Pantai Mananggu, pantai yang indah dengan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan di Boalemo - WisataHits
wisatahits

Pantai Mananggu, pantai yang indah dengan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan di Boalemo

Pantai Mananggu, pantai yang indah dengan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan di Boalemo
Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Tapada, Kec. Botumoito, Kab. Boalemo, Gorontalo; Kasus: Verifikasi lokasi

Pantai Mananggu merupakan salah satu tempat wisata alam yang menakjubkan di Provinsi Gorontalo dan tentunya sangat menarik untuk dijelajahi. Pemandangan alam yang disajikan oleh pantai akan memanjakan mata semua wisatawan. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang langsung terkagum-kagum, apalagi saat baru pertama kali mengunjungi pantai cantik ini.

Keindahan yang terdapat di sirkuit ini sangat eksotik dan sayang jika dilewatkan begitu saja. Meski menawarkan beragam keunikan dan keindahan, ternyata pantai ini belum banyak dikenal di kalangan wisatawan lokal. Oleh karena itu, pemerintah dan warga sekitar saat ini sedang gencar memperkenalkan dan mempromosikan objek wisata ini melalui media sosial.

Menghabiskan liburan di pantai ini akan memberikan segudang pengalaman seru dan berkesan. Tentunya tidak kalah dengan beberapa pantai lain di Gorontalo yang lebih terkenal. Di bawah ini ulasan singkat tentang Pantai Mananggu yang wajib Anda saksikan agar tidak membuat Anda semakin penasaran dengan pesona keindahan yang ditawarkan di sana.

Atraksi yang ditawarkan oleh Pantai Mananggu

Atraksi yang ditawarkan Pantai ManangguFoto: Instagram/Andriyanali94

1. Sifat Ramah

Keindahan alam yang disuguhkan di pantai ini membuat banyak orang datang ke sini hanya untuk menikmati pemandangan. Hati dan pikiran Anda akan terasa tenang dan segar memandang hamparan laut kebiruan dengan pasir putih nan eksotis di sepanjang pantai.

Pepohonan kelapa yang tumbuh subur di sepanjang garis Pantai Mananggu menjadikan panoramanya indah dan luar biasa. Pemandangan alam yang disajikan di pantai ini juga akan membuat semua orang betah berlama-lama.

Anda bisa membuktikan sendiri bahwa keindahan pantai ini tidak kalah dengan pantai-pantai di seluruh Indonesia. Angin sepoi-sepoi dan ombak yang sangat tenang juga menambah nyaman suasana disana.

2. Pantainya masih alami

Jika Anda seorang wisatawan yang menyukai pantai yang masih alami, tidak ada salahnya mencoba datang ke Pantai Mananggu. Pantai ini memiliki keindahan alam yang masih sangat alami seolah belum pernah dijamah oleh tangan manusia. Bukan karena panoramanya kurang indah untuk diapresiasi, melainkan karena letaknya yang jauh dari pemukiman penduduk.

Sehingga, pantai ini cenderung tertutup dan kurang terlihat dari luar. Karena objek wisata ini belum begitu dikenal oleh wisatawan lokal. Dengan demikian, pemberdayaan objek wisata masih belum dilaksanakan secara maksimal. Meski demikian, pantai ini tetap menjadi objek wisata utama di Provinsi Gorontalo.

3. Matahari terbenam dan matahari terbit yang menakjubkan

Pantai ini juga populer dengan pemandangan matahari terbenam dan matahari terbit yang ditawarkannya. Tidak jarang wisatawan datang hanya untuk bisa menikmati keindahan sunset dan sunrise di pantai.

Perpaduan langit jingga dengan keindahan pantai yang luar biasa akan memberikan suasana yang sangat romantis. Anda bisa menikmati keindahan sunset dan sunrise di pinggir pantai atau di bebatuan sekitar pantai ini.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat wisata di BoalemoFoto: Instagram/Yuliuscaesar91

Pantai ini berada di Provinsi Gorontalo tepatnya di Desa Mananggu dengan Kecamatan Mananggu dan Kabupaten Boalemo. Di Kabupaten Boalemo sendiri terdapat banyak pantai yang menarik. Jadi, saat mencari lokasi dari Pantai Mananggu, pastikan Anda pergi ke tempat yang tepat.

Seperti disebutkan sebelumnya, pantai ini jauh dari pemukiman penduduk. Hal ini membuat akses menuju ke sana hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua saja. Anda juga akan menemukan jalan yang cukup terjal dan sempit yang melintasinya.

Oleh karena itu, Anda tidak mengendarai kendaraan roda 4 untuk datang ke pantai. Bagi wisatawan yang memiliki jiwa petualang yang tinggi, sangat cocok untuk mengunjungi objek wisata ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Bahari

Tarif masuk ke kawasan Pantai Mananggu relatif murah dan terjangkau. Selain itu, pada hari-hari kegiatan, Senin hingga Jumat, harga tiket akan relatif terjangkau. Harga tiket masuk yang murah ini disebabkan karena pantai ini masih belum banyak diminati oleh wisatawan dan pemanfaatannya masih kurang baik.

