Bupati Klaten Sri Mulyani mendorong perintis museum daerah, ini lokasi yang memungkinkan - WisataHits
Yogyakarta

Bupati Klaten Sri Mulyani mendorong perintis museum daerah, ini lokasi yang memungkinkan

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN – Bupati Klaten Sri Mulyani menggalakkan pengembangan perintis Museum Daerah Klaten untuk menyimpan, melestarikan dan memperkenalkan potensi daerah kepada pengunjung.

Pra-peluncuran museum daerah juga dilakukan, ditandai dengan penandatanganan prasasti pra-peluncuran museum, Kamis (8/4/2022).

“Banyak benda cagar budaya yang ditemukan di Klaten perlu dilindungi dan dilestarikan,” ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya selama ini terbatas karena belum ada gedung yang cukup representatif untuk dijadikan museum daerah.

“Bangunan yang memadai memang belum ada, tetapi kami memiliki bangunan di Prambanan yang dapat digunakan dan kami akan melihat bagaimana antusias warga ke depan,” jelasnya.

Sri Nugroho, Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disbudporapar) Klaten, mengatakan museum daerah perintis Klaten sejauh ini menempati gedung galeri seni di kompleks Monumen Juang 45 di Klaten.

“Secara bertahap akan kami kembangkan ketika SK gubernur untuk mendirikan museum daerah berlaku sejak 2021,” katanya.

Ia menjelaskan, koleksi Museum Negeri Klaten saat ini mencakup sekitar 50 benda bersejarah.

Benda-benda berupa nampan, arca, batu yoni, batu candi, motif dan prasasti tersebut saat ini disimpan di Museum Kabupaten Klaten.

Kemudian beliau juga mengatakan bahwa kedepannya direncanakan Museum Daerah Klaten akan menempati gedung Mandala Wisata di desa Tlogo kabupaten Prambanan.

Namun, saat ini sedang dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai sejauh mana minat masyarakat untuk mengunjungi museum dan memperluas koleksi museum.

Source: jogja.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button