Solopos Hari Ini: Lega dan Prihatin - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Solopos Hari Ini: Lega dan Prihatin – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Harian Solopos edisi Jumat (9/2/2022).

Solopos.com, BOYOLALI — Pengumuman harga pertalite dan solar pada Rabu (31/8/2022) sempat melegakan warga sekitar, meski terjadi antrean pembelian di beberapa SPBU. Meski harga BBM bersubsidi belum naik, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tetap mengatakan masih berhati-hati dengan perhitungannya.

Beberapa warga merasa telah ditertawakan atau dipengaruhi oleh informasi yang tidak valid. Kabar tidak benar itu bertepatan dengan keluarnya rencana kenaikan harga BBM bersubsidi, kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Jumat (19/8/2022) lalu.

AksiJos! Petani dan peternak Klaten bisa menjadi pendukung kedaulatan pangan

Pertamina mengumumkan harga Pertalit efektif 1 September 2022 melalui laman MyPertamina. Namun, harga Pertalit di situs tetap sama dengan harga sebelumnya. Warga Boyolali yang sehari sebelumnya mengisi Pertalite merasa di-prank tapi senang dengan kabar tersebut.

Salah satu warga yang merasakan prank harga pertalite adalah warga Kabupaten Boyolali Emma, ​​46. Dia mengaku mengisi tangki sepeda motornya pada Rabu sore.

“Walaupun sempat di-prank, untungnya dia sangat lega karena harga pertalite belum naik. Soalnya kita masih dalam masa pemulihan dari pandemi, situasi ekonomi kotamadya masih belum stabil,” katanya kepada Solopos, Kamis (09.01.022) di rumahnya.

Baca Juga: Harga BBM Tipe Pertalit Tak Naik, Warga Boyolali Ditipu Tapi Bahagia

Tidak naiknya harga pertalite, kata dia, akan mampu meringankan beban masyarakat di tengah kenaikan harga kebutuhan sehari-hari. Emma berharap pemerintah bisa mencari solusi selain menaikkan harga pertalite.

“Mungkin solusinya adalah membatasi penggunaan Pertalite hanya untuk kendaraan tertentu. Mungkin harga Pertalit tidak akan naik seperti itu,” harap ibu rumah tangga itu. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Jumat (9/2/2022).

DMFI membuka peta rute perdagangan anjing

SOLO — Perdagangan anjing di Solo dan sekitarnya dilayani oleh empat jalur di wilayah Jawa Barat. Keempat rute tersebut adalah Pangandaran, Garut, Tasikmalaya, dan Ciamis.

Tim investigasi Koalisi Dog Meat Free Indonesia (DMFI) menyelidiki penyebaran perdagangan anjing di Solo dan sekitarnya. Puluhan hingga ratusan anjing dipelihara dari Jawa Barat. Padahal, Jawa Barat belum bebas rabies.

Artinya, wabah rabies berpotensi menular ke manusia dari anjing yang terinfeksi virus rabies. Mengutip data Dinas Kesehatan Kota Solo, Jawa Barat merupakan satu-satunya provinsi endemis rabies di Pulau Jawa. Sedangkan delapan provinsi yang bukan daerah endemis rabies adalah Jawa Tengah (Jawa Tengah), Jawa Timur, Yogyakarta, Papua, Papua Barat, dan DKI Jakarta.

Baca Juga: Ini 4 Jalur Distribusi Perdagangan Anjing di Solo

Sedangkan data Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah belum melaporkan adanya kasus rabies di Jawa Tengah sejak tahun 1995. 892/Kota/TN.560//9/1997 yang menyatakan Jawa Tengah bebas rabies.

Namun, Pemprov Jateng juga menemukan konsumsi hewan penular rabies (HBR) di Jawa Tengah, termasuk anjing, cukup tinggi. Anggota koalisi DMFI, MS, mengatakan para kolektor anjing di Solo dan sekitarnya menerima kiriman anjing ras lokal dua atau tiga kali seminggu. Selengkapnya di halaman depan Harian Solopos edisi Jumat (9/2/2022).

DPRD mulai bahas SMAN baru

SOLO — Beberapa anggota Komisi IV DPRD Solo bersama Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah (Jawa Tengah) Ganjar Pranowo di Gedung Kantor Puri Gedeh, Semarang, Rabu (31/8/2022) malam.

Pertemuan tersebut dimaksudkan untuk menyampaikan aspirasi warga Pasar Kliwon dan Laweyan terkait sulitnya menyekolahkan anaknya ke Sekolah Menengah Umum (SMAN). Warga mengeluhkan hal ini dalam beberapa tahun terakhir.

“Rapat berlangsung sekitar satu jam. Kami membahas rencana pembangunan SMA di Pasar Kliwon dan Laweyan. Namun, pada titik ini, pasar Kliwon diperiksa terlebih dahulu. Pak Rudy paham daerah mana yang bisa dijadikan sekolah,” kata Ketua Komisi IV DPRD Solo Janjang Sumaryono Aji.

Baca Juga: Pemprov Jateng Susun DED SMA Negeri di Pasar Kliwon, Muncul Wacana untuk SMAN 9 Solo

Dalam pertemuan itu diumumkan bahwa sudah ada anggaran untuk Detailed Technical Design (DED) Kampus Il SMAN 2 Solo di Pasar Kliwon. Tanah tersebut termasuk dalam Hak Guna Usaha (HP) Pemerintah Kota Solo No. 0001 Desa Mojo. Luas plot yang akan digunakan adalah sekitar 3.000 meter persegi.

“Sebenarnya saat ini kami ingin membuat DED di luar provinsi terlebih dahulu yang akan memiliki kampus SMAN 2. Istilahnya SMAN 2 B atau kelas jarak jauh, nanti HP No.0001,” ujarnya. Menurut Janjang, DED akan dilakukan pada semester II 2022. Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi laman Soloraya Daily Solopos edisi Jumat 2/9/2022.

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button