Untuk biaya masuk saat hari aktif hanya sekitar 5.000 rupiah saja. Sedangkan untuk hari libur nasional seperti Sabtu dan Minggu, harganya akan sedikit lebih tinggi dari harga tersebut. Namun, harga tiket masuk tersebut juga dapat berubah sewaktu-waktu. Anda dapat menghubungi pengelola tur terlebih dahulu untuk meminta harga tiket yang akurat.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas Seru di Pantai ManangguFoto: Twitter/ Windah Tsu

1. Berenang dan bermain air

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Pantai Mananggu memiliki ombak yang relatif tenang. Sehingga bisa anda gunakan untuk berenang atau bermain air di pantai tanpa khawatir dengan ombak besar yang bisa mengakibatkan wisatawan tersapu arus yang kencang.

Ajak teman dan keluarga tercinta serta bawalah berbagai perlengkapan renang pintar. Tentu saja Anda bisa berenang dengan bebas di pinggir pantai yang relatif tenang ini. Bagi wisatawan yang tidak bisa berenang namun ingin menikmati ombak yang tenang, cukup bermain air di pantai.

Anda dapat memainkan game lain seperti voli pantai. Kegiatan ini pastinya sangat seru jika dilakukan bersama teman dan keluarga. Untuk anak kecil, pasir putihnya yang lembut sangat cocok untuk dijadikan tempat bermain berupa istana pasir dll.

2. Berburu Foto

Bagi Anda yang berprofesi sebagai videografer dan fotografer, sangat cocok mengunjungi Pantai Mananggu. Anda yang berkunjung ke sini untuk hunting foto bisa membuat perahunya Instagrammable dan menarik. Perahu Nelatan yang terletak di pinggir pantai memiliki nilai estetika yang relatif tinggi.

Tidak hanya itu, ada banyak sekali tempat menarik yang bisa Anda gunakan sebagai lokasi syuting. Suasana yang tenang tentunya menambah fokus Anda dalam menciptakan foto yang indah dan mempesona.

Atau mungkin bagi anda yang memiliki tugas menulis resume atau artikel tentang pemancing, anda bisa mengunjungi tempat ini. Anda akan bertemu dengan beberapa nelayan yang bisa menjadi narasumber. Selain itu, sambil menyelesaikan tugas, Anda juga bisa menikmati panorama pantai.

3. Bersantai di pantai

Sangat cocok jika Anda berkunjung ke Pantai Mananggu untuk mencari ketenangan dan bersantai sejenak setelah aktivitas pekerjaan sehari-hari yang padat. Datang ke objek wisata eksotis ini, Anda akan melihat banyak perahu nelayan yang bersandar di pantai. Tidak aneh karena sumber pendapatan penduduknya adalah pekerjaan nelayan.

Anda bisa membeli makanan dan minuman ringan yang dijual di sekitar pantai. Sembari menikmati jajanan tersebut, Anda bisa duduk santai di atas lembutnya pasir putih atau di atas batu karang untuk menikmati keindahan pantai.

4. Jalan-jalan

Saat berkunjung pagi atau sore hari, kegiatan yang paling menarik dilakukan wisatawan di pantai adalah jalan-jalan. Anda bisa berjalan-jalan di sekitar pantai untuk membuat tubuh segar dan sehat. Jalan-jalan di sana tidak akan membuat Anda lelah karena mata Anda akan selalu terpesona oleh alam yang menakjubkan.

5. Memancing ikan

Bagi wisatawan yang ingin berlatih memancing di pantai ini, bisa bergabung dengan salah satu perahu nelayan yang ada di sini. Namun, tentunya Anda harus memberikan izin terlebih dahulu kepada nelayan yang akan menumpang Anda. Akan lebih baik lagi jika anda mempersiapkan dan membawa alat tangkap sendiri dari rumah.

Aktivitas memancing di sini seru karena jumlah ikan di lautan cukup melimpah. Setelah berhasil mendapatkan umpan berupa ikan, Anda bisa melanjutkan aktivitas memanggang di tepi Pantai Mananggu. Tentu saja, makan ikan yang Anda tangkap sendiri rasanya lebih enak daripada harus membelinya terlebih dahulu.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Sarana wisata di BoalemoFoto: Instagram/Tujuan Kreen

Karena pemberdayaan objek wisata ini belum dilaksanakan secara maksimal, tidak heran jika fasilitas yang mungkin Anda temukan di sana sangat terbatas. Ini karena tidak ada toilet atau tempat ibadah.

Turis harus pergi ke perusahaan lokal untuk memeriksa toilet dan tempat ibadah. Namun, tidak perlu berkecil hati karena pemandangan alam tidak akan membuat Anda patah semangat saat berkunjung ke Pantai Mananggu.

Jika Anda ingin dapat menghabiskan liburan pantai hingga beberapa hari, Anda dapat memilih dari beberapa hotel terdekat. Beberapa hotel tersebut antara lain Grand Amalia Hotel, Nirvina Eco Resort dan Citra Ayu Hotel.

Itulah hal-hal yang ada di Pantai Mananggu yang terkenal di Boalemo, yang bisa Anda kunjungi kapan saja ada kesempatan. Dengan begitu Anda bisa menikmati panorama alam pantai Gorontalo yang menawan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button