Bukit Langkisau, menikmati pemandangan eksotis dari ketinggian di kota Painan - WisataHits
wisatahits

Bukit Langkisau, menikmati pemandangan eksotis dari ketinggian di kota Painan

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl. Langkisau, Salido, Kec. IV Jurai, Kab. Pantai Selatan, Sumatera Barat; Kasus: Cek lokasi

Bukit Langkisau adalah destinasi yang wajib dikunjungi di kota Painan, Pesisir Selatan, juga dikenal sebagai tempat terbaik untuk melihat kota Painan dari ketinggian. Bukit ini terletak di pesisir barat pulau Sumatera. Menjadi salah satu destinasi paling terkenal selain pulau-pulau sekitarnya lainnya seperti Pulau Cingkuak atau Pulau Kera, Pulau Karabak, Pulau Cubadak dan Pulau Carocok.

Ketenaran pulau ini tidak dapat dipisahkan karena pemandangannya yang sangat indah. Dari atas bukit, pengunjung bisa melihat dua sisi yang menawan. Sisi pertama adalah Samudera Hindia, Teluk Painan dan juga Pantai Salido. Sedangkan di sisi lain adalah kota Painan, yang menakjubkan membuat semua orang betah duduk berlama-lama menikmati pemandangan.

Tidak hanya pemandangannya, bukit ini juga mengingatkan pada lagu yang sangat populer dengan lagu Minang yang ditulis oleh Nuskan Syarif. Apalagi daerah ini dikenal mistis bagi masyarakat yang mempercayainya. Banyak orang juga datang mengunjungi kuburan di atas bukit untuk memenuhi keinginan mereka.

Atraksi Bukit Langkisau

Objek Wisata Bukit Painan LangkisauKredit gambar: Twitter Tur di Cantigi

Bukit indah ini menjadi destinasi yang sangat terkenal, banyak pengunjung yang datang tidak hanya dari lokal tetapi juga pengunjung asing. Tentu saja, itu karena daya pikatnya, yang terlalu bagus untuk dilewatkan. Berikut adalah beberapa atraksi dan pesona kota bukit utama Painan ini.

1. Pemandangan yang bagus

Bukit Langkisau menawarkan pemandangan alam yang sangat indah bagi banyak pengunjung untuk datang dan menikmati keindahannya. Pengunjung bisa melihat keindahan laut dari Samudera Hindia, juga bisa melihat Teluk Painan, Pantau Salido serta deretan perbukitan panjang yang benar-benar memanjakan mata yang melihatnya.

Pada malam hari, pengunjung bisa menikmati pemandangan yang tak kalah indahnya. Lampu-lampu kapal di pelabuhan sangat mempesona. Termasuk lampu-lampu residen yang cantik dari atas.

2. Matahari terbenam

Pada sore hari, bukit ini akan banyak dikunjungi pengunjung untuk menunggu saat matahari mulai terbenam. Matahari terbenam merupakan daya tarik yang menarik banyak pengunjung. Dengan latar belakang keindahan laut, matahari tampak mulai terbenam di antara perbukitan. Terlihat begitu indah dan akan sangat sulit untuk dilupakan.

Jika Anda datang saat musim hujan, kawasan pesisir selatan akan sering diguyur hujan. Namun, jika Anda datang pada sore hari, jika beruntung Anda akan melihat warna pelangi yang sangat indah setelah hujan.

3. Pohon Seratus Tahun

Ada kekhasan yang menjadi salah satu daya tarik saat berkunjung ke destinasi Bukit Langkisau, yaitu adanya sebuah pohon yang berusia ratusan tahun. Karena sudah sangat tua, pohonnya juga sangat tinggi. Tempatnya berada di lereng bukit, jadi pengunjung bisa pergi ke sana untuk menjelajahi area yang ditumbuhi pepohonan.

Menjadi salah satu daya tarik, banyak pengunjung yang penasaran ingin melihat langsung pohon tua tersebut. Namun, pengunjung tidak diperbolehkan datang sendiri dan harus didampingi oleh pemandu. Ditemani pemandu, pengunjung juga bisa menemukan informasi dan seluk beluk pohon berusia seabad itu.

Alamat dan rute menuju lokasi

Bukit Langkisau Alamat PainanKredit Gambar: Google Maps Rank Pacisia

Pulau Langkisau terletak di kota Painan, ibu kota Kabupaten Pesisir Selatan di Sumatera Barat. Jika Anda datang dari kota Padang, jaraknya sekitar 77 kilometer ke arah selatan. Perjalanan ini dapat ditempuh dengan menggunakan transportasi darat. Jalannya beraspal tetapi sangat menanjak sehingga Anda membutuhkan kendaraan kelas atas.

Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum untuk menuju Pulau Langkisau. Ada bus ukuran sedang yang bisa Anda naiki hanya dengan Rp 10.000. Ada juga bus ukuran kecil yang berkapasitas sekitar 12 orang dengan biaya Rp 15.000. Anda juga bisa naik taksi atau menyewa bus wisata.

Angkutan umum seperti bus jurusan Padang – Painan hanya akan berhenti di terminal Sago, jaraknya sekitar 5 kilometer dari kota Painan. Kemudian Anda tinggal melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum atau angkor. Jika menggunakan kendaraan pribadi, perjalanan dari Painan hanya memakan waktu 10 menit.

