Bogor mengandalkan Angklung Gubrak - Koran-Jakarta.com - WisataHits
Jawa Barat

Bogor mengandalkan Angklung Gubrak – Koran-Jakarta.com

BOGOR – Pemerintah Kabupaten Bogor berupaya menggaet wisatawan dengan memadukan kesenian Angklung Gubrak dengan wisata alam kopi di desa Mekarjaya kecamatan Cigudeg. Demikian disampaikan Kepala Desa Mekarjaya, Ismail Abraham, Selasa (30 Agustus) di Bogor.

“Paket wisata kopi digabung dengan Angklung Gubrak,” ujarnya. Dengan demikian, wisatawan dapat menikmati kopi Mekarjaya dan varietas Angklung Gubrak. Ia juga berharap Angklung Gubrak dapat ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Baca juga:

Banten mendukung perempuan dalam perang melawan terorisme

Angklung Gubrak yang merupakan milik Desa Mekarjaya telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda (Intangible Cultural Heritage).warisan budaya takbenda) oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) pada tahun 2021. Ismail mengaku menggabungkan Angklung Gubrak dengan wisata alam untuk membuat desanya lebih dikenal.

Menurutnya, Angklung Gubrak merupakan salah satu warisan budaya yang tumbuh dan berkembang di Cigudeg. Objek tersebut merupakan yang tertua di desa Mekarjaya. Angklung pernah terkenal sebagai ikon kota Bogor pada masa penjajahan.

Baca juga:

KNKT memberikan empat rekomendasi untuk TransJakarta

Ismail juga mengajak masyarakat untuk turut serta dalam pelestarian seni budaya Sunda melalui kegiatan seni budaya dan pariwisata. “Mari kita pelihara dan pelihara dengan baik seni budaya tradisi Angklung Gubrak. Dengan cara ini, desa ini akan tetap tradisional tetapi memiliki pendapatan internasional,” katanya.
Halaman selanjutnya….


editor : Aloysius Widiyatmaka

penulis : Aloysius Widiyatmaka

Source: koran-jakarta.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button