaan dalam profesi penerjemah bahasa

Penerjemah

Dalam profesi penerjemah bahasa terdapat beberapa pekerjaan yang tentunya dapat dilakukan dengan metode kerja yang berbeda dan dengan jabatan yang berbeda pula. Tapi intinya tetap sama, yaitu menerjemahkan bahasa tertentu ke bahasa lain.

Berikut adalah beberapa pekerjaan yang termasuk dalam satu kategori profesi penerjemah bahasa:

1. Pemandu wisata

Pemandu wisata adalah pekerjaan di mana Anda menerjemahkan deskripsi, sejarah dan keunikan dan fakta suatu objek atau tempat ke dalam bahasa yang berbeda dan menjelaskan dengan jelas dan ringkas.

Pemandu wisata tidak hanya membutuhkan keterampilan bahasa, tetapi lugas secara linguistik dan memiliki pengetahuan mendalam tentang hal-hal tertentu.

Anda bisa memilih menjadi pemandu wisata lokal untuk memandu wisatawan dari luar negeri atau sebaliknya, Anda akan menjadi pemandu wisata bagi wisatawan dari Indonesia ke luar negeri. Dengan dibukanya banyak negara untuk tujuan pariwisata, profesi pemandu wisata muncul kembali.

2. Penerjemah Fiksi (Komik dan Novel)

Tugas penerjemahan bahasa yang paling umum adalah menerjemahkan buku, baik itu komik atau novel. Anda biasanya dapat melamar posisi ini melalui penerbit secara langsung atau online.

Lowongan kerja penerjemah bahasa freelance untuk komik dan novel juga banyak tersedia di berbagai website lowongan kerja freelance. Jadi tidak sulit untuk mendapatkan pekerjaan di sini.

3. Penerjemah untuk naskah film atau drama dan serial

Popularitas sebuah film atau drama dan serial memungkinkan untuk membuat ulang film tersebut dan menulis ulang dalam berbagai bahasa dari berbagai negara yang ingin menayangkannya. Biasanya terjemahan ini digunakan untuk naskah dialog pengisi suara atau aktor dan aktris yang berperan dalam film yang sedang dibuat ulang.

4. Penerjemah bahasa resmi

Dalam bidang hukum atau hukum, penerjemah adalah orang yang bekerja di pengadilan, firma hukum atau sejenisnya. Mereka mendukung proses dengan mengonversi dokumen dari satu bahasa ke bahasa lain.

5. Penerjemah bahasa untuk konferensi

Pernahkah Anda melihat penerjemah di pertemuan kenegaraan atau konferensi internasional? Itulah tugas penerjemah konferensi. Dia menerjemahkan kuliah atau presentasi di konferensi untuk peserta yang tidak mengerti bahasa pembicara.

Keterampilan menjadi penerjemah bahasa

menerjemahkan bahasa

Sebagai penerjemah bahasa, Anda tidak hanya harus mahir dalam beberapa bahasa. Ada beberapa keterampilan lain yang harus dikuasai untuk melengkapi karir Anda sebagai penerjemah bahasa yang andal dan sangat dibutuhkan.

Berikut adalah keterampilan untuk menjadi penerjemah bahasa:

1. Mendengarkan (Mendengarkan)

Meskipun ia sering berbicara, salah satu keterampilan terpenting seorang penerjemah adalah keterampilan mendengarkannya yang sangat baik. Karena sebelum ia menerjemahkan bahasa, ia terlebih dahulu harus mendengarkan apa yang disampaikan oleh kalimat atau materi tersebut.

2. Menulis (Menulis)

Selain menerjemahkan, menulis adalah keterampilan yang dibutuhkan seorang penerjemah. Biasanya dokumen, file, surat kontrak atau tulisan yang perlu diterjemahkan ke dalam bahasa lain.

3. Keterampilan Komputer

Di era digital, hampir semua pekerjaan membutuhkan keterampilan komputer. Tak terkecuali para penerjemah yang terkadang juga menguasai bahasa pemrograman komputer.