Perjalanan untuk sampai ke bukit ini cukup sulit. Kemiringannya bahkan hingga 120-130 derajat, jalannya juga berkelok-kelok. Meskipun jalannya sudah beraspal dengan baik dan dapat dilalui oleh dua mobil kecil, pengemudi harus mengetahui medan dengan baik. Medan jalan yang cukup sulit ini juga tidak memungkinkan kendaraan bus besar.

Sampai di parkiran mobil, masih harus jalan kaki terus. Jika ingin mencapai puncak tertinggi, Anda harus menaiki sekitar 50 anak tangga. Meski cukup berat, namun akan langsung terbayar dengan pemandangan alam yang disuguhkan.

Bukit Langkisau buka setiap hari selama 24 jam. Untuk menikmati keindahannya, Anda tidak perlu membayar tiket masuk. Anda hanya perlu menyiapkan uang tunai untuk parkir jika membawa kendaraan pribadi, itupun tidak mahal. Cukup bayar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil sebelum melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Bukit Langkisau

Aktivitas di Bukit Langkisau PainanKredit Gambar: Google Maps Dani Irak

Ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan jika datang ke Bukit Langkisau. Kegiatan yang sangat seru akan memberikan kesan tersendiri bagi Anda. Beberapa aktivitas yang bisa Anda coba bisa membuat adrenalin Anda terpompa dan sangat seru. Pengelola sendiri telah menyiapkan fasilitas untuk mendukung kegiatan tersebut.

1. Paralayang

Paralayang merupakan salah satu kegiatan favorit pengunjung yang datang ke Bukit Langkisau. Anda juga bisa mencoba melihat pemandangan indah dari atas. Kegiatan ini tidak hanya dilakukan oleh pengunjung lokal, tetapi juga oleh pengunjung asing. Lokasinya yang sangat kondusif untuk kegiatan paralayang ini bahkan sudah dikenal di seluruh dunia.

Daerah ini memiliki karakteristik yang kondusif untuk penyelenggaraan kompetisi paralayang. Banyak atlet paralayang dari berbagai belahan dunia menjadikan tempat ini sebagai tempat favorit untuk berlatih olahraga ini. Kamu juga bisa mencobanya dengan membayar hanya Rp 300.000 saja. Nantinya akan ada pendamping pendamping yang sudah bersertifikat Federasi Dirgantara Indonesia atau FASI.

2. Rubah Terbang

Selain paralayang, aktivitas lain yang memacu adrenalin Anda adalah flying fox. Jika Anda menyukai aktivitas outdoor dan adrenalin lainnya, Anda juga bisa mencoba aktivitas flying fox ini. Pengelola telah menyediakan perlengkapan lengkap untuk kegiatan ini termasuk alat pelindung diri sehingga Anda tidak perlu takut.

3. Menikmati matahari terbenam

Aktivitas Seru di Bukit Langkisau PainanKredit Gambar: Google Maps Bukit Langkisau

Tak ayal, sunset menjadi salah satu momen yang sayang untuk dilewatkan. Bahkan, banyak pengunjung yang datang hanya untuk menunggu matahari terbenam. Duduk di atas bukit, sambil menikmati gabungan pemandangan laut saat matahari terbenam akan sangat mempesona. Anda harus datang pada sore hari untuk dapat menikmati keindahan ini.

4. Pemandangan malam

Di sekitar bukit ini banyak terdapat hostel, jadi kamu bisa bermalam. Dengan cara ini Anda juga memiliki kemungkinan untuk melihat pemandangan di malam hari. Tak kalah dengan pemandangan di siang hari, di malam hari pun tak kalah indahnya. Lampu-lampu perahu di pelabuhan itu indah dan menawan mata.

5. Ambil gambar

Jika Anda datang ke destinasi wisata alam ini, berfoto adalah aktivitas yang wajib dilakukan. Keindahan alam yang dihadirkan akan sayang untuk tidak diabadikan dengan layar kamera. Oleh karena itu, jika Anda datang ke bukit ini, jangan lupa untuk membawa kamera Anda. Ada banyak tempat bagus untuk background foto kamu,

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Bukit Langkisau PainanKredit Gambar: Google Maps Bukit Langkisau

Fasilitas yang tersedia di Bukit Langkisau sangat memadai bagi pengunjung. Tidak hanya lahan parkir yang luas untuk menampung banyak kendaraan pribadi pengunjung, namun juga fasilitas lainnya seperti warung makan dengan menu yang bervariasi dan harga yang cukup terjangkau. Dan ada juga gazebo untuk beristirahat.

Selain itu, destinasi wisata ini juga menawarkan fasilitas olahraga yang menarik banyak pengunjung. Peralatan paralayang tersedia dan pengunjung juga akan didampingi oleh pemandu paralayang bersertifikat. Selain paralayang, peralatan untuk kegiatan outbound lainnya seperti flying fox juga tersedia.

Anda juga tidak perlu buru-buru pulang. Di kawasan ini juga disediakan penginapan sehingga Anda bisa bermalam. Menginap di bukit ini, Anda juga bisa menikmati keindahan kota Painan dan aktivitas pelabuhan dari atas. Akomodasi di kawasan ini juga menawarkan banyak pilihan dengan harga yang bervariasi, sehingga Anda dapat menyesuaikan anggaran.

Bukit Langkisau merupakan salah satu tujuan wisata utama di Kota Painan, yang banyak dikunjungi tidak hanya oleh wisatawan lokal tetapi juga oleh wisatawan mancanegara. Lokasinya yang menawarkan pemandangan alam yang indah juga menjadi tempat yang baik untuk melakukan aktivitas paralayang. Tak heran jika bukit ini menjadi spot favorit para atlet paralayang dari seluruh dunia.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button