Bukan Cuma Leuwi Hejo, Ini 6 Air Terjun Megah Penuh Pesona di Jawa Barat - WisataHits
Jawa Barat

Bukan Cuma Leuwi Hejo, Ini 6 Air Terjun Megah Penuh Pesona di Jawa Barat

bandung

Jawa Barat merupakan daerah yang kaya akan wisata alam. Salah satu wisata andalan adalah air terjun atau air terjun. Berikut 6 Air Terjun Mantap di Jawa Barat.

Jawa Barat dikenal sebagai salah satu daerah dengan pemandangan alam yang memukau. Kawasan ini merupakan kawasan yang menjadi tujuan utama warga ibu kota untuk berlibur.

Salah satu daya tarik wisata Jawa Barat adalah sebaran air terjun yang bisa ditemui hampir di semua daerah. Tak hanya Leuwi Hejo, Jawa Barat memiliki banyak air terjun lain yang tak kalah indahnya. Nah, ini dia 6 rekomendasi air terjun atau air terjun yang harus traveler kunjungi.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

1. Air Terjun Malela

Air Terjun Malela di BandungAir Terjun Malela, Bandung. Foto: (Arif Wahyu maulana/d’treveler)

Air Terjun Malela terletak di Rongga, Bandung Barat. Air terjun ini memiliki tinggi 60 meter dan lebar 55 meter. Air terjun ini sering disebut sebagai kembaran Air Terjun Niagara di Amerika Utara.

Air Terjun Malela memiliki bentuk yang bertingkat-tingkat dan aliran air yang jernih yang sering menghantam bebatuan. Buatlah unik dan sangat menyegarkan untuk dilihat. Apalagi saat musim hujan, yang menyebabkan air lebih banyak mengalir.

2. Air Terjun Cimahi

air terjunAir Terjun Cimahi. Foto: (Yudha Maulana/detikcom)

Curug Cimahi atau juga dikenal dengan Curug Pelangi terletak di kawasan Kertawangi, Cisarua, Bandung Barat. Air terjun ini memiliki ketinggian 80 meter dengan sumber air dari Situ Lembang.

Curug Cimahi menawarkan kemegahan air terjun yang diberkahi dengan fauna unik yang dilindungi. Kawasan air terjun ini merupakan habitat kera ekor panjang. Jadi ketika traveler datang berkunjung, jangan heran jika melihat banyak kera yang bergelantungan.

3. Curug Citambur

air terjun citaburair terjun Citabur. Foto: Wisma Putra/detikcom

Air Terjun Citambur terletak di Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur. Air terjun ini merupakan air terjun tertinggi di Jawa Barat dan tertinggi ke-7 di Indonesia dengan ketinggian lebih dari 100 meter.

Air terjun ini menawarkan pemandangan indah dan megah yang menjulang tinggi. Air di air terjun ini sangat jernih dan menyegarkan. Tidak hanya itu, air terjun ini juga menampilkan berbagai flora dan fauna lokal yang tidak kalah menyenangkan seperti pohon rasamala, kera, luwak dan rusa.

4. Air Terjun Sublim

Air Terjun Luhur di CianjurCurug Luhur di Cianjur. Foto: (Idris/detikTravel)

Curug Luhur berada di dekat Cianjur Selatan, tepatnya di Pamoyanan, Cibinong, Kabupaten Cianjur. Air terjun Luhur ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter.

Meski tidak setinggi air terjun sebelumnya, air terjun ini tetap memesona karena memiliki beberapa tingkatan air terjun dengan bentuk yang lebar. Di air terjun ini, pengunjung tidak hanya bisa melihat keindahan air terjun, tapi juga bebas berenang dan bermain air.

5. Curug Cikaso

Air Terjun di SukabumiCurug Cikaso, Sukabumi. Foto: (Yizreel Tuerah/d’Traveler)

Curug Cikaso terletak di Desa Ciniti, Cibitung, Kabupaten Sukabumi. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter.

Air terjun ini menawarkan keindahan air terjun yang dikelilingi oleh tebing dan air terjun yang sangat indah. Air di air terjun ini juga sangat jernih, sehingga akan terlihat sangat indah saat difoto. Sama seperti Air Terjun Luhur, pengunjung Air Terjun Cikaso dapat berenang bebas di area yang berada tepat di bawah air terjun.

6. Curug Cilember

Air Terjun CilemberCurug Cilember, Bogor. Foto: Suyoto Achmadi/d’Traveler

Curug Cilember terletak di Desa Jongjongan, Cisarua, Kabupaten Bogor. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter.

Meski tidak setinggi yang lain, air terjun ini menawarkan nuansa yang berbeda. Berada di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut, air terjun ini dikelilingi oleh hutan pinus. Ini tidak hanya membuatnya indah untuk dilihat, tetapi juga memiliki udara dan suasana yang sangat menyegarkan.

Artikel ini dimuat di detikJabar. Baca lebih lanjut di sini.

Tonton video “Air Terjun Cilember, Asyiknya Menikmati Segarnya Air Terjun Bogor”.
[Gambas:Video 20detik]
(ysn/ysn)

Source: travel.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button