Bupati Arief kunjungi Unnes dan ajak Rektor Fathur bahas perkembangan di Blora - WisataHits
Jawa Tengah

Bupati Arief kunjungi Unnes dan ajak Rektor Fathur bahas perkembangan di Blora

KOMPAS.com – Bupati Blora Arief Rohman melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Universitas Negeri Semarang (Unnes) untuk membahas bagaimana kelanjutannya Nota kesepahaman (MoU) Kerjasama kedua pihak dalam pengembangan wilayah lebih lanjut, Rabu (8/10/2022).

Dalam kesempatan itu, pria yang akrab disapa Mas Arief itu bertemu dengan Rektor Unnes, Fathur Rokhman, dan rekan-rekannya, serta meminta arahan tentang perkembangan di Blora.

“Kami mohon kepada Rektor (Fathur Rokhman) untuk memberikan arahan tentang pengembangan pariwisata dan industri. Pada saat yang sama, kita harus mengatasi masalah pertumbuhan yang terhambat, kemiskinan dan sumber daya manusia (SDM) di Blora,” katanya dalam keterangan tertulis. Kompas.com terima kasih, Kamis (11/8/2022).

Mas Arief berharap MoU yang telah terjalin dapat segera diwujudkan dengan kesepakatan kerjasama.

Baca Juga: Perpanjang Nota Kesepahaman dengan Korea Selatan, Pemerintah Perkuat Kerjasama Pembangunan IKN

Pasalnya, kata dia, Kabupaten Blora memiliki banyak masalah di berbagai daerah. Menurut Mas Arief, persoalan ini tidak bisa diselesaikan secara mandiri oleh pemerintah Blora.

Untuk itu, pihaknya berupaya menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi agar dapat bersinergi. Salah satunya adalah undangan dari Unnes.

“Kami berharap dengan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, Unnes dapat memperkuat kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora untuk mengurangi dan menyelesaikan permasalahan di daerah kita dengan memaksimalkan potensi yang ada,” tambah Mas Arief menambahkan.

Baca Juga: Tembus Ekspor ke Amerika, Pelaku UMKM dan Petani Didorong Gali Potensi Kratom

Unnes siap terus dukung Blora

Dalam kesempatan yang sama, Rektor Unnes Fathur Rokhman mengatakan pihaknya siap mendukung Blora untuk maju lebih jauh ke depan.

“Terima kasih atas kerja sama ini, kami pada dasarnya siap,” katanya.

Unnes berharap, lanjut Fathur, nantinya bisa menjalin hubungan kerja yang baik dengan Blora dan saling menguntungkan untuk memperkuat kelembagaan.

Sebagai upaya lebih lanjut, ia mendorong agar segera dilakukan Perjanjian Kerjasama (PCS) antara Unnes dan Blora.

Fathur mengatakan Unnes juga bersedia membantu mendukung dan memperkuat desa-desa di Blora.

Baca Juga: UNJ Ingatkan Berdayakan Masyarakat Miskin dan Tertinggal

“Nanti akan ada tim teknis dari bupati (Arief Rohman) yang bisa berdiskusi secara intensif. Kalau MoU sudah ada, PKS akan dirumuskan lebih awal, misalnya tentang pemberdayaan desa,” jelasnya.

Selain itu, tambah Fathur, ke depan dalam rangka kerjasama pengembangan sumber daya manusia, termasuk guru dan tenaga kependidikan, hal ini juga bisa dibicarakan.

Beberapa tokoh penting dari Unnes hadir untuk memberikan informasi, antara lain Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Kepala Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3), Kepala Lembaga Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama (BAKK), koordinator Bagian Kerjasama Unnes dan kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Humas Unnes.

Kemudian dari Pemkab Blora, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Blora Aunur Rofiq, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Pemerintahan dan Bagian Hukum Setda Blora berkunjung.

Source: kilasdaerah.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button