Libur akhir tahun, Kampung Bule Prawirotaman Yogyakarta Diserbu wisatawan, nikmati aneka kuliner khas - WisataHits
Yogyakarta

Libur akhir tahun, Kampung Bule Prawirotaman Yogyakarta Diserbu wisatawan, nikmati aneka kuliner khas

Yogyakarta, Do-It-Yourself – Menjelang perayaan tahun baru, Kampung Prawirotaman di Kota Yogyakarta yang juga dikenal dengan sebutan Kampung Bule ini berangsur-angsur ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pantauan pada Rabu (28/12/2022), arus lalu lintas di Desa Prawirotaman di luar Kota Yogyakarta mulai padat kendaraan. Selain itu, banyak wisatawan dari dalam dan luar negeri melakukan aktivitas trekking melalui Kampung Prawirotaman.

Selain bisa mendapatkan penginapan yang murah, kawasan Kampung Prawirotaman juga dikenal dengan ragam kuliner lokal yang nikmat.

Wisatawan khususnya bule atau turis mancanegara semakin berbondong-bondong mendatangi kawasan kuliner desa Prawirotaman. Kawasan ini memang menjadi pusat akomodasi, terutama bagi wisatawan mancanegara.

Aneka makanan khas Jawa masih bisa ditemukan, antara lain nasi pecel khas Madiun dan rujak tradisional, di sepanjang Jalan Prawirotaman Yogyakarta.

“Di sini menunya kami siapkan kuliner sehat dari bahan lokal, dengan perpaduan nasi pecel, sayur mayur dari hasil bumi lokal, juga ditemani serundeng, irisan tempe orek, bumbu khas Madiun, dengan racikan kami yang dikemas dalam wajan dengan pisang daun,” kata Nettha Duru, salah satu pemilik perusahaan kuliner tersebut.

Tak hanya wisatawan lokal, kuliner Jawa Ijas ini juga menarik wisatawan mancanegara. Mereka percaya bahwa masakan khas nasi pecel ini mirip dengan rujak di negara mereka.

“Masakan Nasi Pecel kami memiliki bumbu khas yang sudah diturunkan dari generasi ke generasi. Ini bumbu dari Madiun asli. Memang banyak peminat turis bule, permintaan kita meningkat hingga 50 persen. Kami siap menyambut tahun baru dengan kuliner lokal yang nikmat,” ujarnya.

Selain sebagai pusat kuliner, kawasan desa Prawirotaman juga menawarkan banyak kafe dengan live music dan tempat hiburan lainnya.

Salah seorang turis, Iswi, asal Kerawang, menyebutkan dirinya dan keluarganya menikmati wisata jelang pergantian tahun di Yogyakarta. Ia kemudian singgah di kawasan Prawirotaman untuk menikmati berbagai kuliner khas seperti nasi pecel.

“Ini benar-benar enak. Saya sangat merindukan menu-menu seperti ini. Nasi pecel adalah salah satu menu favorit saya saat ke Prawirotaman,” jelasnya.

Erna, turis asal Palembang, juga merindukan kehangatan Yogyakarta. Dia selalu datang ke Yogyakarta setiap liburan panjang seperti Nataru tahun ini.

“Semua yang ada di Yogyakarta selalu membuat saya rindu. Saya mengajak teman-teman dari Palembang untuk menikmati suasana Yogyakarta sekaligus kuliner khas Nasi Pecel. Pokoknya belum ke Yogya kalau belum mampir ke Prawirotaman,” ujarnya kepada Erna.

Bersama rekan-rekannya, ia tak hanya menikmati suasana di Desa Prawirotaman, tapi memilih melihat dan menikmati pantai-pantai di Yogyakarta seperti Parangkusumo, Parangtritis dan pantai-pantai di Gunungkidul, Yogyakarta.

Para pengelola kuliner di Kampung Prawirotaman pun berharap ada pergantian tahun yang baik setelah pandemi Covid 19. Industri pariwisata di Yogyakarta juga kembali berdenyut, termasuk di Prawirotaman. (Hanya/Buz)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button