Peringatan HSP 2022, Pemkab Solok Gelar Wisata Gowes dan Festival Seni Anak Nagari - WisataHits
Jawa Tengah

Peringatan HSP 2022, Pemkab Solok Gelar Wisata Gowes dan Festival Seni Anak Nagari

Lembar.id – Untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Solok mengadakan Gowes Wisata Salingka Danau. Acara yang dirangkai dengan festival seni daerah ini dipandu oleh Bupati Solok, Capt. H. Epyardi Asda, Sabtu (29/10/2022) di Alahan Panjang Resort.

Turut hadir untuk menyambut Bupati, Ketua TP-PKK Kabupaten Solok, Ny.Hj. Emiko Epyardi Asda, Sekda Medison, Asisten I Sekretariat, Syahrial, Asisten PLT II, ​​Syaiful, Asisten III Edityawarman, Staf Ahli, Camat, Forkopincam, Walinagari, KAN, BPN dan Komunitas Alahan Panjang.

Event Danau Salingka Gowes ini merupakan event pertama dan track dari event Tour de Singkarak. Bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Alahan Panjang Resort dan Twin Lakes. Selain Gowes, acara juga dimeriahkan dengan penampilan berbagai kesenian tradisional, bazar UKM dan industri kreatif lainnya.

“Acara ini mengabadikan momen Hari Sumpah Pemuda ke-94 dengan harapan semangat Sumpah Pemuda menjadi inspirasi revitalisasi pariwisata Kabupaten Solok. Tentunya dengan pariwisata yang meningkat maka makam tersebut akan mendongkrak perekonomian masyarakat,” kata Bupati.

Kegiatan yang akan berlangsung selama dua hari ke depan (29-30 Oktober 2022) ini didukung oleh perangkat daerah terkait. Seperti Kementerian Komunikasi dan Informatika, Dinas Kesehatan, Satpol PP dan Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas KUKMKPP, Dishub, DLH, Kecamatan Mutuka Danau, Bagian Umum. Kemudian jajaran Polsek Lembah Gumanti dan Danau Kembar serta organisasi RAPI juga ikut ambil bagian.

Selain OPD, acara juga dimeriahkan oleh BUMN yang beroperasi di Kabupaten Solo. Seperti: Bank Nagari, Mandiri, BRI dan BPJS Kesehatan sebagai sponsor.

Bupati melihat antusias masyarakat yang datang dan mengapresiasi kerja keras semua pihak yang mempersiapkan kegiatan tersebut. Meski masih ada kekurangan dalam persiapannya, Epyardi berharap acara yang berlangsung selama dua hari ini dapat berjalan dengan lancar dan cepat.

“Apresiasi kami sampaikan kepada panitia dan pihak terkait yang telah mempersiapkan acara ini. Apalagi dengan penampilan anak-anak kita yang membawa kesenian daerah, rasanya sangat tepat kita kembangkan kesenian di masing-masing nagari ke depan,” ujarnya.

Bupati menghimbau kepada seluruh Camat dan Sipir se-Kabupaten Solok untuk memberikan perhatian khusus pada sanggar-sanggar seni yang ada di Nagari. “Tolong ke Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan, buat surat edaran dan kirimkan ke seluruh Wali Nagari di Kabupaten Solok. Setiap nagari harus membina anak-anak kita dan kesenian tradisional dengan memberikan anggaran pembinaan,” ujarnya.

Ia mengatakan acara ini bertujuan untuk menarik wisatawan ke Alahan Panjang Resort.
Hal ini akan berdampak pada sektor ekonomi Kota Alahan Panjang dan tidak menutup kemungkinan ada investor yang mau bekerjasama dengan pemerintah daerah setempat untuk membangun dan memperindah tempat wisata seperti Danau Diatas, Danau Bawah dan Danau Talang.

Kedepannya, Bupati berharap untuk event besar seperti Gowes Salingka Danau, pihak-pihak yang terlibat harus benar-benar matang dan matang. “Jika berhasil, ini akan berdampak positif pada promosi daerah, promosi pariwisata, promosi UKM dan seni,” pungkasnya. (Arbi)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button