Inilah 9 Surga Tersembunyi di Bandung Barat yang Wajib Kamu Kunjungi! - WisataHits
Jawa Barat

Inilah 9 Surga Tersembunyi di Bandung Barat yang Wajib Kamu Kunjungi!

BandungKita.id, TRAVEL – Kabupaten Bandung Barat adalah salah satu tujuan wisata paling populer di Jawa Barat. Yang paling terkenal tentu saja kabupaten Lembang dengan banyak lokasi keren. Namun, Bandung Barat juga memiliki banyak surga tersembunyi yang tak kalah memukau. Berikut BandungKita.id merangkumnya:

1. Kesejukan dan Romantisme di Puncak Eurad Pingping

Puncak Eurad Pingping Lembang terletak di daerah perbatasan antara Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Subang. Lokasinya di puncak bukit yang menawarkan udara sejuk dan pemandangan hijau yang asri menjadi daya tarik utama tempat wisata ini.

Video pilihan:

Untuk menuju tempat ini Anda akan melewati perkebunan teh dan hutan pinus. Semuanya indah dan fotogenik. Tempat ini sudah memiliki beberapa spot yang dibuat khusus untuk fotografi. Puncak Eurad juga sangat romantis untuk pasangan. Ada banyak tempat yang bisa Anda gunakan untuk membuat kenangan indah bersama.

lokasi: Jalan Cibodas – Ciater, Wangunharja, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.
harga tiket: Gratis

2. Ngarai Hijaubandung barat nyaSungai Cikahuripan”

Hal yang paling menarik di kawasan Sungai Cikahuripan adalah tebing terjal di tepian sungai. Banyak yang menyamakan pemandangan di Cikahuripan dengan Grand Canyon di Amerika Serikat.

Aliran Sungai Cikahuripan terbentuk dari anak sungai Citarum Purba. Aliran airnya mengikis bebatuan dan membentuk ngarai terjal yang sangat instagic. Airnya berwarna hijau kebiruan, dengan arus yang berbeda-beda. Ada yang setenang kolam, ada yang mengalir deras di antara bebatuan. Anda juga bisa bermain air di sini karena airnya bersih.

lokasi: Desa Panyusupan, Desa Barangsiang, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat.
harga tiket: Rp10.000

BACA JUGA:

Ayo Wisata! ke Desa Mukapayung Cililin, nikmati Wisata Gunung Putri Curugan

Berikut 5 tempat wisata di Bandung yang wajib dikunjungi di masa new normal

3. Sang Hyang Howler dan legenda Mandi malaikat

Di banyak daerah di Indonesia terdapat legenda tentang bidadari yang turun dari surga lalu mandi di danau. Di Bandung Barat, danau ini disebut Sanghyang Heuleut. Danau kecil yang dikelilingi bebatuan besar ini terlihat sangat unik. Secara geologis, Sanghyang Heuleut terbentuk akibat letusan Gunung Purba Sunda. Sumber air yang mengalir ke danau ini juga berasal dari Sungai Purba Citarum.

Hal pertama yang harus dilakukan di sini adalah menikmati keindahan danau dengan air berwarna biru kehijauan. Puas dengan memanjakan mata, ganti kamera saat beraksi, ambil foto cantik sebanyak-banyaknya disana. Anda juga bisa memainkan permainan air sepuasnya. Berendam di air sejuk Sanghyang Heuleut, tapi tetap jaga keselamatan diri ya.

lokasi: Desa Cipanas, Desa Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.
harga tiket: Rp10.000

4. Air Terjun Bandung BaratAir Terjun Malela

Kontur Kabupaten Bandung Barat beragam, meliputi daerah pegunungan dan perbukitan. Di daerah seperti ini biasanya banyak dijumpai air terjun yang indah. Di Bandung Barat. Air terjun terbesar yang bisa Anda temukan adalah Curug Malela. Air terjun ini bahkan mendapat julukan Air Terjun Bandung Barat karena ukurannya yang luar biasa, meski tentu saja tidak sebesar Niagara aslinya.

Air terjun ini memiliki lebar 50 meter dan tinggi 70 meter! Relief airnya juga relatif stabil dengan air yang jernih di musim kemarau. Untuk menuju ke sini butuh sedikit tenaga dan tenaga mengingat jalannya hanya bisa dilintasi sepeda motor dan berjalan kaki. Namun, pemandangan indah di sepanjang jalan bisa menjadi obat penatmu sebelum tiba dan mengagumi kemegahannya Niagara Kecil Ini.

lokasi: Desa Manglid, Desa Jangkrik, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat.
harga tiket: Rp10.000

5. Peringkat Padala memiliki taman batu di atas bukitTaman batu”

Kembali ke atas bukit, kali ini kita kenaikan ke Cipatat. Di sini Anda akan menemukan bebatuan yang tersebar secara alami namun tetap terlihat artistik. Disebut juga rock garden atau taman batu, tentu saja Anda akan menemukan banyak formasi bebatuan di sini. Batu-batu itu disusun secara acak dan tersebar di tanah.

