Bukit Klangon, Bumi Perkemahan Seru dengan Pemandangan Gunung Merapi di Sleman - WisataHits
wisatahits

Bukit Klangon, Bumi Perkemahan Seru dengan Pemandangan Gunung Merapi di Sleman

Harga tiket: Rp50.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kalitengah Lor, Glagaharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Bukit Klangon berdiri gagah di ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut di Sleman. Meski namanya belum begitu dikenal, pesona tempat ini tidak boleh dilewatkan. Membentang di kaki Gunung Merapi, pemandangan yang disajikan sungguh luar biasa. Apalagi biaya masuk ke sini cukup murah dan bisa dijangkau oleh berbagai lapisan masyarakat.

Dibandingkan dengan wisata sejenis di kawasan yang sama, bukit tunggal ini mungkin belum bisa mengalahkan popularitas Bukit Indah Glagaharjo. Namun, dari segi pemandangan, tentu bisa menyengat. Jika proses promosi dan jam buka kedua bukit tersebut sama, kemungkinan Bukit Klangon akan mendapat perhatian lebih.

Tidak peduli tingkat popularitasnya, bukit ini layak menjadi referensi untuk liburan, baik akhir tahun maupun akhir pekan. Ada banyak rekomendasi aktivitas yang bisa kamu lakukan sambil menghabiskan waktu di sini. Mulai dari mendaki tebing, mengagumi keindahan Gunung Merapi dari jarak yang cukup dekat, atau bahkan sekedar bersantai untuk bersantai.

Hal yang Dapat Dilakukan di Klangon Hills

Atraksi Bukit KlangonKredit Gambar: Rekomendasi Instagram untuk tempat piknik yang menyenangkan

1. Jalur pendakian

Bukit Klangon berjarak sekitar 4-5 km dari Gunung Merapi, sehingga tidak jarang kawasan ini dijadikan sebagai jalur pendakian bagi pemula. Medannya cukup bersahabat di mana Anda akan menemukan turis dari berbagai kelompok usia dan bahkan anak-anak berjalan di jalan setapak tujuan ini sendirian.

Plus, Anda akan menemukan perpaduan pemandangan eksotis di sepanjang jalan. Berbagai satwa khas Gunung Merapi juga sering lewat, misalnya burung madu gunung, burung kepodang, kera dan musang. Sebenarnya tidak terlalu mengherankan karena kawasan di sekitar sini memang dialihfungsikan menjadi hutan konservasi.

Ditemani angin sepoi-sepoi dan suara alam, Anda bisa merasakan petualangan yang menyenangkan jika menjelajah di sini. Ingat, siapkan peralatan fotografi terbaik untuk mengabadikan setiap momen dalam bingkai kamera.

2. Pemandangan Gunung Merapi

Mungkin daya tarik utama yang berhasil menggelitik rasa penasaran pengunjung adalah Gunung Merapi dengan nilainya. Pemandangan pegunungan aktif ini bisa Anda lihat dari jarak yang cukup dekat, bahkan dalam jarak 10 km.

Di sini, tak perlu mendaki ke puncak Merapi untuk mengetahui betapa indahnya karena Bukit Klangon sudah cukup mewakilinya. Selain itu, pengelola juga menyediakan titik pandang yang dapat menampilkan estetika alam di sekitar perbukitan. Hingga saat ini, pos pengamatan masih menjadi tempat paling populer di kalangan wisatawan.

3. Udara segar relatif dingin

Bagi penduduk kota yang masih diliputi panasnya kehidupan sehari-hari, wisata alam merupakan transisi sementara untuk beristirahat. Anda akan dimanjakan dengan dinginnya perbukitan yang biasanya suasananya cukup efektif untuk meningkatkan mood.

Namun, bagi Anda yang memiliki alergi dingin atau tingkat resistensi yang relatif rendah, sebaiknya siapkan jaket atau gunakan pakaian yang tebal. Jenis tindakan ini adalah cara sederhana untuk menyelamatkan diri dari efek buruk, seperti sakit.

Udara sejuk bukit ini juga dipengaruhi oleh letaknya yang relatif jauh dari perkotaan. Dengan demikian, polusi udara hampir tidak ada, bahkan suara bising yang terkadang membuat kepala pusing. Jika ingin petualangan yang lebih menyenangkan, cobalah bermalam di kawasan ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Bukit KlangonKredit Gambar: Google Maps Edy Bonsai Lover

Bukit Klangon terletak di Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kecamatan Cangkringan, dekat lereng Merapi. Jika Anda ingin ke sini, Anda bisa mengambil jalan Kaliurang menuju desa Glagaharjo. Dari Kaliurang, menuju Kaliadem di pertigaan lalu belok kanan.

