Borobudur marathon tingkatkan okupansi hingga 40 persen, warga mengapresiasi Ganjar - WisataHits
Jawa Tengah

Borobudur marathon tingkatkan okupansi hingga 40 persen, warga mengapresiasi Ganjar

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Borobudur Marathon 2022 resmi dibuka pada Sabtu (11/12/2022) oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Event tahunan ini mampu mendongkrak perekonomian masyarakat setempat.

Okupansi penginapan bahkan mencapai 80 persen lebih banyak dari hari-hari biasa. Selain itu, Borobudur marathon juga bisa menjadi lokomotif penggerak pariwisata, khususnya bagi para pelaku UMKM.

Ketua Perkumpulan Desa Homestay Borobudur Muslih mengatakan, Borobudur marathon memberikan dampak yang sangat signifikan bagi pengelola homestay, khususnya yang berada di sekitar Candi Borobudur. Laju kenaikannya jauh lebih tinggi dari hari biasa yang hanya 35-40 persen.

“Sampai saat ini tingkat okupansi Himestay sudah mencapai 80 persen. Alhamdulillah karena pada masa pascapandemi ini kita mengalami masa ramai ketika ada acara di kompleks candi Borobudur,” jelasnya.

Ada hingga 30 homestay yang dikelola masyarakat di wilayahnya, dengan lebih dari 140 kamar. Keluarga angkat dapat mempekerjakan 2 hingga 3 karyawan.

“Rata-rata wisatawan datang dari Jabodetabek dan Jawa Timur. Tidak hanya keluarga angkat, pelaku UMKM juga mengalami lonjakan,” imbuhnya.

Atas keberhasilan Borobudur marathon, Muslih mengangkat Ganjar Pranowo yang dapat membawa sektor pariwisata dan ekonomi untuk tumbuh.

“Pak Ganjar memperhatikan UMKM. Kami bangga memiliki gubernur yang sangat peduli dengan sektor UMKM. Salah satunya adalah acara seperti ini yang diprakarsai oleh Provinsi Jawa Tengah. Kami berharap ke depan akan banyak acara serupa,” ujarnya.

Puput Setyo, pemilik Jamur Borobudur, juga memandang positif Borobudur marathon. Pada hari pertama hingga pukul 10.00 WIB pengunjung di situs UMKM yang dikelolanya mencapai lebih dari 200 orang.

“Efek Borobudur marathon sangat berpengaruh terhadap jumlah pengunjung. Ya, 30 sampai 40 persen dari biasanya, lebih dari 200 pengunjung datang dalam satu hari. Dari Bandung, Jakarta, Jawa Timur, kadang ke luar pulau,” jelasnya.

Terlepas dari acara tersebut, gelombang pengunjung tak lepas dari sosok Ganjar Pranovo.

“Alhamdulillah (Pak Ganjar) sangat mendukung di sini. Sejak dikunjungi oleh Pak Ganjar, semakin banyak wisatawan yang datang ke sini. Juga, mereka dipromosikan di Ganjar, ”katanya.

Ia berharap acara yang diprakarsai oleh gubernur ini juga dapat diselenggarakan di masa mendatang.

“Semoga program Pak Ganjar yang sudah berjalan terus berlanjut,” imbuhnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button