BPBD DIY meminta biro perjalanan mengedukasi wisatawan tentang kerentanan bencana di destinasi wisata - WisataHits
Yogyakarta

BPBD DIY meminta biro perjalanan mengedukasi wisatawan tentang kerentanan bencana di destinasi wisata

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY mengimbau masyarakat tetap waspada saat berkunjung ke DIY pada libur Natal dan Tahun Baru 2022 dan 2023.

Pasalnya, lokasi destinasi wisata terpopuler di DIY ini sebenarnya berada di kawasan yang cukup ekstrem, baik di kawasan pesisir maupun pegunungan.

Direktur Eksekutif BPBD DIY Biwara Yuswantana mengatakan, imbauan kewaspadaan tidak hanya ditujukan kepada masyarakat.

Ia juga mengingatkan para penyedia jasa travel do-it-yourself untuk mengedukasi wisatawan tentang keistimewaan alam di suatu destinasi.

Baca Juga: BPBD DIY berharap pengelola wisata di daerah rawan menyiapkan infrastruktur kesiapsiagaan bencana

“Dalam rapat, kami menyampaikan bahwa sebaiknya travel agent atau pemandu wisata mendampingi wisatawan sebelum memasuki objek wisata dan menyampaikan terlebih dahulu berbagai potensi bencana yang ada di destinasi wisata. Misalnya ombak apa saja yang ada di pantai Parangtritis sana? titik terendah,” kata Biwara Yuswantana, Rabu (14/12/2022).

Ia meminta agar ketiga turis itu menyerahkan informasi yang ada di kartu penanggulangan bencana setibanya di penginapan atau saat bertemu dengan pemandu wisata.

“Tidak hanya menginformasikan tentang keindahan destinasi wisata, tapi juga tentang kerawanan terhadap bencana. Di utara misalnya lava tour,” ujarnya.

Himbauan ini diharapkan dapat menimbulkan kepedulian para pemangku kepentingan industri pariwisata agar kejadian yang tidak diinginkan di tempat wisata tidak terulang kembali.

Selain itu, wilayah DIY saat ini masih mengalami cuaca ekstrem yang diperkirakan masih berlanjut hingga awal tahun 2023. (Tribunjogja.com)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button