Dari sana Anda harus menuju ke kastil dunia yang hilang dan terus berjalan sampai Anda menemukan pertigaan berikutnya. Kemudian gunakan jalur kiri dan lurus dan terus ikuti rambu yang akan Anda temukan semakin sering seiring jarak dari turis tujuan semakin pendek.

Perlu diingat bahwa perjalanan Anda menuju bukit ini akan sedikit terhambat oleh beberapa tikungan medan yang cukup sulit, bebatuan kecil, dan medan yang terjal. Oleh karena itu, pastikan untuk berhati-hati dan tidak melakukan akselerasi secara sembarangan, apalagi jika Anda berkendara sendirian.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga tiket masuk Bukit KlangonKredit Gambar: Google Maps mendukung Jogja

Manajemen Bukit Klangon menawarkan berbagai fasilitas dengan kisaran harga yang cukup banyak. Dengan kata lain, jika Anda berkunjung ke sini, sepertinya Anda harus merogoh kocek minimal Rp 50.000. Alasannya bukan hanya tiket masuk, tapi juga tarif sewa untuk aktivitas seperti camping. Selain itu, tarif antara wisatawan nasional berbeda dengan wisatawan asing.

Untuk wisatawan domestik cukup membayar Rp 5.000, sedangkan wisatawan asing cukup merogoh kocek Rp 15.000. Di sisi lain, jika ingin melakukan aktivitas seru seperti camping, semua pengunjung harus membayar Rp 15.000.

Meski tingkat pembayaran terjadi berkali-kali, harga totalnya masih relatif murah, bahkan bagi yang belum bekerja. Belum lagi, mengingat suasana estetis yang menanti Anda dan siap memanjakan Anda.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Bukit Klangon

Aktivitas Menarik Klangon HillsKredit Gambar: Informasi Instagram Bukit Klangon dan Merapi

1. Perkemahan

Setiap wisatawan harus mencoba kegiatan menarik ini. Berkemah di Bukit Klangon akan memberikan pengalaman tak terlupakan yang bisa menjadi kenangan terbaik di masa depan.

Harap dicatat bahwa pengelola membatasi jumlah pengunjung untuk kunjungan ke perkemahan hanya 100 orang per malam. Ini berarti tidak akan terlalu keras sehingga mengganggu Anda. Singkatnya, berkemah di sini seperti pengalaman eksklusif di mana hanya beberapa orang yang bisa menikmatinya untuk sementara waktu.

Jika ingin merasakannya, Anda bisa melakukan reservasi melalui nomor yang sudah disediakan pengelola yaitu 081334940725. Setelah disetujui, Anda masih perlu melakukan registrasi ulang begitu sampai di tempat wisata.

Namun, perlu diingat bahwa angka-angka di atas dapat berubah sewaktu-waktu. Oleh karena itu, cara termudah jika Anda berniat berkemah di Bukit Klangon adalah dengan menyelidiki langsung di lokasi kemudian bertanya kepada pihak pengelola terkait. Juga, jika Anda berencana untuk berkemah dalam kelompok yang cukup besar.

Ada beberapa aturan yang harus dipatuhi oleh para pekemah, antara lain berkemah hanya di area yang telah disediakan, lalai mengambil kayu bakar, memarkir kendaraan pada tempatnya dan menghadap pintu keluar.

Selain itu, dilarang membuat kerusuhan yang berlebihan seperti bersiul, membunyikan sirine, menembakkan kembang api, dll. Ini tidak berarti bahwa kesenangan Anda terbatas, hanya upaya agar para peserta tidak mengganggu kedamaian. Juga dilarang merusak fasilitas umum, dan meninggalkan sampah di perkemahan.

2. Uji nyali Anda dengan sepeda downhill

Ingin menantang diri sendiri dengan bersepeda menuruni bukit? Coba fasilitas downhill bike di Bukit Klangon. Di sini Anda akan menemukan medan terjal yang naik turun seperti jalur sepeda. Bahkan tak jarang Anda harus melewati drop zone yang terjal untuk memacu adrenalin Anda secara drastis.

