Borobudur Marathon 2022 berhasil membangkitkan perekonomian warga - WisataHits
Yogyakarta

Borobudur Marathon 2022 berhasil membangkitkan perekonomian warga

MAGELANG – Borobudur Marathon 2022 resmi dibuka pada Sabtu (12/11/2022) oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Event tahunan ini mampu mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar.

Okupansi penginapan bahkan mencapai 80 persen lebih banyak dari hari-hari biasa. Selain itu, Borobudur marathon juga bisa menjadi lokomotif penggerak pariwisata, khususnya bagi para pelaku UMKM.

Ketua Perkumpulan Desa Homestay Borobudur Muslih mengatakan, Borobudur marathon memberikan dampak yang sangat signifikan bagi pengelola homestay, khususnya yang berada di sekitar Candi Borobudur. Laju kenaikannya jauh lebih tinggi dari hari biasa yang hanya 35-40 persen.

“Sejauh ini okupansi Himestay sudah 80 persen. Alhamdulillah karena pada masa pascapandemi kita mengalami masa-masa yang hectic ketika ada event di kompleks candi Borobudur,” ujarnya dalam siaran pers yang diperoleh. harianjogja.com, Sabtu (11/12/2022).

Ada hingga 30 homestay yang dikelola masyarakat di wilayahnya, dengan lebih dari 140 kamar. Keluarga angkat dapat mempekerjakan 2 hingga 3 karyawan.

“Rata-rata wisatawan berasal dari Jabodetabek dan Jawa Timur. Tidak hanya keluarga angkat, pelaku UMKM juga mengalami peningkatan,” imbuhnya.

Karena kesuksesan Borobudur marathon, Muslih menjunjung tinggi Ganjar Pranowo yang mampu membawa pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi.

“Pak Ganjar memperhatikan UMKM. Kami bangga memiliki gubernur yang sangat peduli dengan sektor UMKM. Salah satunya adalah acara seperti ini yang digagas oleh Provinsi Jawa Tengah. Kami berharap ke depan akan banyak lagi acara serupa,” ujarnya.

Puput Setyo, pemilik jamur Borobudur, juga memberikan komentar positif tentang Borobudur marathon. Pada hari pertama pukul 10.00 WIB sudah lebih dari 200 pengunjung di lokasi UMKM yang dikelolanya.

“Efek Borobudur marathon sangat berpengaruh terhadap jumlah pengunjung. Ya, 30 sampai 40 persen dari biasanya, lebih dari 200 pengunjung datang dalam satu hari. Dari Bandung, Jakarta, Jawa Timur, kadang luar pulau,” jelasnya.

Selain dari acara tersebut, gelombang pengunjung juga tak lepas dari sosok Ganjar Pranovo.

“Alhamdulillah [Pak Ganjar] sangat mendukung di sini. Sejak berkunjung ke Pak Ganjar, jumlah wisatawan yang datang ke sini semakin meningkat. Juga, dia dipromosikan di Ganjar, ”katanya.

Ia berharap acara yang digagas gubernur juga bisa digelar di masa mendatang.

“Semoga program Pak Ganjar yang sudah berjalan terus berlanjut,” imbuhnya.

Sementara itu, Meri, seorang penjual souvenir, mengaku senang dengan ajang bergengsi ini. Karena dapat menarik wisatawan dan meningkatkan penjualan.

“Wah senang sekali karena jumlah pengunjung meningkat dan penjualan juga meningkat,” ujarnya.

Menurutnya, para gubernur Jawa Tengah pada dua periode itu sangat dekat dengan masyarakat Borobudur.

“Pak Ganjar dekat dengan masyarakat di sini. Dia sering datang ke sini,” katanya.

Diketahui ada tiga kategori dalam kompetisi utama Borobudur Marathon 2022, yakni Borobudur Marathon Elite Race dan Bank Jateng Young Talent yang akan digelar pada 12 November dan Bank Jateng Tilik Candi pada 13 November.

Borobudur Marathon Elite Race dengan jarak lari 42,195 kilometer hanya diikuti oleh pelari elit nasional yang lolos seleksi. Tahun ini, 37 atlet nasional yang terdiri dari 26 atlet putra dan 11 atlet putri berlaga di ajang ini.

Kategori Young Talent, lomba lari 10 kilometer, merupakan wadah bagi talenta muda berusia 15 hingga 18 tahun untuk mengukur dan meningkatkan keterampilannya. Sebanyak 30 pelari muda akan mengikuti ajang ini. Kategori Young Talent merupakan kategori baru yang menjadi wadah penting pemulihan pelari jarak jauh.

Sedangkan untuk kategori Candi Tilik dengan jarak tempuh 21.097 kilometer diikuti oleh pelari umum dengan sistem voting. Sebanyak 4.552 pelari ambil bagian dalam acara ini.*

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button