Bupati Maros Promosikan Kopi Mallawa di Konferensi Lingkungan ASEAN - WisataHits
Jawa Barat

Bupati Maros Promosikan Kopi Mallawa di Konferensi Lingkungan ASEAN

ABATANEWS, BOGOR – Tidak hanya promosi pariwisata, Bupati Maros, Chaidir Syam, salah satu pembicara pada Konferensi 7th ASEAN Heritage Parks (AHP) di Bogor, Jawa Barat, juga mempromosikan kopi Malawa kepada para peserta.

Chaidir mengaku Kopi Mallawa kini sudah siap bersaing di kancah internasional, sama seperti kopi lokal dari daerah lain. Karena itulah ia tidak malu membawa kopi Malawa sebagai oleh-oleh di setiap acara yang ia hadiri.

“Acara ini diikuti oleh 11 negara ASEAN dan beberapa negara dari Eropa. Nah ini juga menjadi kesempatan kami untuk memperkenalkan Mallawa Coffee kepada para hadirin,” ujarnya kemarin, Kamis (10 Maret).

Baca Juga: Wakil Bupati Maros Jadi Titik Kontak Peringatan Sumpah Pemuda di STAI DDI

Dalam kesempatan tersebut, Chairir menyerahkan paket kopi Malawa kepada sejumlah peserta konferensi. Salah satunya kepada perwakilan dari negara-negara Eropa. Ketua meminta agar kopi yang dia berikan kepada mereka bisa dibawa ke negara asal mereka.

“Ya, ada satu dari perwakilan Eropa. Kami minta kalau ini kopi Malawa dari Maros, bisa langsung dicoba dan bisa dibawa kembali ke negara kita untuk diimpor ke sana,” ujarnya.

Menurut Chaidir, upaya pelestarian alam dan keanekaragaman hayati juga harus dibarengi dengan promosi produk lokal yang berkualitas sehingga sumber daya alam tersebut juga dapat membawa manfaat ekonomi bagi masyarakat.

Baca Juga: Kopi Mallawa Optimis Pemkab Maros Bisa Masuk Pasar Internasional

“Produk kopi Mallawa yang kami promosikan secara internasional juga merupakan upaya pemerintah untuk melestarikan lingkungan dan keanekaragaman hayati,” lanjutnya.

Dengan produk unggulan tersebut, masyarakat lokal akan dididik untuk memanfaatkan potensi sumber daya alamnya tanpa merusaknya. Apalagi jika produk tersebut bisa menjadi bahan baku utama kegiatan ekonomi mereka.

Bahkan saat ini, kata Chaidir, pihaknya mendorong produk kopi Malawa untuk terus bersaing di pasar. Ia dan Wakil Bupati Suhartina Bohari melatih petani kopi di Mallawa untuk menghasilkan produk terbaik.

Baca Juga: Bupati Maros Pimpin Upacara Peringatan Hari Santri Nasional, Begini Pesannya

“Sangat penting bagi saya dan Ibu Deputi untuk mengubah kopi Mallawa kami menjadi produk yang pada akhirnya akan menembus pasar internasional. Jadi kita fokus ke petani dulu untuk menghasilkan yang terbaik,” pungkasnya.

penulis: Azvar

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button