Pantai Teluk Biru Banyuwangi, pesona laut yang tak terjamah - WisataHits
wisatahits

Pantai Teluk Biru Banyuwangi, pesona laut yang tak terjamah

Pantai Teluk Biru Banyuwangi, pesona laut yang tak terjamah

Harga tiket masuk ke Pantai Teluk Biru : Gratis. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat/Lokasi: Dusun Purworejo, Desa Kalipait, Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia, 68484.

Sebagai kawasan pesisir, Banyuwangi memiliki banyak pantai yang indah, salah satunya adalah Pantai teluk biru. Bahkan, pantai ini juga dijuluki dengan berbagai nama, salah satunya beri biru. Namun, nelayan atau warga sekitar lebih sering menyebutnya dengan nama Menurutgong atau Menurutgrong. Dan nama ini digunakan saat wisatawan menyewa perahu.

Pantai ini tersembunyi, dan hanya bisa diakses dengan menyeberangi lautan. Karena alasan ini, tempat itu masih sangat sepi dan indah. Pesona alam di atas dan di bawah laut begitu mempesona. Wisatawan bisa menikmati berbagai aktivitas seru dengan alam di sini.

Harga tiket masuk ke Pantai Blue Bay

Tempat wisata ini tidak memungut biaya masuk. Namun, wisatawan harus menyiapkan biaya perahu untuk sampai ke pantai. Berapa harganya biasanya sesuai negosiasi dengan nelayan. Pengunjung juga bisa tawar menawar dengan nelayan.

Biaya masuk
Tiket masuk Bebas

Baca: 7 Tempat Wisata yang Dinamai Banyuwangi

Jam Pantai Blue Bay

Karena sifatnya bebas, wisatawan tidak terikat waktu tertentu untuk berkunjung. Namun biasanya wisatawan datang pada pagi hari dan pulang pada sore hari. Jika Anda mengikuti Biro perjalanan, biasanya bisa berkunjung sejak subuh. Sambil menyaksikan keindahan matahari terbit.

Jam operasional
Setiap hari 24 jam

Surga biru di Banyuwangi

Lautan biru di Blue BayLautan biru di Blue Bay. Foto: Gmap/Evenna Chang

Nama Teluk Biru hanya untuk menggambarkan tempat ini. Karena sejauh mata memandang, wisatawan akan melihat warna biru yang dominan. Lautnya berwarna biru dengan air yang jernih, berubah dari biru muda menjadi laut dalam. Ditambah bayang-bayang langit biru dengan beberapa petak awan putih yang bagus.

Selain lautnya yang biru, kawasan ini semakin indah karena pepohonan yang mengelilinginya. Aneka pepohonan rimbun dengan dedaunan hijau subur menaungi pantai. Yang membuat garis pantai ini tidak terlalu luas sehingga teduh. Dan di bawah pepohonan tersebut terdapat bebatuan yang di beberapa tempat terlihat seperti gua.

Di pantainya sendiri terdapat pasir putih yang begitu lembut. Tidak luas, tapi begitu indah, dimana wisatawan bisa bermain dan bersantai disini. Dilihat dari atas, pasir putih ini tampak belang di sepanjang tepian pantai.

Baca: Tiket KAWAH IJEN dan 6 Pilihan Aktivitas

Berenang di samudra biru

Berenang menikmati lautanBerenang menikmati lautan. Foto: Gmap/awang hajir

Berbagai hal bisa dilakukan di tempat wisata ini termasuk berenang. Lautan dengan ombak yang tenang ini adalah tempat yang tepat untuk berlatih olahraga ini. Apalagi di dekat pantai masih relatif dangkal. Dengan ketinggian hanya sekitar satu meter.

Berenang bolak-balik di tepi pantai akan menyegarkan tubuh. Pantai yang luas ini tidak akan membuat Anda mudah lelah. Bahkan sambil berenang, wisatawan bisa melihat dasar laut.

