Buah Manis Nelayan Semarang, bikin bakau Edupark yang bikin turis mancanegara muntah - WisataHits
Jawa Tengah

Buah Manis Nelayan Semarang, bikin bakau Edupark yang bikin turis mancanegara muntah

semarang

Nelayan di Semarang tidak hanya melaut. Mereka juga pahlawan bagi lingkungannya karena bisa membangun Mangrove Edupark dan menarik wisatawan mancanegara.

Warga Tambakrejo, Desa Tanjung Mas, Semarang berwisata ke Tambakrejo Mangrove Edupark. Diresmikan pada tahun 2019, wisata alam muncul sebagai pionir sejak tahun 2011 dari warga setempat dari kelompok nelayan.

Tempat wisata ini terletak di RW 16, Kelurahan Tanjung Mas, Semarang Utara. Untuk menuju tempat tersebut, wisatawan perlu naik perahu motor dengan harga Rp 15.000 per orang untuk 5 sampai 10 orang.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Tempat wisata ini memiliki nuansa hutan bakau dengan jalur bambu. Ada berbagai jenis mangrove atau bakau dan wisatawan bisa belajar tentang mangrove dari pemandu wisata yang disediakan.

Salah satu pengelola Mangrove Edupark, Zazid, 48 tahun, mengatakan, kebun mangrove lahir dari kerjasama penanaman antara perusahaan dengan grup Love Nature Magrove Asri dan Rimbun (Camar) pada 2011. Awalnya, warga hanya berpikir untuk menghijaukan tanaman.

“Inisiatifnya karena ada lahan yang tidak digunakan untuk penanaman mangrove karena tergenang air. Akhir 2011 baru kami tanam dan rawat,” kata Zazid kepada detikJateng melalui telepon, Selasa (12/6/2022).

Zazid mengaku tidak banyak mengetahui manfaat mangrove saat pertama kali menanamnya bersama teman-temannya. Namun sejak proyek penanaman, ia belajar banyak bahkan melakukan studi banding ke berbagai daerah.

Zazid mengatakan sebagian besar pengunjung tempat wisata itu berasal dari sekolah-sekolah yang mengadakan study tour. Namun, tidak sedikit pula orang yang datang dari luar negeri untuk melakukan penelitian atau sekadar berwisata.

“Mereka datang dari Prancis, China, Jepang, Australia. Ada penelitian mangrove dari Amerika,” ujarnya.

Artikel ini pernah tayang di detikJateng

Simak video “7 Mobil Hancur Setelah Terseret Banjir Bandang di Semarang!”
[Gambas:Video 20detik]
(mis./mis.)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button