WGM Wonogiri Merevitalisasi, Pengunjung Biasa Mencapai Ribuan Orang Selama Akhir Pekan - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

WGM Wonogiri Merevitalisasi, Pengunjung Biasa Mencapai Ribuan Orang Selama Akhir Pekan – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Rencana Induk Zona I Taman Wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri. (Spesial)

Solopos.com, WONOGIRI — Revitalisasi wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) di Zona I diharapkan dapat semakin mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Wonogiri. Di sisi lain, meski objek wisata utama ini dihidupkan kembali di Kecamatan Sukses, jumlah pengunjung tetap tinggi di WGM Wonogiri.

Berdasarkan data Dinas Pemuda Olahraga (Disporapar) Wonogiri, total PAD sektor pariwisata hingga akhir November 2022 sebesar Rp2.690.715.500. Sementara itu, atraksi WGM menyumbang Rp 2.263.269.000,- atau 84% dari total PAD.

Promosi Angkringan Omah Semar Solo: Tempat nongkrong unik punya menu Wedang Jokowi

Kepala Pengelola UPTD Pariwisata Wonogiri Pardianto mengatakan objek wisata WGM memang memberikan kontribusi yang signifikan terhadap PAD. Ia memprediksi kontribusi tersebut akan meningkat setelah revitalisasi WGM Zona I selesai.

Apalagi dengan pelaksanaan proyek revitalisasi hari ini, jumlah kunjungan wisatawan WGM tidak berkurang. Pada hari biasa, kata Pardianto, rata-rata jumlah kunjungan ke WGM mencapai 200 orang/hari. Pada akhir pekan, rata-rata jumlah pengunjung WGM adalah 1.000 orang/hari.

Properti wisata WGM juga biasanya ramai saat perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) dan Idul Fitri. Saat momen tahun baru tiba, hingga 10.000 hingga 15.000 orang bisa mengunjungi WGM dalam satu hari.

Baca Juga: Sederet Gedung Dibongkar, Penataan WGM Wonogiri Dimulai Awal Desember 2022

Kini, sepekan setelah Idul Fitri, jumlah kunjungan WGM bisa mencapai 80.000 orang. Dia optimistis jumlahnya akan terus meningkat di masa mendatang.

“Apalagi saat revitalisasi WGM selesai. Kami berasumsi bahwa jumlah kunjungan akan meningkat. Trennya adalah ketika orang mengetahui dan merasakan sesuatu yang baru di suatu tempat wisata, rasa ingin tahu pengunjung meningkat,” kata Pardianto Solopos.comJumat (12/2/2022).

Berdasarkan pengawasan Solopos.com, Jumat, para pekerja mulai mengoperasikan berbagai alat berat di salah satu kawasan wisata WGM selama proyek revitalisasi. Gerbang masuk timur WGM juga ditutup dengan pagar seng.

Project Manager PT Jaya Perfect Sakti Taufiq Budi Wibowo mengatakan pembangunan akan dimulai di pintu masuk objek wisata WGM. Setelah menyelesaikan area gerbang, pembangunan akan dilanjutkan ke zona tengah.

Baca Juga: Revitalisasi WGM Wonogiri Belum Terlaksana, Kontraktor Akui Kendala

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan Solopos.comzona tengah merupakan plaza atau fasilitas bagi pengunjung untuk mendekati air waduk dan sedang dikembangkan sebagai kawasan pengembangan dan ruang publik.

“Dari depan, di tengah, lalu ke belakang karena masing-masing daerah berkesinambungan. Rencananya jembatan kaca kita bangun paling akhir,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (24/11/2022).

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Tengah Satuan Kerja Perangkat Daerah III Nanda Lasro Elisabet Sirait mengharapkan dukungan semua pihak yang terlibat agar proses pembangunan berjalan lancar.

“Kami mengharapkan dukungan dari masyarakat agar pembangunan dapat berjalan lancar, tepat mutu dan tepat waktu. Sehingga kita juga bisa mempertanggungjawabkannya,” ujar Nanda dalam sambutannya kepada peserta sosialisasi rencana pembangunan struktural WGM, Kamis.

Baca Juga: Tiru Kajian ke Pemprov DIY, Kabupaten Wonogiri Belajar Kelola Media Sosial

Nanda pun mengungkapkan sejumlah manfaat dari pengembangan penataan objek wisata WGM. Pertama, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Wonogiri bisa meningkat setelah objek wisata WGM dihidupkan kembali.

“Selain itu, juga dapat mempromosikan kawasan wisata, memperkuat ekonomi dan meningkatkan peluang penciptaan lapangan kerja,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button