Wisatawan juga bisa berenang telentang sambil mengagumi indahnya langit luas. Atau bawalah jaket pelampung agar Anda bisa mengapung dengan santai. Menikmati semilir angin yang membelai lembut. Dan suara deburan ombak kecil yang menyenangkan.

Baca: Tiket dan Kegiatan PANTAI CEMARA Banyuwangi

Snorkeling Menikmati keindahan alam bawah laut

Terumbu karang di lautanTerumbu karang di lautan. Foto: Gmap/lidya liap

Perairannya yang sangat jernih membuat tempat ini sangat cocok untuk snorkeling. Wisatawan bisa membawa peralatan snorkeling sendiri. Anda tidak perlu jauh-jauh ke laut, karena banyak ikan di dekat pantai. Ikan berwarna-warni sangat indah.

Selain itu juga terdapat terumbu karang dan bebatuan yang juga menghiasi dasar laut. Menyelam di sini serasa tidak akan bosan karena pemandangannya yang indah. Wisatawan tidak akan terganggu oleh ombak karena relatif tenang.

Spot yang tidak boleh dilewatkan adalah pada bebatuan di sekitar pantai. Biasanya di balik bebatuan bersembunyi banyak ikan kecil. Dan lagi, lokasinya tidak terlalu dalam, jadi lebih aman.

Baca: Tiket Pantai ILE ROUGE dan Berbagai Kegiatan Wisata

Berkano di Alas Purwo

Wisatawan bisa membawa kano untuk digunakan menjelajah laut, lokasinya yang berada di Semenanjung Sembulungan membuatnya dekat dengan Taman Nasional Alas Purwo. Dengan kano, wisatawan bisa sampai ke hutan terkenal ini. Menikmati keindahan alam hutan yang begitu asri dan rindang.

Sambil berlayar, wisatawan bisa menikmati suasana tenang. Dari semenanjung Sembulungan, wisatawan bisa melihat hijaunya hutan di belakangnya. Anda juga bisa memarkir kano dan berjalan sedikit untuk memasuki area pantai. Karena ada dermaga di dekat sini.

Dermaga ini juga bisa dijadikan spot foto yang indah. Dari dermaga ini, wisatawan bisa berfoto dengan lautan luas sebagai latar belakangnya. Atau sebaliknya, Anda juga bisa mendapatkan background pantai dengan hutan di belakangnya.

Menikmati matahari terbit dari laut

Berlayar ke Blue BayBerlayar ke Blue Bay. Foto: Gmap/i ucox

Banyuwangi mendapat julukan “The Sunrise of Java”, karena lokasinya yang paling timur. Hal ini juga menjadi kelebihan saat berkunjung ke Pantai Teluk Biru. Dimana wisatawan akan memiliki pemandangan matahari terbit yang menakjubkan.

Yang lebih unik lagi, wisatawan bisa menyaksikannya dari lautan. Kemungkinan untuk berlayar saat fajar dengan perahu. Perahu ini membawa wisatawan ke Blue Bay. Sebelum sampai, wisatawan sudah bisa menyaksikan matahari perlahan muncul dengan sinarnya.

Keanehan lain ditemukan di lautan luas ini, dimana sesekali lumba-lumba muncul berenang di permukaan. Tidak hanya itu, ada juga ikan lain yang berenang juga. Membuat pemandangan ini semakin lengkap dan menawan.

Fasilitas Pantai Blue Bay

Tidak banyak fasilitas umum di sini. Jadi untuk perlengkapan dan perlengkapan yang diperlukan, diharapkan membawa sendiri.

Lokasi Pantai Teluk Biru Banyuwangi

Terletak di Dusun Purworejo, Desa Kalipait, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi. Dimana lokasinya masih termasuk dalam Taman Nasional Alas Purwo. Untuk menuju tempat ini, aksesnya dengan berlayar melalui Dermaga Selayar. Akan ada banyak perahu nelayan yang siap mengantarkan Anda ke pantai Teluk Biru.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button