Yang istimewa, tentu saja, taman batu itu berada di puncak bukit. Selain indah di taman itu sendiri, pemandangan di baliknya juga menakjubkan. Jadi jika Anda datang ke sini, persiapkan diri Anda untuk mendapatkan fisik terbaik dan juga memori besar di kamera. Anda akan dapat mengambil foto dengan Latar Belakang Pemandangannya menakjubkan, terutama saat matahari terbit dan terbenam.

lokasi: Gunung Masigit, Citatah, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.
harga tiket: Rp10.000.

BACA JUGA:

Empat desa wisata Indonesia masuk dalam 100 besar tujuan wisata berkelanjutan di dunia

Kementerian Pariwisata mendorong pengembangan wisata halal di Bandung Barat

6. Gunung Bendera Padalarang, Rindu bertemu di puncak bukit

Masih bertemakan gunung dan pendakian, Gunung Bendera Padalarang menjadi destinasi selanjutnya. Flag Mountain adalah tempat yang ramah bagi semua pendaki, termasuk pemula. Jalurnya tidak terlalu sulit dan perjalanannya tidak memakan waktu lama, sekitar satu jam. Perjalanannya menyenangkan dan puncaknya juga luas dengan rerumputan hijau yang membuat Anda betah.

Meski ketinggiannya “hanya” 1403 mdpl, puncak Gunung Bendera Padalarang menyuguhkan pemandangan yang luar biasa. Anda bisa berkemah di puncak sambil melihat pemandangan.

Puncak Gunung Bendera disebut Puncak Rindu dan merupakan tempat berkemah yang populer. Selain hamparan hijaunya, pemandangan Kabupaten Bandung Barat di malam hari juga tak kalah indah. Bahkan jika mendung, Anda berada di atas awan.

lokasi: Desa Pojok Desa, Desa Jayamekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat
harga tiket: Rp5.000.

7. Mari terbang di atas keindahan Bukit Cililin Gantole

Seperti namanya, bukit ini memang merupakan lapangan terbang untuk olahraga ekstrim paralayang. Tidak hanya untuk tujuan wisata tempat ini juga digunakan Tempat official paralayang PON XIX 2017 Jawa Barat. Jadi, tempat ini cocok banget buat kamu yang ingin mencoba sensasi paralayang.

Anda bisa terbang secara tandem ditemani oleh pilot berpengalaman. Anda hanya perlu menikmati terbang sambil menyerap kegembiraan, pilot akan memastikan pengalaman terbang Anda menyenangkan. Jika tidak ingin terbang, Anda bisa berfoto dengan pemandangan yang indah di sini. Pihak pengelola telah menyediakan berbagai spot foto buatan untuk membuat hasil jepretan Anda semakin keren.

lokasi: Kampung Pasir Panjang, Desa Singajaya, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat.
harga tiket: Rp15.000

8. Batu Coklat dan Gua Purba di Sanghyang Kenit

Tempat ini Pekerjaan tersembunyi dari sungai Citarum Purba yang terletak di dekat PLTA Saguling. Sanghyang Kenit pada dasarnya adalah sungai yang penuh dengan bebatuan berwarna coklat. Aliran airnya yang tenang menciptakan banyak kolam alami yang menyegarkan untuk Anda selami dan bermain air. Tempat ini dikelola oleh penduduk setempat, sehingga relatif teratur dan nyaman untuk dikunjungi.

Di kiri dan kanan sungai terdapat tebing bebatuan yang ditumbuhi pepohonan. Di salah satu sudut Anda akan menemukan gua tua dengan sungai kecil yang mengalir di dasarnya. Anda dapat menjelajahi gua dengan pemandu untuk memimpin Berpengalaman. Pastinya tempat wisata Bandung Barat ini sangat eksotik dan akan mengeluarkan banyak foto keren.

lokasi: Desa Cisameng, Desa Rajamandal Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.
harga tiket: Rp5.000.

9. Kenaikan seru di Gunung Putri

Gunung lain yang bisa Anda taklukkan di Bandung Barat. Gunung Putri memiliki ketinggian 1.587 mdpl, menjadikannya tempat yang ideal bagi para pemula dalam panjat tebing. Waktu pendakian menuju puncak juga sangat singkat, sekitar 30 menit. Namun yang namanya wisata tidak harus dipaksakan. Berjalanlah sesuai kemampuan fisik Anda sambil mengagumi keindahan pemandangan di sepanjang jalur!

Nah, ketika Anda sudah mencapai puncak, Anda bisa menikmati hasil perjuangan Anda. Pemandangan indah terhampar sejauh mata memandang. Ini adalah tempat yang tepat untuk bersantai dan mengambil foto. Selain itu anda juga bisa berkemah disini, jadi silahkan membawa tenda jika berminat. Jika Anda tinggal di sini, Anda akan memiliki kesempatan untuk mengalami matahari terbit yang spektakuler.

lokasi: Jalan Gunung Putri, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.
harga tiket: Rp17.000.

Tertarik Liburan dan Wisata di Kabupaten Bandung Barat? Ayo tunggu apa lagi!? Mulailah petualangan Anda!

Penerbit : Azmy Yanuar Muttaqien

Sumber: tripzilla.id

Tampilan Posting: 2.824

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button