Kegiatan ini sangat cocok bagi Anda yang hobi bersepeda. Bahkan, tidak jarang event bersepeda yang berlangsung di perbukitan dengan Jogja sebagai titik awalnya. Oleh karena itu, ada baiknya untuk selalu mengupdate berbagai informasi wisata lokal agar tidak ketinggalan momen-momen menyenangkan.

3. Menunggu senja

Aktivitas di perbukitan tidak akan lengkap tanpa panorama matahari terbenam, di mana Anda akan dimanjakan dengan rona jingga di ufuk barat. Carilah lokasi terbaik, terutama di bagian atas jika ingin melihat matahari terbenam.

Sementara itu, Anda bisa ngemil atau hanya duduk santai dan menikmati angin sepoi-sepoi. Di tempat yang tidak terlalu jauh, setiap pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan Gunung Merapi. Bahkan, alangkah baiknya jika Anda bisa bernyanyi dan bermain gitar, salah satu dari dua aktivitas yang paling cocok untuk menemani penikmat senja.

Hanya saja, untuk menyaksikan matahari terbenam dengan pemandangan yang maksimal, Anda harus pintar-pintar menentukan waktu tiba di Bukit Klangon. Jangan pergi, Anda datang sesaat setelah hujan atau saat musim hujan. Paling baik dikunjungi saat musim kemarau, saat langit berwarna biru cerah sehingga sinar matahari tidak tertutup awan gelap.

4. Piknik

Aktivitas menarik di Bukit KlangonKredit gambar: Google Maps Ja Va

Jika Anda enggan mengeluarkan uang ekstra untuk berkemah di Bukit Klangon, Anda bisa mengemas piknik sebagai alternatif cadangan. Piknik tidak mengharuskan pengunjung untuk bermalam, tetapi tetap memberikan kesempatan untuk kegiatan yang menyenangkan seperti makan, menata tikar, menyiapkan hidangan sederhana, dll.

Oleh karena itu, persiapkan bekal terbaik Anda sebelum menginjakkan kaki di kawasan wisata alam satu-satunya ini. Pasokan ini dapat berupa makanan siap saji atau bahan mentah. Ajak teman, keluarga, atau pasangan terdekat untuk bersenang-senang bersama. Meski sajiannya cukup sederhana, namun akan lebih nikmat jika dilakukan bersama orang tersayang.

5. Meditasi

Meditasi adalah pilihan terbaik jika Anda tidak ingin berjalan-jalan, tetapi ingin bertamasya di alam. Cukup cari posisi yang relatif sepi dan jarang dilintasi pengunjung lain, lalu nikmati kesendirian Anda.

Akan lebih baik lagi jika ditambah dengan iringan musik klasik atau obat penenang, dimana suasana sekitar cukup kondusif. Tutup saja mata Anda dan rasakan udara di sekitar Anda. Namun sebelum itu, ingatlah untuk menggunakan obat nyamuk agar tetap nyaman saat bermeditasi.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Bukit KlangonKredit Gambar: Google Maps Let’s Dolan Indonesia

Manajemen Bukit Klangon telah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap bagi pengunjung dimana kebutuhan dasar dapat terpenuhi dengan baik. Di sini Anda akan menemukan warung makan yang menyajikan berbagai olahan lokal atau hidangan sederhana.

Jika ingin menghangatkan diri di perbukitan yang dingin, Anda bisa memesan secangkir teh atau kopi dengan mi instan. Selain itu, ketika ingin mandi sambil camping atau sekedar buang air kecil, sudah tersedia kamar mandi yang memadai. Bagi wisatawan muslim tidak perlu khawatir karena destinasi ini dilengkapi dengan mushola.

Di sisi lain, jika Anda ingin beristirahat atau sekadar duduk, ada sejumlah gazebo yang siap menampung Anda. Belum lagi fasilitas wisata lainnya seperti sepeda downhill, arena camping, dll. Pada dasarnya, akan sangat menyenangkan saat Anda berada di bukit kecil di kaki Gunung Merapi ini.

Bukit Klangon menawarkan berbagai pesona alam dengan sentuhan wisata modern. Mampu menghadirkan aktivitas seru dalam sebuah petualangan. Mulailah dengan mendaki bukit, berkemah, menikmati matahari terbenam, bersepeda, bersantai. Semuanya bisa Anda coba dengan biaya yang relatif terjangkau bersama orang-orang terdekat Anda.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button