4. Berbicara di depan umum

Karena ada kelompok profesional penerjemah bahasa yang berbeda yang harus banyak berbicara di depan umum, seperti penerjemah seniman asing, duta besar dari luar negeri atau tokoh masyarakat. Oleh karena itu, kemampuan berbicara secara langsung juga diperlukan agar penyampaian pesan yang diterjemahkan dapat tersampaikan dengan baik.

Baca Juga: Ini Contoh Soal dan Tips Menjawab Soal Tes Psikologi Agar Lulus Tes Seleksi Kerja

Langkah-langkah menjadi penerjemah bahasa

Bagaimana menjadi penerjemah bahasa

Jika Anda yakin ingin berkarir sebagai penerjemah bahasa, berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan sebelum memutuskan untuk menjadi penerjemah bahasa profesional:

1. Pilih bahasa

Poin ini tentu penting dalam banyak pertimbangan. Selain kesukaan, ada pertimbangan lain seperti: bahasa yang mudah dipahami, jumlah penutur yang ada di dunia, apakah menguntungkan komunitas bisnis, dan sebagainya.

Mengikuti tren, banyak penerjemah bahasa Korea, Jepang, Cina, Thailand mencari untuk menerjemahkan berbagai film dan serial di berbagai situs web penyiaran online.

2. Pilih spesialisasi

Ada begitu banyak teks atau topik obrolan di dunia ini. Teks dan topik harus digabungkan menjadi satu kategori. Misalnya, teks tentang novel yang kategorinya sastra. Misalnya, Anda dapat memilih profesi penerjemah atau penerjemah spesialis untuk teks sastra.

Ada juga penerjemah khusus untuk makalah akademis, menerjemahkan bahasa dalam film untuk subtitle dan banyak lagi. Sekarang Anda dapat memilih apa yang Anda suka dan belajar menerjemahkannya pada saat yang bersamaan.

3. Bangun platform atau merek

Anda dapat membuat website khusus untuk perusahaan jasa Anda. Atau Anda juga bisa melamar langsung ke perusahaan yang membutuhkan penerjemah bahasa di bidangnya.

Anda juga bisa mencoba mencari lowongan pekerjaan freelance di banyak website freelancer saat ini.

4. Daftar dengan agen terjemahan

Ketika Anda mendaftar ke agen penerjemahan, Anda akan mengetahui banyak hal yang perlu dilakukan, tugas apa yang dilakukan oleh penerjemah profesional, perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk menerjemahkan teks, dan banyak lagi.

Jika Anda sudah memiliki pengalaman penerjemahan dari bekerja di sebuah agensi, maka peluang Anda untuk mendapatkan klien pribadi semakin besar.

5. Tetapkan harga yang wajar berdasarkan keahlian dan spesialisasi Anda

Karena Anda baru mengenal dunia terjemahan, Anda dapat memulai dengan proyek ringan seperti B. menerjemahkan cerita pendek, naskah pidato atau penerjemah komik online. Namun, jangan lupa untuk menetapkan harga yang wajar sesuai dengan tingkat dan usaha yang akan dikeluarkan.

Lebih baik cari pengalaman terlebih dahulu agar Anda tidak perlu membayar terlalu mahal untuk mendapatkan lebih banyak penawaran untuk pekerjaan penerjemahan sampai branding Anda sebagai penerjemah stabil dan terkenal.

Hiduplah dengan tekun dan percaya diri

Tidak ada tugas yang mudah, setiap orang pasti memiliki kesulitannya masing-masing. Begitu juga dengan penerjemah bahasa. Membiasakan diri untuk bisa terus berkembang dan manajemen waktu yang baik, baik itu karir sebagai penerjemah bahasa atau karir lainnya, pasti dapat membantu Anda meraih kesuksesan lebih cepat. Jadi jangan pernah berhenti memperbaiki!

Baca Juga: 35 Pertanyaan Wawancara Kerja Bahasa Inggris, Arti dan Jawabannya

Penafian:
Berita ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dan Cermati.com. Hal-hal yang berkaitan dengan teks, foto, grafik, video dan seluruh isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Source: ihram.republika.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button