Bukan di Amerika Serikat, Hollywood Ini Ada di Kulon Progo! - WisataHits
Yogyakarta

Bukan di Amerika Serikat, Hollywood Ini Ada di Kulon Progo!

Bukan di Amerika Serikat, Hollywood Ini Ada di Kulon Progo!

Kulonprogo

Hollywood adalah pusat film di California, AS. Ternyata selain Amerika, Hollywood juga ada di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Hanya saja, meski memiliki nama yang sama, kedua tempat ini sangat berbeda. Hollywood di Kulon Progo merupakan tempat pemakaman umum (TPU). Inilah ceritanya.

Pemakaman Hollywood kita jumpai di pinggir Jalan Nasional Jogja-Wates km 28, lebih tepatnya di Dusun Ngramang, Desa Kedungsari, Kapanewon Pengasih. TPU ini sebenarnya disebut Pemakaman Mglare tetapi sekarang lebih dikenal sebagai Pemakaman Hollywood. Bahkan jika kita menulis Hollywood Tombs di aplikasi Google Maps, mereka akan langsung menuju ke TPU ini.

Istilah Hollywood mengacu pada prasasti yang diukir di tebing setinggi 5 meter di bawah Makam Mglaring. Tulisan yang terbuat dari semen dengan kombinasi hitam dan putih ini menonjol karena ukurannya. Alhasil menarik perhatian orang sehingga sering dijadikan spot foto.

“Seringkali pengendara berhenti di sini hanya untuk berfoto karena mungkin unik, kok Hollywood ada di sini,” kata Pardiman, 57, warga setempat saat ditabrak. detikJateng sekitar Pemakaman Hollywood, Rabu (25/1/2023).

Pardiman mengatakan, surat Hollywood itu ditulis pada 1989 oleh warga setempat. Tujuannya untuk memperindah tempat tersebut seperti dulu sebagai tempat kesenian, kegiatan masyarakat dan pertunjukan.

“Kitab suci ini dulunya ditulis oleh pemuda setempat. Karena di tempat ini tepatnya di lapangan depan dulu sering diadakan pementasan Jathilan, wayang kulit dan kegiatan Augustan. Bagaimana menurut anda Kalau ditulis jadi menarik,” ujarnya.

“Awalnya dulu dilakukan dengan mengukir tebing di sana, tapi itu memakan waktu lama hilang Akhirnya dibuat dengan semen agar terlihat seperti sekarang dan saya merawatnya setiap tahun,” tambahnya.

Mengenai pemilihan nama Hollywood, Pardiman mengatakan tidak ada alasan khusus. Pada awal produksi, para anak muda secara acak menyarankan nama hanya untuk bersenang-senang, hingga Hollywood datang dan merujuk ke pusat hiburan dan film di California, AS. Usulan ini langsung disetujui karena terkesan keren.

“Tidak ada alasan yang jelas, itu hanya untuk bersenang-senang. Kebetulan sepupu saya terlibat dalam pembuatannya dan dia juga tidak punya alasan yang jelas,” kekehnya.

Baca nama-nama dusun Hollywood yang lebih terkenal di halaman selanjutnya….

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button